Home » , » Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

LIRIK LAGU : Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai - Seperti yang anda ketahui di Indonesia dulu banyak terdapat kerajaan kerajaan  yang tersebar diseluruh wilayah. Hal tersebut sanggup diketahui menurut peninggalan peninggalan sejarah yang telah banyak ditemukan. Salah satu bentuk peninggalan sejarah yang ditemukan yaitu milik kerajaan Samudera Pasai. Tidak sedikit pula peninggalan peninggalan yang ditemukan dalam kerajaan ini. Kerajaan samudera pasai bahkan pernah tercatat dalam karya dari Abu Abdullah bin Batuthah yang berjudul pengembaraan ke timur. Kali ini materi mencar ilmu akan mejelaskan secara lengkap mengenai sejarah kerajaan Samudera Pasai. Langsung saja sanggup anda simk dibawah ini.

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai tergolong jenis kerajaan islam yang berada di tepi pantai Sumatera bab utara kota Lhokseumawe, Aceh. Pada tahun 1267 kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu yang mempunyai gelar Sultan Malik as Saleh. Menurut penelitian kerajaan Samudera Pasai juga tercatat dalam kitab Rihlah ila I Masyriq atau pengembaraan ke timur yang ditulis oleh Abu Abdullah bin Babtuthah. Dalam karyanya tertulis bahwa dia merupakan musafir dari Maroko yang hanya mampir dikerajaan ini. Tidak sedikit pula para peneliti sejarah yang mencari bukti keberadaan kerajaan ini dengan berpedoman riwayat raja raja dari Pasai. Kemudian dihubungkan dengan makam makam raja terdahulu hingga menemukan koin emas maupun perak yang didalamnya terdapat nama raja terdahulu. Sampai ketika ini sejarah kerajaan samudera pasai masih menjadi penelitian.

Seperti yang anda ketahui di Indonesia dulu banyak terdapat kerajaan kerajaan  Sejarah Kerajaan Samudera Pasai
Kerajaan Samudera Pasai

Sejarah kerajaan samudera pasai berlandaskan riwayat raja raja dari Pasai dengan landasan tersebut ditemukan perihal mengenai kerajaan ini yang dahulu diperintah oleh Sultan Malik al Nasser dan lalu digantikan oleh Meurah Silu. Sebelumnya Meurah Silu mempunyai gelar Sumerlangga alasannya berada didaerah yang sama, namun sehabis naik tahta lalu dijuluki Sultan Malik as Saleh. Beliau lalu meninggal pada tahun 1297 M/696 H. Dahulu nama Samudera dengan Pasai merupakan kata yang terpisah alasannya menunjuk dua wilayah yang berbeda. Perbedaan nama tersebut didasari oleh riwayat para raja maupun Sulalatus Salatin, namun menurut goresan pena Tiongkok tidak ada perbedaan arti dalam nama tersebut. Dalam sejarah kerajaan samudera pasai ini juga ditemukan catatan Marco Polo mengenai daftar kerajaan pantai timur Sumatera menyerupai Ferlec atau Perlak yang berada diwilayah selatan hingga utara, kerajaan Samudera atau Samara serta kerajaan Basma.
Baca Juga : Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial
Sultan Malik as Saleh menikah dengan putri dari Raja Perlak dan lalu mempunyai putera berjulukan Sultan Muhammad Malik az Zahir. Setelah ayahnya yang sudah tidak bisa melanjutkan tahtanya lalu dia digantikan oleh puteranya yang berjulukan Sultan Muhammad Malik az Zahir. Pada masa pemerintahannya, Sultan Muhammad Malik mulai memperkenalkan koin emas hingga kerajaan Samudera Pasai menjadi tempat perkembangan dakwah agama islam serta sentra perdagangan dibeberapa wilayah. Sultan Muhammad Malik az Zahir lalu mempunyai anak berjulukan Sultan Mahmud Malik az Zahir.  Pada tahun 1326 lalu Sultan Muhammad Malik az Zahir wafat dan pemerintahan kerajaan Samudera Pasai digantikan oleh anaknya hingga tahun 1345. Berdasarkan sejarah kerajaan Samudera Pasai ini tercatat bahwa Batuthah telah berkunjung  ke negara Samudera dengan sambutan yang cukup ramah oleh Rajanya. Dinegara tersebut juga mempunyai pedoman Mazhab Syafi'i. 

