Home » » 8 Pola Teks Eksemplum Singkat Ihwal Pendidikan Dan Pengalaman Pribadi

LIRIK LAGU : 8 Pola Teks Eksemplum Singkat Ihwal Pendidikan Dan Pengalaman Pribadi

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi - Teks eksemplum yaitu jenis teks rekaan yang pada umumnya menceritakan kejadian maupun sikap yang dialami oleh tokoh pada cerita. Umumnya teks eksemplum akan diawali dengan pernekalan tokoh tokoh yang terdapat dalam cerita, kemudian diikuti dengan insiden yang dialami tokoh dalam kisah dan diakhiri dengan interpretasi yang muncul dari tokoh dalam kisah tersebut. Contoh teks eksemplum yang paling banyak kita temui yaitu perihal pendidikan, pengalaman pribadi, kisah binatang dan maupun kisah rakyat.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia niscaya sudah dijelaskan mengenai pengertian dan rujukan teks eksemplum. Terdapat beberapa pendapat bahwa teks eksemplum ini tergolong teks buatan alasannya yaitu partisipannya mengalami insiden yang tidak ingin terjadi. Partisipan menginginkan insiden tersebut teratasi namun faktanya tidak sanggup melaksanakan apapun. Teks eksemplum ini berisi perihal insiden pribadi maupun menceritakan sebuah kejadian. Kejadian tersebut menciptakan tokohnya menjadi berubah sifat supaya tidak mengalami kejadian yang sama. Biasanya teks ini diceritakan secara naratif oleh penulisnya. Apakah anda sudah memahami apa itu teks eksemplum? Kali ini materi mencar ilmu akan membahas mengenai rujukan teks eksemplum singkat perihal pendidikan dan pengalaman pribadi. Langsung saja sanggup anda simak dibawah ini

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi

Sebelumnya saya akan membahas mengenai teks eksemplum ini. Didalam jenis teks ini mempunyai pengertian, struktur maupun ciri ciri teks. Hal tersebut mempunyai kegunaan untuk membedakan jenis teks ini dengan jenis teks lainnya. Struktur dan ciri teks eksemplum juga berfungsi dalam pembuatan rujukan teks eksemplum singkat ini. Teks eksemplum merupakan jenis teks yang mendiskripsikan sikap tokoh dalam sebuah cerita. Dalam pembuatan rujukan teks eksemplum pengalaman pribadi maupun perihal pendidikan akan selalu terdapat struktur yang diawali dengan pengenalan tokoh. Setelah itu dilanjutkan dengan peritiwa yang tokoh alami. Kemudian diakhiri dengan perubahan sikap pada tokoh tersebut. Dalam rujukan teks ini biasanya berisi pengalaman hidup seseorang.
 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi 8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi
contoh teks eksemplum singkat perihal pendidikan dan pengalaman pribadi
Sebelum anda menciptakan rujukan teks eksemplum maka harus memperhatikan struktur teksnya. Struktur teks eksemplum ini menjadi pedoman dalam pembuatan teks yang baik dan benar, berikut penjelasannya :

  1. Orientasi berisi pembukaan kisah untuk mengawali sebuah peristiwa. Misalnya perempuan itu penyabar dan baik hati.
  2. Absrak berisi perihal pokok kejadian yang terdapat dalam cerita. Struktur ini berfungsi sebagai pengantar dalam sebuah insiden yang akan terjadi dalam cerita. 
  3. Insiden berisi perihal sebuah insiden yang tidak diinginkan. Misalnya Ina lupa mencar ilmu untuk ulangan hari ini dikarenakan malam kemaren ia tertidur.
  4. Interpretasi berupa sebuah amanat yang diberikan oleh tokoh mengenai insiden yang telah terjadi tersebut.
  5. Koda berisi perihal epilog dari sebuah cerita.

