Home » , » Sejarah Munculnya Kerajaan Islam Di Indonesia

LIRIK LAGU : Sejarah Munculnya Kerajaan Islam Di Indonesia

Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia - Dalam sejarah banyak sekali kerajaan kerajaan yang terdapat di Indonesia. Kerajaan tersebut menganut aneka macam fatwa ibarat Hindu, Budha, ataupun Islam. Namun tidak sedikit  pula kerajaan yang mengandung fatwa Islam. Kerajaan kerajaan islam ini banyak tersebar dibeberapa wilayah Indonesia, ibarat kerajaan islam di Maluku, kerajaan islam di Sulawesi, kerajaan islam di Sumatera, kerajaan islam di Jawa, dan kerajaan islam di Papua. Setiap wilayah terdapat beberapa kerajaan yang berdiri. Anda niscaya belum mengetahui kerajaan apa saja yang ada dinegara Indonesia? Pada kesempatan kali ini bahan berguru akan membahas mengenai sejarah munculnya kerajaan islam di Indonesia. Saya juga akan menyajikan secara lengkap mengenai kerajaan kerajaan yang sudah berdiri di wilayah Indonesia. Langsung saja sanggup anda simak dibawah ini.

Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia

Pada masa ke 13 merupakan awal sejarah munculnya kerajaan islam di Indonesia. Namun kerajaan tersebut berdiri hingga masa ke 16 saja. Sejarah unculnya kerajaan islam di Indonesia ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perdagangan islam yang masuk ke Indonesia ibarat dari India, Arab, Tiongkok maupun dari Persis. Di Indonesia terdapat beberapa wilayah yang telah berdiri kerajaan kerajaan Islam. Wilayah tersebut mencakup wilayah Sumatera, Papua, Maluku, Jawa dan Sulawesi. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai kerajaan apa saja yang berdiri didalam wilayah tersebut.

Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera
Dalam wilayah ini terdapat beberapa kerajaan islam yang berdiri ibarat kesultanan samudera pasai, kesultanan perlak, kesultanan malaka, dan kesultanan aceh. Berikut klarifikasi sejarah munculnya kerajaan islam di wilayah Sumatera.

1. Kesultanan Perlak (muncul masa ke 9 hingga masa ke 13)

Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Kesultanan Perlak merupakan kerajaan islam di Indonesia yang paling bau tanah dengan periode pemerintahan yang paling usang dan mengawali sejarah munculnya kerajaan islam di Indonesia. Kesultanan ini berdiri pada tahun 840 hingga tahun 1292. Perlak dipimpin oleh raja pertamanya berjulukan Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah. Beliau dinobatkan menjadi seorang raja pada tanggal 1 Muhharam tahun 225H atau 840M. Sultan yang pertama ini mempunyai nama orisinil Saiyid Abdul Aziz, namun masa pemerintahannya berakhir pada tahun 249H atau 964M. Pada masa tersebut nama Bandar Perlak diganti menjadi Bandar Khalifah. Kemudian kesultanan Perlak mempunyai raja gres berjulukan Sultan Makhdum Alaidin Malik Muhammad Amin Syah II Johan yang memerintah pada tahun 622H hingga 662H atau 1225M hingga 1263M. Pada masa pemerintahan ini termasuk periode paling jaya dikesultanan Perlak.
Baca Juga : Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural
Namun lantaran sesuatu hal kerajaan islam Perlak digantikan lagi oleh Sultan Makhdum Alaidin Malik Abdul Aziz Syah Johan atau sultan yang ke 18. Sultan ini memerintah pada tahun 662H hingga 692H atau 1263M hingga 1292M. Namun Sultan yang ke 18 ini merupakan sultan terakhir yang memimpin Perlak. Kesultanan Perlak pernah mengalami masa kejayaan dalam segi pendidikan maupun pengembangan islam di Indonesia. Pada masa kerajaan Perlak juga telah muncul adanya mata uang emas maupun perak. Namun Perlak juga mengalami kemunduran lantaran munculnya perdebatan kekuasaan dalam keluarga Sayid Abdul Aziz. Dengan kudeta tersebut mengakibatkan para pedagang tidak melaksanakan aktivitas berdagang dan memindahkannya ke Pasai.