Sampai pada hasilnya Sultan Mahmud Malik az Zahir mempunyai putera juga berjulukan Sultan Ahmad Malik az Zahir yang melanjutkan pemeritahan ayahnya. Pada tahun 1345 hingga 1350 terjadilah penyerbuan dari tentara kerajaan Majapahit menuju kerajaan Samudera Pasai. Penyerangan tersebut menciptakan Sultan melarikan diri dari ibukota. Pada tahun 1383 kerajaan Samudera Pasai mulai bangun dari penjajahan dengan pimpinannya yang berjulukan Zain l Abidin Malik az Zahir namun hanya bertahan hingga tahun 1405. Berdasarkan sejarah kerajaan Samudera Pasai terdapat catatan Cina yang menyebutkan tsai nu li a pi ting ki yang berarti ia telah tewas ditangan Raja Nakur. Kemudian pemerintahan kerajaan Samudera Pasai digantikan lagi oleh istrinya yang berjulukan Sultanah Nahrasiyah. Pada tahun 1405, 1408 serta tahun 1412 kerajaan Samudera Pasai dikunjungi oleh armada Cheng Ho dengan jumlah kapal sebanyak 208 kapal. Setiap pelayaran yang dilakukan oleh Cheng Ho dicatat oleh Ma Huan serta Fei Xin selaku bawahannya. 
Baca Juga : Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha di Indonesia
Apabila ditelusuri kerajaan Samudera Pasai terletak di perbatasan kerajaan Aru dari arah timur, arah baratnya merupakan perbatasan kerajaan Nakur maupun Lide, sebelah utara terdapat laut, sedangkan arah selatannya merupakan wilayah pegunungan yang cukup tinggi. Dalam sejarah Kerajaan Samudera Pasai juga ditemukan kerajaaan Lambri atau Lamuri yang berada disebelah barat kerajaan ini namun waktu tempuhnya sekitar 3 hari 3 malam dari Pasai. Dalam catatan Cheng Ho juga dijelaskan bahwa dia mendapat hadiah berupa Lonceng Cakra Donya dari Kaisar Cina. Pemberian hadiah tersebut terjadi pada tahun 1434 oleh Ha li zhi han selaku saudara dari Raja Pasai. Namun dia tewas di Beijing. Berita ketewasan tersebut disampaikan oleh Wang Jinhong yang merupakan utusan dari Kaisar Xunde Kerajaan Ming. Kerajaan Samudera Pasai juga berada diantara Sungai Pasai atau Krueng Pase dengan Sungai Jambu Air atau Krueng Jambo Aye di wilayah Aceh bab utara.