Dalam menciptakan rujukan teks eksemplum, anda harus memperhatikan struktur serta hal yng terkait dengan jenis teks ini. Hal tersebut dilakukan supaya rujukan teks tersebut menjadi lebih bagus. Selain struktur teks eksemplum adapula ciri cirinya. Ciri ciri teks ini berfungsi sebagai pembeda dengan jenis teks lainnya. Ciri ciri teks eksemplum ini mencakup stukturnya yang lengkap, berupa sebuah kejadian yang tidak diinginkan oleh tokoh, insiden tersebut disajikan secara urut dan jelas,  dan tergolong kedalam bahasa yang naratif. Contoh teks eksemplum dibentuk dengan unsur kebahasaan yang baik. Unsur kebahasaan ini mempunyai kesamaan dengan kebahasaan dalam teks prosedur. Unsur teks eksemplum tersebut mencakup :

  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi
  • Didalamnya terdapat kalimat kompleks
  • Menggunakan kata kerja
  • Menggunakan kata rujukan

Setelah membahas pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum disertai dengan ciri ciri teks eksemplum dan unsur kebahasaan teks eksemplum. Selanjutnya saya akan menyajikan rujukan teks eksemplum singkat perihal pendidikan dan pengalaman pribadi.

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi

Orientasi :
Aku merupakan seorang mahasiswa yang sedang pulang kuliah. Setelah pulang saya segera ingin makan siang. Kemudian saya mencari makan yang erat dengan rumah alasannya yaitu saya terlalu capek untuk berjalan. Akhirnya saya membeli mie ayam yang ada digang depan rumahku. Sesampainya disana saya bertemu dengan kakakku yang juga sedang membeli mie ayam. Sesampainya dirumah kakakku eksklusif membuka mie ayam itu kemudian memakannya. Tapi saya menunggu mie ayam itu hingga hambar terlebih dahulu. (Awalan Contoh Teks Eksemplum )

Inisden :
Melihat kakakku yang lahap makan membuatku tidak sabar untuk segera membuka mie ayam tersebut. Akhirnya saya terpengaruhi untuk segera membuka mie ayam tadi walaupun masih dalam keadaan yang panas. Aku buru buru ingin membuka plastik mie itu alasannya yaitu sudah sangat lapar. Namun plastik yang saya gigit terbuka lebar dan mie ayam tadi tumpah keluar dari mangkok. Mie ayam itu juga menciptakan celanaku menjadi basah. Dengan kejadian ini membuatku aib didepan kakakku. Kakakku berpesan bahwa saya harus sabar dan hati hati dalam membuka mie ayam tersebut supaya tidak tumpah. Kejadian itu membuatku tidak makan siang. (Peristiwa tak terduga Contoh Teks Eksemplum )

Interpretasi :
Cerita ini menjelaskan bahwa kita harus berhati hati dan sabar sebelum mengambil sebuah keputusan. Kemudian kita juga harus memperhitungkan akhir yang akan ditimbulkan nanti. (Pesan Contoh Teks Eksemplum).

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Kejadian di Parkiran Reataurant)
Pengalaman ini merupakan sebuah insiden yang tidak akan pernah lupa dalam hidupku. Dua bulan yang kemudian saya mendapat prestasi karyawan teladan dalam sebuah kantor perpajakan tahun ini. Dengan prestasi karyawan terbaik yang saya dapatkan ini menciptakan para sahabat dan rekan kerjaku mengucapkan selamat secara eksklusif maupun melalui media sosial. Prestasi ini mmbuat kedua orang tuaku gembira dan mereka menawarkan hadiah kepadaku. Ayah memberikanku sebuah kendaraan beroda empat sport Lamborgini Gallardo dengan desain yang glamor seharga 5.200.000.000. Mobil glamor ini diberikan kepadaku alasannya yaitu ayah sangat gembira alasannya yaitu prestasiku diusia muda ini.

Setelah kejadian itu kira kira seminggu kemudian saya berniat untuk mengajak seluruh keluargaku untuk makan malam disebuah restoran berbintang yang ada di Bandung. Akupun bertanya kepada seluruh pihak keluarga dan mereka menyetujuinya. Makan malam ini sekaligus merayakan prestasi yang saya dapatkan dan menciptakan seluruh keluargaku bahagia. Setelah semua keluargaku setuju, kemudian hari yang dinantikanpun tiba. Kami bersama sama menuju restaurant yang dituju. Setelah hingga direstaurant tersebut kami memesan makanan dan sehabis seleai kemudian membayarnya. Makan malam tersebut berlangsung secara senang penuh canda tawa dari seluruh keluarga.  Karena kami terlalu asik berbincang bincang ternyata waktu sudah menujukkan pukul 19.00 malam. Pada ketika itulah saya harus menghadiri sebuah konferensi pers yang ada di Mall Bandung.

