Home » , » 4 Pokok Pikiran Pembukaan Uud 1945 Alenia 1, 2, 3, 4 Beserta Kandungannya

LIRIK LAGU : 4 Pokok Pikiran Pembukaan Uud 1945 Alenia 1, 2, 3, 4 Beserta Kandungannya

4 Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 1, 2, 3, 4 Beserta Kandungannya - Kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 intinya terkandung arti serta makna pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Hal ini disesbabkan alasannya ialah dalam pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 terdapat ideologi nasional yang telah tercermin dan terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut antara lain ialah  ideologi usaha untuk mewujudkan kemerdekaan, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kandungan dan pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengandung 4 pokok pikiran yang pada hakekatnya ialah suatu penjelmaan dari kerohanian negara kita, yakni pancasila yang dijabarkan lebih lanjut menjadi pasal pasal dalam undang undang dasar 1945. adapun kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut akan kami jelaskan dalam artikel kali ini.

Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Beserta Kandunganya

 intinya terkandung arti serta makna pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup  4 Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 1, 2, 3, 4 Beserta Kandungannya
Rumusan Pancasila dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945
Pokok pikiran dan kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 menyerupai yang telah saya sebutkan sebelumnya ada 4 yang dibagi menjadi pokok pikiran alenia satu, pokok pikiran alenia 2, pokok pikiran alenia 3, dan pokok pikiran alenia 4. Penjelasan dari kandungan dan pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia 1, 2, 3, 4, 5 ialah sebagai berikut:
Pokok Pikiran Pebukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 1
"Negara melindungi segenap bangsa Indonesia Beserta seluruh tumpah darah Indonesia dengan dasar persatuan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatt Indonesia" Kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 1 ini ialah pengertian bahwa suatu negara persatuan (Indonesia) ialah negara yang melindungi segenap bangsa Indonesia. Kaprikornus sanggup kita simpulkan bahwa pokok pikiran 1 / pertama ialah Indonesia mengatasi segala permasalahan mencakup paham suatu golongan, menghendaki adanya persatuan bangsa Indonesia. Maka dari itu pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia 1 ialah sila ke 3 pancasila yakni "persatuan Indonesia".
Artikel Terkait: Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, 5
Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 2
"Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" Makna dan kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia 2 ialah perihal keadilan sosial yang telah didasarkan pada kesadaran kesadaran manusia. Bahwa setiap insan mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan tujuan membuat keadilan sosial dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Maka dari itu pokok pikiran alenia 2 pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 ialah cerminan sila ke 5 pancasila yakni "keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".

Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 3
"Negara yang berdaulat adil dan makmur, serta mewujudkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan". Arti dan kandungan alenia 3 pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 ialah segala sistem pemerintahan termasuk Undang Undang yang berlaku harus berdasarkan asas kedaulatan rakyat dan permusyarawatan atau perwakilan. Pokok pikiran Undang-Undang Dasar 1945 alenia 3 ini merupakan cerminan dari sila ke 4 pancasila.

Pokok Pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia 4
"Negara berdasarkan atas asas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab" dalam kandungan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia 4 ini dijelaskan bahwa undang undang dasar haruslah berisi dan mewajibkan pemerintahan penyelenggaraan negara untuk ikut serta memelihara kebijaksanaan perketi serta kemanusiaan yang luhur, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melakukan ketertiban dunia. pokok pikiran ini merupakan cerminana dari sila pertama dan kedua pancasila.

Pancasila yang intinya telah terkandung dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Ideologi Nasional alasannya ialah berisi ajaran, teori, doktrin, ilmu serta cita cita bangsa dan negara Indonesia yang telah diyakini kebenarannya semenjak jaman dahulu. Ideologi merupakan suatu hal yang penting dalam tatanegara alasannya ialah menyangkut pedoman serta penyelenggaraannegara dan rakyat dalam hal permusyawaratan untuk menuntaskan persoalan ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan (hankam).

Itulah artikel singkat perihal 4 pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia 1, 2, 3, 4 beserta kandungannya yang sanggup saya sampaikan dalam artikel kali ini Terimakasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!