Home » » Pintar Pelajaran Sistem Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Medang Kamulan (Kahuripan)

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Sistem Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Medang Kamulan (Kahuripan)

Artikel dan Makalah perihal Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Medang Kamulan (Kahuripan) - Dalam hal kepemilikan tanah, transportasi, perpajakan, dan tenaga kerja; kehidupan rakyat Medang Kamulan mirip Mataram, sebab Medang Kamulan tak lain yaitu kelanjutan Mataram, hanya nama dinastinya saja yang berbeda. Toh, yang berbeda hanya perpindahan wilayah kekuasaan dari barat ke timur. (Baca juga : Kerajaan Medang Kamulan)

Masa pemerintahan Mpu Sindok kemudian Sri Isana Tunggawijaya, merupakan masa yang damai. Namun, semenjak pemerintahan Dharmawangsa Teguh, politik Kerajaan cenderung mengarah ke luar negeri. Tujuannya yaitu untuk merebut dominasi perdagangan di perairan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, yang saat itu dikuasai Sriwijaya. Untuk keperluan ini, Dharmawangsa Teguh membangun armada militer yang tangguh. Dengan kekuatan militer ini, Medang Kamulan menaklukkan Bali, kemudian mendirikan semacam koloni di Kalimantan Barat. Dengan armada ini pula, Medang Kamulan kemudian menyerang Sriwijaya, walaupun tidak menang.

Dharmawangsa pun menyebarkan pelabuhan Hujung Galuh di selatan Surabaya dan Kembang Putih (Tuban) sebagai daerah para pedagang bertemu. Ketika Airlangga berkuasa, kerajaan menjaga relasi tenang dengan kerajaan-kerajaan tetangga demi kesejahteraan rakyat. Ini diperlihatkan dengan mengadakan perjanjian tenang dengan Sriwijaya. Kerajaan pun memperlakukan umat Hindu dan Buddha sederajat.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Medang Kamulan (Kahuripan). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!