Home » » Pengertian Dan Jenis Jenis Sistem Politik Di Aneka Macam Negara Dunia

LIRIK LAGU : Pengertian Dan Jenis Jenis Sistem Politik Di Aneka Macam Negara Dunia

Pengertian dan Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia - Setiap pemerintahan negara di dunia niscaya memakai sistem politik yang berbeda. Sistem politik di banyak sekali negara merupakan fatwa tata cara memerintah negara dengan baik. Sistem politik tersebut meliputi fatwa dasar negara, cara pemilihan pemimpin negara dan cara perumusan peraturan dan UU negara. Sistem politik tersebut juga meliputi interaksi yang terjadi antara rakyat dengan pejabat pemerintahan. Di banyak sekali negara di dunia mempunyai sistem politik yang berbeda sesuai dengan hakikat bangsa yang berlaku. Apakah anda telah memahami apa itu sistem politik? Apa saja jenis jenis sistem politik yang berlaku? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian sistem politik dan jenis jenis sistem politik di banyak sekali negara dunia. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia

Dalam artikel ini meliputi pengertian sistem politik di banyak sekali negara dunia dan jenis jenis sistem politik di banyak sekali dunia. Kedua hal tersebut merupakan hal penting yang harus anda pahami. Cakupan sistem politik di banyak sekali negara memang berbeda beda namun pada dasarnya sama yaitu menciptakan suatu pemerintahan negara yang baik. Berikut klarifikasi mengenai pengertian dan jenis jenis sistem politik.
Pengertian dan Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia Pengertian dan Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia

Pengertian Sistem Politik

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian sistem politik di banyak sekali negara dunia. Pengertian sistem politik berdasarkan Ramlan Subakti ialah sebuah korelasi kerjasama yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat pada tempat tertentu supaya muncul kebaikan dalam tempat tinggal masyarakat tersebut. Berdasarkan pendapat Ramlan Subakti ini sanggup kita simpulkan bahwa sistem politik mempunyai kaitan antara pemerintah dengan masyarakat supaya mendapat kebijakan yang ditentukan berdasarkan keputusan dan kepentingan bersama. Dalam sebuah negara selalu menerapkan sistem politik berdasarkan fatwa masing masing negara. Namun dalam penerapan sistem politik tersebut terdapat faktor utama yang meliputi ideologi atau fatwa negara yang dianut. 
Baca juga : 8 Perbedaan Bela Negara Fisik dan Non Fisik di Indonesia
Penetapan sebuah sistem politik di banyak sekali negara dunia juga dipengaruhi beberapa faktor lain yang menjadi pertimbangan. Dibawah ini terdapat beberapa faktor pertimbangan dalam memilih sistem politik yang berlaku :
  • Latar belakang sejarah suatu negara.
  • Ideologi atau fatwa yang dianut.
  • Kondisi sosiologis negara.
  • Pedoman filsafat negara.
  • Kondisi kejiwaan masyarakat negara atau psycho social.
  • Kondisi budaya.
  • Pedoman aturan dan konstitusi negara.

Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia

Sistem politik di banyak sekali negara dunia sanggup dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis sistem politik mempunyai pengertian dan ciri masing masing. Berikut jenis jenis sistem politik di banyak sekali negara dunia :

Sistem Politik Liberal
Jenis sistem politik di banyak sekali negara yang pertama ialah sistem politik yang bersifat liberal. Berdasarkan pendapat Cambridge Dictionary, sistem politik liberal mempunyai arti ialah suatu sistem perwakilan demokrasi yang bekerja memakai asas liberalisme yang berarti menjaga hak individu dengan mewujudkannnya dalam sebuah aturan. Sistem politik ini mempunyai ciri utama yaitu kekuasaan negara berada ditangan parlemen. Sistem politik liberal juga mempunyai kelebihan dan kekurangan Untuk jenis sistem politik tersebut mempunyai kelebihan yaitu penyalahgunaan jabatan mempunyai kemungkinan yang kecil alasannya yaitu kekuasaan tidak dipegang oleh satu DPR saja. Sedangkan kekurangannya ialah sanggup mendorong terjadinya monopoli kekuasaan yang dilakukan secara kelompok pemangku jabatan. 

Sistem Politik Komunis
Jenis sistem politik di banyak sekali negara selanjutnya ialah sistem politik yang bersifat komunis. Sistem politik komunis merupakan jenis sistem politik yang memutuskan negara sebagai pengatur dan mempunyai kekuasan penuh atas seluruh bab kehidupan bernegara. Sistem politik komunis mengatur beberapa aspek dalam bernegara yang meliputi aspek politik, aspek ekonomi, aspek kepercayaan yang harus dianut oleh setiap masyarakat dan aspek lain yang bersifat baik atau jelek untuk masyarakat. Dalam hal ini mayarakat mempunyai kiprah sebagai pelayan dalam sebuah negara. Pelayanan yang dilakukan oleh masyarakat sanggup berupa pelebihan kapasitas yang sudah ditetapkan dan bekerja dalam pemerintahan.