2. Kesultanan Samudera Pasai


Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah kesultanan samudera pasai
Sejarah munculnya kerajaan islam di Indonesia selanjutnya sesudah Kerajaan Perlak mulai runtuh maka ketika itulah mulai berdiri kerajaan samudera pasai. Kerajaan islam di Indonesia ini berawal dari bersatunya kerajaan Samudera dan Pasai. Kesultanan ini dipimpin oleh Marah Silu yang menganut fatwa Islam. Marah Silu mempunyai gelar Sultan Malik Al Shaleh. Kesultanan Samudera Pasai berada pada tempat yang strategis. Letak tersebut menciptakan Samudera Pasai menguasai wilayah perairan laut yang berada dipesisir barat pantai Sumatera dan mempunyai julukan Bandar transit. Sultan Malik Al Shaleh wafat pada tahun 1297, lalu pemerintahannya digantikan oleh putera kandungnya Sultan Muhammad atau Sultan Malik Al Tahir. Pada masa Sultan Malik Al TAhir berakhir pada tahun 1326M dan digantikn lagi oleh Sultan Ahmad yang mempunyai gelar Sultan Malik Al Tahir II. Pada masa ini pelabuhan yang berada pada kesultanan Samudera Pasai mulai berjaya dan mempunyai julukan Bandar Transit.

Sulltan Ahmad digantikan lagi oleh Sultan Zain Al Abidin atau Sultan Malik Al Tahir III hingga masa pemerintahan 1450M. Kerajaan Islam Samudera Pasai pernah diserang oleh Kerajaan Majapahit pada tahun 1361M. Peperangan tersebut terjadi dikarena kekhawatiran Majapahit akhir Samudera Pasai yang semakin maju. Namun peperangan ini tidak mengganggu dakwah yang terjadi diwilayah ini. Kesultanan Samudera Pasai mengalami kejayaan ketika terjadinya perdagangan  Cina, Siam, India, Persia maupun Arab. Kerajaan Islam ini memanfaatkan lada sebagai perdagangan utama di Samudera Pasai. Saat itu juga telah mengenal mata uang dinar. Namun sekitar masa XXV kesultanan Samudera Pasai mulai runtuh  karena kalah dengan Kesultanan Malaka. Keruntuhan tersebut juga disebabkan oleh penyerangan Portugal pada tahun 1521.
Baca Juga : Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

3. Kesultanan Malaka
Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah kesultanan malaka
Kerajaan Islam di Indonesia selanjutnya ialah kesultanan Malaka yang didirikan oleh Parameswara. Namun lantaran dia menganut fatwa Islam lalu mengubah namanya menjadi Sultan Iskandar Syah. Kerajaan ini terletak pada jalur perdagangan maupun pelayaran selat malaka yang merupakan jalur internasioanal. Kesultanan Malaka mulai berjaya sekitar masa ke 15. Pada masa tersebut juga telah tejadi perkembangan dakwah di Asia Tenggara, berawal dari Kampar, Riau hingga Indramayu. Namun pada tahun 1509M kerajaan ini diserang oleh Portugis dan mengalami kekalahan. Penyerangan tersebut menciptakan Kesultanan Malaka runtuh.

4. Kesultanan Aceh


Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah kesultanan aceh
Sejarah Munculnya kerajaan Islam ini berdiri ketika Kesultanan Samudera Pasai runtuh pada masa 14 atau tahun 1360. Kesultanan Aceh mulai berdiri dan dipimpin oleh Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1514 hingga 1528 M. Kemudian digantikan oleh Sultan Iskandar Thani. Namun lantaran pada masa pemerintahan Sultan Iskandar mengalami kemunduran maka digantikan lagi oleh permaisuri. Pemerintahannya berjalan dengan penggalan sipilnya dipimpin oleh para aristokrat serta pemerintahan islamnya dipimpin oleh para ulama. Kesultanan Aceh mulai berjaya pada masa pemerintahan Iskandar muda dikarenakan telah menguasai Pahang, Kedah, Johor, Perak, Nias, maupun Bintan. Pada masa tersebut terdapat moral mahkota alam yang menjadi undang undang pemerintah. Namun lantaran pihak sipil dengan pihak islam mengalami pertikaian menciptakan Kesultanan Aceh runtuh. Pada tahun 1904 Aceh dikuasai oleh Belanda.

Sejarah Kerajaan Islam di Jawa
Wilayah Jawa juga terdapat beberapa kerajaan islam diindonesia yang berdiri. Kerajaan islam tersebut mencakup Kesultanan Demak, Kesultanan Pajang, Kesultanan Mataram, Kesultanan Banten dan Kesultanan Cirebon. Dibawah ini terdapat klarifikasi kerajaan kerajaan islam tersebut,
Baca Juga : Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

1. Kesultanan Demak (muncul pada tahun 1500 M hingga 1550 M)
Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah  kesultanan demak
Kerajaan islam ini terletak disepanjang pesisir Jawa sebelah utara yang merupakan tilas dari kerajaan Majapahit. Kerajaan demak didirikan oleh pendakwah islam yang termasuk dalam Wali Songo. Kerajaan ini merupakan kerajaan islam pertama diwilayah Jawa. Kerajaan Demak dipimpin oleh Raden Patah pada tahun 1478M hingga 1518M. Beliau didukung oleh para wali dikarenakan telah memimpin dengan kuat dan adil. Kesultanan demak terletak di kota Bintoro Jawa Tengah. Peninggalan sejarah kerajaan islam ini berupa Masjid Agung Demak, makam Sunan Kalijaga, serta makam Panjang. Kesultanan Demak mulai berjaya ketika menjadi sentra perdagangan islam maupun sentra penyebaran dakwah islam. Namun lantaran terdapat serangan dari Portugis menciptakan Demak runtuh dan terjadilah perdebatan antara pangeran Trenggono dengan adiknya untuk merebutkan tahta dari kesultanan Demak.

