Home » » Sifat Sifat Bangkit Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang Dan Jajar Genjang)

LIRIK LAGU : Sifat Sifat Bangkit Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang Dan Jajar Genjang)

Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang) - Bangun datar merupakan jenis bangkit dua dimensi yang mempunyai sisi sisi yang berbeda. Di dalam bangkit datar terdapat rumus bangkit datar serta simetri lipat pada bangkit datar. Namun tidak cuma itu pula yang terdapat dalam bangkit datar. Bangun datar tersebut juga mempunyai sifat maupun ciri yang berbeda. Sering kali banyak siswa yang menyamakan sifat beberapa bangkit datar tersebut. Misalnya saja jajargenjang dengan persegi panjang. Walaupun kedua bangkit tersebut hampir sama secara bentuk tetapi mempunyai rumus, simetri lipat dan sifat bangkit yang berbeda.

Sebelum mengenal kumpulan sifat sifat bangkit datar, terlebih dahulu kita harus paham dan hafal wacana jenis jenis bangkit datar dan sifatnya sanggup kita pelajari setelahnya. Adapun bangkit datar yang mempunyai sifat yakni sebagai berikut:
 Bangun datar merupakan jenis bangkit dua dimensi yang mempunyai sisi sisi yang berbeda Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang)
Sifat Sifat Bangun Datar


Jenis bangkit datar terdapat aneka macam jenis mirip jajargenjang, segitiga, persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang layang, trapesium dan lingkaran. Setiap bangkit datar memang mempunyai sifat bangkit yang berbeda, tetapi juga mempunyai makna yang berbeda juga. Adapun klarifikasi penjelasan dari setian bangkit datar tersebut yaitu:
  • Jajargenjang yakni jenis bangkit datar yang berbentuk segi empat yang mempunyai sepasang sisi yang sama panjang dan sejajar.
  • Segitiga yakni jenis bangkit datar yang didalamnya terdapat tiga titik yang tidak segaris. Segitiga tersebut sanggup dibagi menjadi macam macam mirip segitiga sama sisi,segitiga lancip,segitiga tumpul, segitiga sama kaki, segitiga sembarang dan segitiga siku siku.
  • Persegi yakni bangkit datar mirip persegi panjang namun mempunyai sisi sisi yang sama panjang.
  • Persegi panjang yakni jenis bangkit datar yang didalamnya terdapat empat buah titik sudut yang siku siku serta sisi yang berhadapan mempunyai panjang yang sama.
  • Belah ketupat yakni  bangun datar yang berbentuk segi empat yang setiap sudutnya membentuk diagonal yang saling tegak lurus. Belah ketupat juga mempunyai sisi  yang sama panjang.
  • Layang layang yakni bangkit datar segi empat yang mempunyai empat sudut namun salah satu sudut saling berpotongan dan membentuk diagonal yang tegak lurus dengan sumbu diagonal lain.
  • Trapesium yakni bangkit datar yang mempunyai sepasang sisi yang sejajar.
  • Lingkaran yakni jenis bangkit datar yang mempunyai titik asal yang dikelilingi oleh himpunan persekitaraan. Titik tersebut mempunyai jarak yang sama atau disebut sebagai radius (r) atau jari jari.

Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang)

Bangun datar terdiri dari beberapa jenis bentuk, makna dan rumus yang berbeda beda. Selain itu bangkit datar mempunyai beberapa sifat yang berbeda. Seperti halnya bangkit datar jajar jenjang, persegi, persegi panjang, segitiga, layang layang, belah ketupat, trapesium, dan lingkatran mempunyai sifat bangkit datar yang berbeda beda. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sifat sifat bangkit datar dibawah ini. Sifat bangkit datar :

Sifat Bangun Datar Persegi

Persegi merupakan bangkit datar yang sering kita jumpai dalam aneka macam aspek kehidupan, utamanya disekolah. Jenis bangkit datar persegi ini mempunyai sifat dan bentuk yang sederhana. Persegi mempunyai sifat bangkit datar yang terdiri dari empat sudut yang siku siku, setiap sisi pada persegi berukuran sama panjang dan mempunyai sisi yang berjumlah empat.

Sifat Bangun Datar Persegi Panjang

Hampir sama mirip persegi, Persegi panjang merupakan jenis bangkit datar yang mempunyai bentuk mirip persegi hanya saja bersifat memanjang. Sifat bangkit datar persegi panjang mempunyai empat titik sudut yang setiap sudutnya siku siku. Persegi panjang mempunyai bentuk segi empat serta mempunyai sepasang sudut yang sejajar. Setiap sisi yang berhadapan tersebut mempunyai panjang yang sama.