Pertemuan ini bertujuan untuk mempromosikan toko batik yang akan saya buka ahad depan. Karena janjiku tersebut membuatku segera menuntaskan makan dan segera berpamitan dengan meminta maaf dikarenakan pergi terlebih dahulu. Setelah meminta ijin untuk pergi, kemudian saya segera keparkiran menuju mobilku tadi. Akupun segera masuk kemobil namun ada perempuan yang menarik tanganku kemudian menutup mulutku. Wanita itu tangguh dan menyeramkan, ia berkata untuk menyerahkan uang yang saya punya atau menentukan untuk mati. Karena perasaaanku sudah tidak damai balasannya saya segera mengambil seluruh uang yang terdapat didompetku kemudian saya berikan kepada perempuan tadi.

Aku tidak bisa melawannya alasannya yaitu ia bersama kedua orang laki laki yang membawa pisau. Pisau itu d arahkan sempurna keleherku. Setelah mengambil seluruh uangku kemudian mereka pergi mengunakan kendaraan beroda empat miliknya. Melihat mereka sudah pergi kemudian saya segera masuk kemobil dan menguncinya. Didalam kendaraan beroda empat saya berusaha untuk damai akhir kejadian yang menimpaku tadi. Keringatku masih bercucuran dan badanku masih gemetaran. Aku sangat bersyukur alasannya yaitu Allah masih melindungiku dari penjahat penjahat tadi. Walaupun saya kehilangan semua uang yang ada didompetku namun saya masih bersyukur tidak ada barang berharga lain yang diambil sepeti laptop dan lain lain yang ada dalam mobilku. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus berhati hati dan pandai mengatur waktu terutama ketika hari sudah malam.

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Tidak Ada Makan Malam)
Setelah salat maghrib saya merasa lapar alasannya yaitu sudah waktunya untuk makan malam. Aku segera mencari makanan digang depan rumahku. Karena saya tidak ingin berjalan terlalu jauh kemudian saya hanya membeli ketoprak digang depan saja. Sesampainya disana ternyata sudah ada tetangga tetanggaku yang juga makan disana. Mereka dengan lahapnya memakan ketoprak yang masih panas. Karena terlalu panas saya tidak segera memakannya walaupun saya bahwasanya sangat lapar. Ketoprak yang ada dipiringku sangat enak untuk segera dimakan. Karena saya sudah sangat lapar kemudian saya tergesa gesa memakannya.
Contoh teks eksemplum pengalaman pribadi ini menceritakan pengalaman buruk ketika hendak makan
Setiap sendok lahapan ketoprak saya makan dengan lezatnya. Akhirnya  karena tergesa gesa balasannya ketoprak yang saya beli tumpah dan menciptakan celana dan bajuku kotor.  Tiba tiba saya kaget dan malu
alasannya yaitu kejdian tersebut. Saat itu rasa kaget dan maluku luar biasa alasannya yaitu disaksikan oleh tetangga tetanggaku. Ada salah satu tetanggaku yang berkata kepadaku, ketika makan jangan buru buru dan tergesa gesa. Apabila kita tidak sabar niscaya akan tumpah menyerupai yang saya alami. Akhirnya makan malamku hancur dan saya kelaparan dimalam itu.  Berdasarkan kisah ini mengajarkan bahwa apapun yang kita lakukan harus dilakukan dengan sabar dan hati hati alasannya yaitu harus memperhatikan akhir nantinya.

Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman Pribadi (Wahana Menyeramkan)
Saat semasa liburan sekolah saya mempunyai pengalaman yang tak akan kulupakan. Saat liburan sekolah tiba, merupakan ketika saat yang paling menyenangkan. Siang itu saya didatangi oleh sahabat sahabat sekolahku. Mereka tiba untuk menjemputku alasannya yaitu ingin mengajak kekota. Kami bersama sama menuju sebuah taman bermain dengan berbagai wahana. Disana terdapat wahana yang menantang dan seram menyerupai wahana berputar 360 derajat, wahana halilintar, dan masih banyak lagi. Kami hingga di wahana histeria kemudian segera membeli tiket untuk menaikinya. Wahana ini menciptakan saya dihempaskan keudara setinggi 20 meter, kemudian dijatuhkan seakan akan jatuh kebawah tanpa pengaman.