2. Kesultanan Banten (muncul pada tahun 1524 M hingga 1813 M)

Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia
Sejarah Munculnya Kerajaan Islam di Indonesia (kesultanan banten)

Kesultanan banten merupakan kerajaan islam di Indonesia yang dipimpin oleh Sultan Hasanudin dengan masa pemerintahan tahun 1522 M hingga 1570 M. Daerah ini juga termasuk sentra perdaganagn islam diwilayah Selat Sunda lantaran menguasai jalur perdagangan dari Banten hingga Lampung. Kerajan ini mulai maju akhir jatuhnya Kerajaan Malaka pada tahun 1511, sebagai wiltah utama berdangang, serta sebagai tempat yang menghasilkan lada maupun beras. Kesultanan Demak lalu dipimpin oleh Pangeran Yusuf pada tahun 1570 hingga 1580M. Pada masa pemerintahan Pangeran Yusuf  Kesultanan Banten sanggup mengusai wilayah Pakuan maupun Pejajaran. Setelah Pangeran Yusuf wafat lalu digantikan lagi oleh Kanjeng Maulana Muhammad. Beliau memimpin pertempuran melawan Palembang. Namun dia gugur dalam peperangan tahun 1959. Setelah itu Banten dipimpin oleh Abu Ma'ali Ahmad Rahmatullah.
Baca Juga : Biografi Cut Nyak Dhien Pahlawan Wanita Indonesia

3. Kesultanan Pajang
4. Kesultanan Mataram merupakan kerajaan islam diIndonesia pada tahun 1586M hingga 1755M.
5. Kesultanan Cirebon merupakan kerajaan islam diIndonesia pada masa 16.

Sejarah Kerajaan Islam di Maluku
Diwilayah Maluku juga terdapat kerajaan kerajaan islam yang berdiri. Kerajaan Islam Maluku di Indonesia terdapat beberapa kerajaan yang muncul ibarat Kesultanan Bacan, Kesultanan Ternate (muncul pada tahun 1257M hingga 1583M), Kesultanan Jailolo dan Kesultanan Tidore (muncul pada tahun 1110M hingga 1947M).

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi
Dalam wilayah ini terdapat beberapa kerajaan islam. Namun wilayah Sulawesi hanya mempunyai dua kerajaan saja. Kerajaan islam tersebut ialah Kesultanan Buton yang berdiri pada tahun 1332 hingga 1911M dan Kesultanan Giba yang berdiri sekitar masa 16.

Sejarah Kerajaan Islam di Papua
Wilayah Papua merupakan wilayah yang paling banyak mempunyai kerajaan kerajaan islam di Indonesai. Kerajaan tersebut mencakup Kerajaan Salawati keturunan Arfan, Kerajaan Waigeo, Kerajaan Lilinta keturunan Dekamboe, Kerajaan Fatagar keturunan Uswanas, Kerajaan Sailolof keturunan Tafalas, Kerajaan Atiati keturunan Kerewaindzai, Kerajaan Rumbati keturunan Bauw, Kerajaan Sekar keturunan Rungesan, Kerajaan Arguni, Kerajaan Wertur keturunan Heremba, Kerajaan Patipi, Kerajaan Namatota, Kerajaan Kaimana dan Kerajaan Aiduma.

Sejarah munculnya kerajaan islam di Indonesia diatas merupakan kerajaan orisinil yang terdapat di Indonesia. Kerajaan tersebut ikut berpartisipasi dalam penyebaran islam di Indonesia. Wilayah yang paling besar lengan berkuasa dalam penyebaran islam ialah wilayah Sumatera tepatnya di Kerajaan Samudera Pasai serta diwilayah Jawa tepatnya dikerajaan Demak yang didukung oleh para Wai Songo.


Inilah artikel mengenai sejarah munculnya kerajaan islam di Indonesia yang sanggup saya bagikan. Kerajaan kerajaan islam tersebut mempunyai masa kejayaan dan masa kemunduran masing masing. Namun lantaran kerajaan tersebut fatwa Islam sanggup semakin berkembang diseluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!