Sifat Bangun Datar Segitiga

Segitiga merupakan jenis bangkit datar yang sanggup dibilang sedikit rumit mengingat segitiga terbag atas tiga jenis. Sifat segitiga sendiri juga berbeda antara satu jenis dengan jenis yang lainnya. Secara umum Segitiga mempunyai tiga sisi serta tiga sudut. Walaupun ketiga sisi maupun ketiga sudutnya tidak sama besar atau  sama panjang namun biasanya didalam segitiga tersebut jumlah sudutnya  adalah 180 derajat. Segitiga tersebut mempunyai bentuk yang berbeda mirip segitiga sembarang, segitiga siku siku, segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga lancip dan segitiga tumpul. Beberapa segitiga tersebut juga mempunyai sifat yang berbeda beda.
Baca juga : Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh
Pada segitiga sembarang memiliki sifat bangkit datar yang terdiri dari tiga sudut yang tidak sama besar serta ukuran sisinya yang tidak sama panjang. Segitiga sama sisi merupakan segitiga yang mempunyai besar ketiga sudut yang sama dan mempunyai panjang sisi yang sama pula. Segitiga sama kaki  merupakan bangkit datar segitiga yang mempunyai sifat yang terdiri dari dua sudut yang sama besar serta dua sisi yang meiliki panjang yang sama. Segitiga siku siku memiliki salah satu sudut siku siku. Segitiga Lancip memiliki sifat yang sudut sudutnya mempunyai besar kurang dari 90 derajat. Segitiga Tumpul memiliki sifat bangkit datar yang salah satu sudutnya mempunyai besar lebih dari 90 derajat.

Sifat Bangun Datar Trapesium

Trapesium merupakan bangkit datar yang mempunyai sifat sifat yaitu berbentuk segi empat, mempunyai empat sisi, sepasang sisinya sejajar. Selain itu terdapat empat sudut, pada trapesium mempunyai jumlah sudut keseluruhan sebesar 360 derajat. Kemudian sudut sudut yang berdekatan mempunyai jumlah sudut 180 derajat.

Sifat Bangun Datar Jajargenjang

Sifat bangkit datar pada jajargenjang mencakup kedua sisi yang berhadapan sejajar serta mempunyai panjang sisi yang sama. pada jajargenjang sisinya ada empat, di dalam jajargenjang juga terdapat dua sudut lancip dan dua sudut tumpul namun tidak terdapat sudut siku siku. Kemudian jajargenjang juga tidak mempunyai simetri lipat tetapi mempunyai dua simetri putar. Jajar genjang mempunyai dua diagonal yang berpotongan membentuk dua garis yang sama panjang.

Sifat Bangun Datar Lingkaran

Lingkaran merupakan bentuk dua dimensi dari bangkit ruang yakni bola. Sifat bundar sangat unik dan berbeda dari bangkit datar lainnya. Pada bundar setiap sisinya mempunyai jarak titik sentra dengan sisi bundar yang selalu sama. Pada bundar mempunyai simetri lipat dan simetri ruang yang tak terhingga.

Sifat Bangun Datar Belah Ketupat

Belah ketupat merupakan bangkit selanjutnya yang juga mempunyai sifat yang berbeda dengan bangkit datar lainnya. Sifat bangkit datar belah ketupat mempunyai sisi sisi yang ukurannya sama panjang, diagonal diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan membentuk sudut siku siku, namun sudut pada belah ketupat tidak siku siku. Diagonal diagonal tadi mempunyai panjang yang sama.

Sifat Bangun Datar Layang Layang

Sifat bangkit datar layang layang mempunyai empat sisi serta terdapat sua sisi yang sama panjang. Diagonal diagonal pada layang layang saling berpotongan tegak lurus, serta sepasang sudutnya sama besar, namun salah satu diagonal tersebut menjadi sumbu simetri.


Demikian klarifikasi sifat sifat bangkit datar yang mencakup sifat bangkit datar pada Segitiga, sifat bangkit datar pada Persegi, sifat bangkit datar pada Persegi Panjang, sifat bangkit datar pada Lingkaran, sifat bangkit datar pada Trapesium, sifat bangkit datar pada Belah Ketupat, sifat bangkit datar pada Layang Layang dan sifat bangkit datar pada Jajar Genjang.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!