Home » » Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Menurut Cara Memainkannya

LIRIK LAGU : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Menurut Cara Memainkannya

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya - Dalam pelajaran seni budaya terdapat bahan yang menjelaskan mengenai jenis jenis alat musik tradisional Indonesia berdasarkan cara memainkannya. Jenis alat musik tradisional sanggup dibagi menjadi beberapa pembagian terstruktur mengenai contohnya berdasarkan cara memainkannya, berdasarkan sumber bunyinya, dan sebagainya. Didunia ini berbagai jenis alat musik tradisional yang berkembang, mulai dari alat musik petik sampai alat musik pukul. Alat musik tersebut berasal dari setiap tempat dengan unsur budaya dan nama yang berbeda beda. Salah satunya ialah jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jenis jenis alat musik tradisional yang dibedakan berdasarkan cara memainkannya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

Jenis alat musik tradisional Indonesia berdasarkan cara memainkannya sanggup dibedakan menjadi lima jenis yaitu alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik sentuh dan alat musik petik. Setiap jenis alat musik tradisional tersebut mempunyai ciri dan cara memainkannya masing masing. Dibawah ini terdapat beberapa jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya beserta penjelasannya.
Baca juga : Pengemasan dan Perawatan Kerajinan dari Bahan Lunak

Jenis Alat Musik Tiup

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
Jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya yang pertama ialah jenis alat musik tiup. Alat musik tiup merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara meniupnya. Namun cara meniup alat musik tersebut dilarang sembarangan alasannya yaitu memerlukan teknik khusus yang digunakan. Caranya dengan meniup sekuat tenaga, tipis maupun sedang. Dalam alat musik tiup ini terdapat lubang lubang tuts nada. Lubang tuts nada tersebut mempunyai jenis bunyi yang berbeda beda. Jenis alat musik ini bahkan sanggup dimainkan secara solo maupun grub. Biasanya dalam sebuah grub musik, alat musik tiup dipadukan dengan beberapa jenis alat musik lain sehingga sanggup dinikmati oleh pendengarnya. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara ditiup contohnya harmonika, saksofon, tuba, seruling, clarinet, horn, dan flute.

Jenis Alat Musik Petik

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
Jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya selanjutnya ialah jenis alat musik petik. Alat musik petik merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berbagai peminatnya dan sering juga banyak yang mempelajarinya, khususnya anak anak remaja sampai dewasa. Walaupun cara memainkannya cukup sulit alasannya yaitu tekniknya yang rumit namum peminat jenis alat musik ini semakin usang semakin banyak. Bahkan banyak musisi musisi musik yang piawai dalam memainkan alat musik petik ini. Tahap kesulitan yang paling utama berada pada kunci nadanya. Namun walaupun demikian, alat musik petik mempunyai rentang nada yang cukup banyak. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara dipetik contohnya harpa, bas, ukulele, gitar, mandolin, clarinet, banjo, siter, kecapi, dan sasando.

Jenis Alat Musik Pukul

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
Selanjutnya jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya ialah jenis alat musik pukul. Alat musik pukul merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Jenis alat musik ini biasanya tidak mempunyai tangga nada maupun kunci yang jelas. Maka dari itu nada nada yang dipakai umumnya hanya melengkapi dan mengikuti saja. Dalam sebuah pertunjukan musik, alat musik ini biasanya dibunyikan diakhir sesudah alat musik lain dimainkan. Hal tersebut dilakukan semoga nadanya sanggup selaras dan yummy didengar. Alat musik pukul sanggup dipakai untuk melengkapi musik musik yang bergaya beat dengan hentakan yang cukup kuat. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara dipukul contohnya kendang, rebana, gong, drum, ketipung, simbal, tamborin, dan kastanyet.
Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik

Jenis Alat Musik Gesek

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
Selanjutnya jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya ialah jenis alat musik gesek. Alat musik gesek merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek. Jenis alat musik ini juga dipakai untuk melengkapi pertunjukan musik saja. Namun dalam pertunjukan musik orkestra maupun pertunjukan opera, jenis alat musik ini merupakan alat pengiring yang utama. Alat musik ini mempunyai tingkat yang cukup sulit dalam memainkannya. Hal tersebut dikarenakan dalam memainkannya terdapat peranan dalam menggeseknya. Alat musik gesek juga mempunyai tangga nada maupun kunci tersendiri. Maka dari itu untuk memainkannya memerlukan teknik yang benar. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara digesek contohnya cello, biola, violin, viola, bas kontra maupun rebab.

Jenis Alat Musik Sentuh

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
Jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya yang terakhir ialah jenis alat musik sentuh. Alat musik sentuh merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditekan. Jenis alat musik ini biasanya dimainkan dalam program pertunjukan musik tempat maupun pertunjukan musik dengan taraf internasional. Alat musik tekan sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu alat musik tekan manual maupun alat musik tekan elektronik. Kedua alat musik tekan tersebut mempunyai teknik memainkan yang hampir sama. Tetapi tuts nadanya terkadang mempunyai bunyi yang berbeda. Tidak hanya itu saja, melainkan efek bunyi yang dihasilkan juga berbeda. Dalam alat musik tekan elektronik lebih mempunyai variasi nada yang beragam. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara ditekan contohnya organ, keyboard, dan piano.

Demikianlah beberapa jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya yang sanggup saja jelaskan. Apapun jenis alat musiknya mempunyai teknik dan cara memainkan yang berbeda beda. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!