Namun ketika sedang asik dan berada diatas, wahana ini tiba tiba berhenti sendiri. Kami pun panik mengalami kejadian ini alasannya yaitu posisinya masih diatas ketinggian. Semua yang menaiki wahan ini meminta tolong. Peristiwa ini tak terduga bahkan tidak terbayangan akan menyerupai ini. Ada orang yang ketakutan bahkan menangis akhir wahana yang mati mendadak ini. Akupun merasa takut seakan nyawaku sedang diambang batas, seketika saya teringat kedua orang tuaku. Aku menangis dan menyebut nama mamaku. Sudah hampir 30 menit kami tersangkut diwahana ini,namun terdapat beberapa petugas yang memperbaiki wahana tersebut.
Baca juga: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh
Akhirnya berkat para petugas tadi nyawa kami semua terselamatkan tanpa ada satupun yang terluka. Setelah itu kami terasa lega dan bersyukur kepada Allah alasannya yaitu masih diberi keselamatan. Akibat kejadian itu saya menjadi takut ketika melihat wahana yang sama. Akhirnya saya selalu hati hati dan waspada dalam melaksanakan sebuah tindakan. Karena kita tidak akan pernah menyangka apa yang akan terjadi kedepannya. Sebelum menaiki wahana tersebut harusnya kita bertanya terlebih dahulu kepada petugas apakah wahana ini kondusif untuk dinaiki.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Selein membahas teks ekspemplum pengalaman pribadi, kali ini kita juga akan membahas teks eksemplum tema pendidikan yang intinya akan menceritakan pengalaman tokoh yang berkenaan dengan pendidikan.

Jangan Matematika
Aku bahwasanya memang tidak terlalu berakal jikalau harus dihadapkan dengan persoalan matematika. Ketika saya duduk di dingklik sekolah dasar, saya mencoba mengerjakan soal soal matematika yang saya rasa sangat berat dan susah untuk dikerjakan.

Ibuku sendiri yaitu perempuan penyabar dan perhatian, terlebih lagi pada anak anaknya. dia ingin semua anaknya menjadi anak yang cerdas, berbakti dan bisa membanggakan orangtuanya. Sedangkan menginjak dingklik kelas 2 SD saja saya sudah mulai malas dan badung terutama dalam hal belajar. Jika ada sahabat sekelas yang mengajakku bermain, tentu saya akan lebih menentukan bermain dibandingkan mendengarkan klarifikasi guru yang berbelit belit menjelaskan pelajaran yang tidak saya mengerti.
 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi 8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi
contoh teks eksemplum perihal pendidikan
Disuatu siang, saya pulang sekolah dalam keadaan capek, lemas dan lesu. Bukan alasannya yaitu alasan, namun alasannya yaitu nilai matematika yang saya dapatkan tidak sesuai harapanku alias jelek. Sembari mengeluarkan bukuku dari dalam tas ibuku bertanya "Kamu sanggup nilai berapa hari ini?" Aku hanya bisa membisu mendengar pertanyaan ibuku. Hingga balasannya ibu mengulangi pertanyaan itu kembali. Dengan sangat berat hati saya beritahukan nilaiku yang bahwasanya pada ibu.

Dengan gugup dan takut mengecewakan ibu saya berkata "Nilai matematikaku hanya sanggup 2 bu". Mendengar jawabanku ibu eksklusif murka dan melemparkan buku matematikaku ke lantai hingga menyebabkan bunyi yang keras. Tetapi dibalik kemarahan ibuku, dia juga gembira alasannya yaitu saya bisa berkata jujur meskipun itu akan menciptakan ibuku marah. Ibuku gembira ketika saya mengakui kesalahanku sendiri dan mau untuk berusaha lebih rajin.
Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Sejak ketika itulah saya mulai berusaha untuk menyukai matematika dan pelajaran pelajaran yang awalnya dulu saya benci. Selain itu saya juga telah berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama menyerupai bermain dengan sahabat ketika guru menandakan materi pembelajaran kepada muridnya.

Contoh teks diatas sanggup kita kategorikan sebagai rujukan teks eksemplum perihal pendidikan maupun pengalaman pribadi alasannya yaitu bersenggolan dengan pengalaman pribadi seorang tokoh dengan tema pendidikan

Inilah beberapa rujukan teks eksemplum singkat perihal pendidikan dan pengalaman pribadi yang sanggup saya sajikan. Pembuatan teks eksemplum ini harus memperhatian struktur, ciri ciri serta hal lain yang terkandung didalamnya. Contoh teks eksemplum yang baik sanggup dibentuk dengan berpedoman kepada hal hal tersebut. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!