Sistem Politik Parlementer
Adapula jenis sistem politik di banyak sekali negara yang berupa sistem politik parlementer. Sistem politik parlementer ialah sebuah sistem politik yang memutuskan DPR sebagai pemegang kekuasaan yang paling tinggi. Sistem politik ini menganut presiden yang mempunyai kiprah untuk memimpin negara dan perdana menteri yang mempunyai kiprah memimpin pemerintahan. Jenis sistem politik ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan sistem politik parlementer ialah menghargai pendapat publik sehingga lebih bersifat fleksibel. Sedangkan kekurangan sistem politik parlementer ialah tidak mempunyai perbedaan yang terang antara kekuasaan yang bersifat direktur ataupun legislatif, serta pelaksanaan pemerintahannya tidak stabil.
Baca juga : Hakikat Bangsa dan Unsur Unsur Terbentuknya Negara
Sistem Politik Presidensial
Selanjutnya terdapat jenis sistem politik di banyak sekali negara yang bersifat presidensial. Sistem politik presidensial ialah jenis sistem politik yang membedakan kekuasan secara legislatif dan secara eksekutif. Sistem politik ini sanggup disebut sistem kongresional. Sistem politik presidensial memutuskan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus. Presiden mempunyai kedudukan yang paling tinggi dan berpengaruh sehingga tidak sanggup dijatuhkan oleh forum lain dalam sebuah negara. Namun seorang presiden sanggup dilengserkan dari kedudukannya kalau melaksanakan pengkhianatan negara, mempunyai duduk masalah kriminal, dan melanggar konstitusi. Presiden mempunyai wewenang untuk mengangkat pejabat pemerintah untuk membantu menjalankan pemerintahan, serta presiden juga menjamin kewenangan yang bersifat legislatif terhadap konstitusi.

Sistem Politik Otoriter atau Totaliter
Jenis sistem politik di banyak sekali negara selanjutnya ialah sistem politik yang bersifat sewenang-wenang atau totaliter. Sistem politik totaliter ialah jenis sistem politik yang mempunyai fatwa berdasarkan keputusan pemimpin kekuasaan tertinggi dalam memilih kebijakan maupun peraturan yang terdapat dalam masyarakat. Sistem politik ini dikuasai oleh seorang diktator sehingga sanggup disebut juga sistem politik diktator. Sistem politik ini mempunyai ciri khas yaitu seorang pemimpin kekuasaan ataupun partai politik penguasa mempunyai hak kuasa tak terbatas. Namun ciri ciri sistem politik sewenang-wenang juga dikemukakan oleh Theodore M. Vestal. Berikut ciri cirinya yaitu:
  • Aturan negara berdasarkan perseorangan, bukan dari hukum.
  • Fasilitas negara beserta infrastrukturnya dikuasai oleh pusat.
  • Seluruh keputusan yang berkaitan dengan politik dilakukan secara tertutup dan ditetapkan oleh satu pihak saja.
  • Pemilu mempunyai sifat kaku.
  • Tidak mempunyai jaminan sipil dan toleransi oposisi.
  • Pemilihan penguasa dipilih sendiri.
  • Penggunaan jabatan politik secara tidak terbatas.
  • Sistem politiknya bersifat incumbent
  • Tidak mempunyai kebebasan dalam berorganisasi dan berkelompok diluar partai.
  • Memiliki kontrol penuh terhadap masyarakat dan pihak militer.
Sistem Politik Anarki
Adapula jenis sistem politik di banyak sekali negara yang bersifat anarki. Kata anarki berdasarkan pendapat Alexander Wendt mempunyai arti seluruh aktivitas yang dilakukan negara. Maka dari itu sistem ini hanya berlaku dalam negara saja dan tidak berlaku secara internasional. Sistem politik anarki ialah jenis sistem politik yang mempunyai prinsip anarki sehingga dalam negaranya tidak mempunyai pemerintah yang berdaulat dan tidak mempunyai pemimpin negara. Negara yang menganut sistem politik ini mempunyai kekuasaan yang bersifat koersif, tidak mempunyai kekuatan, menata pemerintahannya sesuai dengan sistem pada umumnya dan dalam negara ini aturan diberlakukan.
Baca juga : Pengertian Sistem Hukum dan Peradilan Nasional Lengkap
Sistem Politik Demokrasi
Selanjutnya terdapat jenis sistem politik di banyak sekali negara yang menganut aspek demokrasi. Sistem politik demokrasi ialah sistem politik yang mempunyai kesetaraan antara seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan bersama untuk kepentingan bersama dalam bernegara dan bermasyarakat. Dalam sistem politik ini, rakyat mempunyai hak untuk membuat, menentukan, mengembangkan, dan ikut berpartisipasi pribadi maupun perwakilan mengenai aturan yang berlaku. Sistem politik demokrasi mempunyai ciri khas yaitu terdapat wakil rakyat dalam organisasi pemerintah. Wakil rakyat tersebut mempunyai kiprah sebagai pengawas jalannya pemerintahan dan sebagai kaki tangan dalam penyampaian aspirasi rakyat dalam bentuk ekonomi, sosial, aturan maupun politik.

Sistem Politik Demokrasi Transisi
Jenis sistem politik di banyak sekali negara yang terakhir ialah sistem politik yang bersifat demokrasi transisi. Sistem politik demokrasi transisi ialah sebuah sistem politik yang terjadi secara transisi dari satu sistem pemerintahan ke sistem pemerintahan lainnya sehingga mempunyai sifat yang kurang stabil. Dalam sistem politik ini rangkaian orde pemerintahannya masih belum pasti. Negara yang mempunyai sistem politik ini maka akan kembali ke masa rezim otoriter, muncul sistem politik alternatif dan akan tercipta suatu sistem yang hampir sama dengan politik demokrasi. Terjadinya masa demokrasi sanggup dikemukakan oleh Rustow yang meliputi beberapa tahap menyerupai tahapan negoisasi atau kompromi, tahapan adaptasi atau habituasi antar peraturan yang bersifat demokratis dan tahapan polarisasi yang terjadi antara pemain politik baru.

Demilianlah klarifikasi mengenai pengertian dan jenis jenis sistem politik di banyak sekali negara dunia. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!