Home » » Ciri Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

LIRIK LAGU : Ciri Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial - Pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial niscaya sudah dijelaskan mengenai sistem pemerintahan di Indonesia. Terdapat dua jenis sistem pemerintahan yaitu pemerintahan presidensial dan pemerintahan parlementer. Kedua jenis pemerintahan tersebut mempunyai pengertian serta ciri ciri yang berbeda beda dalam memerintah negara Indonesia. Negara Indonesia telah memakai pemerintahan presidensial dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh Presiden.
 Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial
Indonesia telah memakai sitem pemerintahan parlementer pada tahun 1950 dengan berpedoman kepada Undang-Undang Dasar S 1950. Namun alasannya terdapat beberapa hal yang berbeda dengan dekrit presiden maka diganti memakai sistem pemerintahan presidensial. Kali ini bahan mencar ilmu akan membahas mengenai ciri ciri pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial  dan kelemahan pemerintahan presidensial. Namun sebelumnya saya akan membahas mengenai pengertian pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Indonesia memakai sistem pemeritahan presidensial alasannya pada tanggal 5 Juli 1959 dikeluarkan dekrit presiden. Dekrit presiden tersebut berisi wacana berlakunya kembali Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950. Pemerintahan presidensial yakni sisem pemerintahan yang melaksanakan pemilu dalam menentukan bab direktur negara serta dilakukan terpisah dengan pemilihan bab legislatif negara. Sistem pemerintahan presidensial ini mempunyai tiga kedaulatan yang berdasar pada trias politica dari Monstequieu yang mencakup legislatif, direktur maupun yudikatif. Presiden mempunyai kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.
Baca juga : Biografi Cut Nyak Dhien Pahlawan Wanita Indonesia
Didalam sistem ini terdapat kedaulatan bahwa para menteri berfungsi untuk membantu presiden serta bertanggung jawab terhadap presiden. Namun tetap berpegang kepada hukum yang telah dibentuk oleh para menteri. Para menteri tersebut dipilih pribadi oleh presiden. Didalam pemerintahan presidensial menyatakan bahwa anggota legislatif dihentikan menjadi pejabat direktur ataupun sebaliknya. Badan legislatif, direktur maupun yudikatif termasuk kedalam forum independen dalam pemerintahan presidensial ini. Dibawah ini terdapat ciri ciri pemerintahan presidensial , kelebihan pemerintahan presidensial  dan kelemahan pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri Pemerintahan Presidensial

Apapun jenis sistem pemerintahannya maka niscaya mempunyai ciri ciri yang berbeda beda. Sama halnya pemerintahan presidensial ini mempunyai ciri ciri yang terdapat didalamnya. Ciri ciri pemerintahan presidensial sanggup anda simak dibawah ini:
  • Presiden mempunyai dua kekuasaan yaitu sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.
  • Pemilihan presiden terjadi secara pribadi dan melalui pemilu oleh rakyat.
  • Pemilihan anggota legislatif terjadi secara pribadi dan melalui pemilu oleh rakyat.
  • Presiden sanggup memberhentikan maupun mengangkat para menteri yang bersifat departemen serta non departemen alasannya mempunyai hak prerogratif.
  • Para menteri bertugas untuk membantu presiden serta bertanggung jawab terhadap presiden namun pada pemerintahan presidensial ini para menteri dihentikan untuk membantu pihak legislatif.
  • Pihak eksekutf tidak mempunyai tanggung jawab terhadap pihak legislatif maupun sebaliknya.
  • Pihak eksekutf tidak sanggup menjatuhkan pihak legislatif maupn sebaliknya.
Baca juga : Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha di Indonesia


Kelebihan Pemerintahan Presidensial

Setelah ciri ciri pemerintahan presidensial diatas kemudian terdapat kelebihan pemerintahan presidensial. Berikut kelebihan pemerintahan presidensial yang sanggup anda simak dibawah ini :
  1. Badan legislatif mempunyai masa jabatan yang lebih jelas, contohnya di Indonesia masa jabatan DPR menyerupai Presiden yakni 5 tahun 
  2. Keadaan tubuh direktur lebih stabil alasannya dalam kekuasaannya tidak menerima gangguan maupun tidak tergantung oleh parlemen.
  3. Badan legislatif tidak terdapat anggota parlemen sehingga tidak terdapat aspek kaderisasi terhadap pihak pihak eksekutif.
  4. Program kerja kabinet sanggup disusun serta diubahsuaikan dengan lamanya masa jabatan.


Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Dalam sistem pemerintahan presidensial terdapat kelemahannya pula. Walaupun terdapat kelebihan pemerintahan presidensial namun tetap ada kelemahan pemerintahan presidensial. Berikut kelemahan pemerintahan presidensial yang sanggup anda simak dibawah ini.
  1. Pertanggungjawaban terhadap sistem pemerintahannya tidak jelas.
  2. Dalam menciptakan keputusan terhadap kebijakan yang berlaku memerlukan waktu yang lebih lama.
  3. Badan direktur sanggup menciptakan kekuasaan yang mutlak alasannya tidak ada pengawasan pribadi dari pihak legislatif.
  4. Keputusan pengambilan kebijakan publik tidak tegas alasannya terdapat perbedaan serta terdapat sistem tawar menawar terhadap pihak direktur dengan pihak legislatif. 

Demikinlah klarifikasi mengenai pemerintahan presidensial yang terdapat di Indonesia. Artikel diatas juga telah saya jelaskan mengenai ciri ciri pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial dan kelemahan pemerintahan presidensial. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!