Berdasarkan dongeng Batuthah, kerajaan Samudera Pasai tidak mempunyai benteng kerikil menyerupai pada kerajaan lainnya namun kerajaan ini mempunyai benteng kayu yang letaknya sekitar pelabuhan yang dimilikinya. Batuthah hanya berlabuh di Pasai kurang lebih dua minggu. Sejarah Kerajaan Samudera Pasai ini juga ditambahkan dengan catatan Ma Huan bahwa diwilayah Pasai terdapat muara besar dengan ombak yang besar hingga sanggup membalikkan kapal, adapula masjid serta pasar yang disepanjangnya terdapat sungai tawar yang menuju laut. Di kerajaan Samudera Pasai terdapat sistem pemerintahan menteri, kadi maupun syahbandar bahkan anak dari Sultan serta pemimpin kerajaan tersebut mempunyai gelar Tun. Sedangkan untuk penguasa kerajaannya mempunyai gelar Sultan. Pada ketika Sultan Muhammad Malik az Zahir memerintah maka ketika itu juga kerajaan Perlak bergabung dengan kerajaan Pasai bahkan kerajaan Samudera juga telah diberikan wakil pemimpin yang dipegang oleh Sultan Mansur selaku puteranya,
Baca Juga : Sejarah Pembentukan PPKI (Latar Belakang, Tujuan, dan Tugas PPKI)
Sampai pada hasilnya kerajaan Samudera dengan kerajaan Pasai bergabung menjadi satu dan berpusat diwilayah Pasai. Kerajaan Pasai juga tidak mempunyai kekerabatan baik dengan kerajaan Nakur hingga menciptakan Sultan Pasai tewas. Negara Pasai termasuk kedalam wilayah perdagangan yang mempunyai andalan hasil penanaman lada. Lada yang berjumlah 100 kati sanggup mempunyai harga jual sebanyak 1 tahil perak. Pada masa pemerintahan tersebut juga telah dijelaskan bahwa kerajaan Samudera Pasai telah mengeluarkan koin emas dengan komposisi 0,60 emas atau sekitar 70% emas, mempunyai 17 karat serta diameter koinnya 10 mm. Dalam sejarah kerajaan samudera pasai juga dijelaskan bahwa masyarakat juga menanam padi serta mempunyai sapi perah sebagai materi dasar keju. Rumah penduduknya mempunyai tinggi 2,5 meter dan penduduknya menganut pedoman islam. Saat simpulan masa pemerintahan Sultan Pasai terdapat pertengkaran antara saudara. Berdasarkam sejarah kerajaan samudera pasai dari catatan Sulalatus Salatin menceritakan bahwa Sultan Pasai ingin meredam pemberontakan yang terjadi dengan dukungan Sultan Melaka. Namun Kerajaan Pasai dikuasai oleh Portugal pada tahun 1521.

Wilayah Pasai sudah termasuk kedalam kekuasaan negera Aceh pada tahun 1534. Berdasarkan sejarah kerajaan Samudera Pasai terdapat banyak pergantian raja yang terjadi. Berikut ini terdapat daftar raja yang pernah memerintah kerajaan Samudera Pasai yang mencakup Sultan Meurah Silu pada tahun 1267 hingga 1297, Sultan Al Malik Azh Zhahir I pada tahun 1297 hingga 1326, Sultan Ahmad I tahun 1326 hingga 1330.an, Sultan   Al Malik Azh Zhahir II tahun 1330.an hingga 1349, Sultan Zainal Abidin I tahun 1349 hingga 1406, Ratu Nahrasyiyah tahun 1406 hingga 1428, Sultan Zainal Abidin II tahun 1428 hingga 1438, Sultan Shalahuddin tahun 1438 hingga 1462, Sultan Ahmad II tahun 1462 hingga 1464, Sultan Abu Zaid Ahmad III tahun 1464 hingga 1466, Sultan Ahmad IV tahun 1466, sultan Mahmud tahun 1466 hingga 1468, Sultan Zainal Abidin III tahun 1468 hingga 1474, Sultan Muhammad Syah II tahun 1474 hingga 1495, Sultan Al Kamil tahun 1495, Sultan Adlullah tahun 1495 hingga 1506, Sultan Muhammad Syah III tahun 1506 hingga 1507, Sultan Abdullah tahun 1507 hingga 1509, Sultan Ahmad V tahun 1509 hingga 1514, dan Sultan Zainal Abidin tahun 1514 hingga 1517.

Inilah klarifikasi mengenai sejarah kerajaan Samudera Pasai yang sanggup saya sajikan lengkap. Kerajaan Samudera Pasai aneka macam mengalami pergantian raja menyerupai yang saya jelaskan diatas. Namun kerajaan ini tetap berjaya di masanya. Semoga artikel ini sanggup menambah pemahaman anda mengenai kerajaan Samudera Pasai. Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!