Home » , » 12 Pola Teks Perundingan Singkat Beserta Strukturnya

LIRIK LAGU : 12 Pola Teks Perundingan Singkat Beserta Strukturnya

12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya - Contoh perundingan ihwal jual beli, lingkungan masyarakat, dan pendidikan sangat umum kita jumpai di dalam kehidupan sehari hari. Teks perundingan sendiri yakni salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang bahasanya disesuaikan dari kata negotiation dari bahasa inggris. Contoh teks perundingan juga seringkali diasumsikan sebagai teks perundingan, hal ini terjadi bukan tanpa alasan melainkan baik dalam teks perundingan dan teks perundingan sama sama mempunyai arti musyawarah untuk mufakat.

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), perundingan mempunyai arti sebagai sebuah proses tawar menawar melalui adanya perundingan untuk memberi maupun mendapatkan dengan tujuan meraih janji bersama. Sehingga orang yang melaksanakan perundingan jual beli maupun perundingan lainnya disebut sebagai negosiator. Contoh teks perundingan singkat juga sanggup disebut sebagai obrolan negosiasi, mengapa dialog? lantaran sebuah perundingan hanya akan terjadi jikalau pesertanya dua orang atau lebih guna menuntaskan sebuah permasalahan. Penyelesaian duduk kasus melalui obrolan perundingan umumnya diawali dengan bertukar pikiran terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan mencari solusi dari permasalahan tersebut.
 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya 12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya
Contoh teks perundingan beserta strukturnya
Dari klarifikasi diatas sanggup kita simpulkan bahwa rujukan teks perundingan yakni sebuah obrolan yang terjadi antara satu orang dengan orang lainnya dan sedang membahas sebuah permasalahan baik jual beli maupun sebagainya, lantaran tidak sanggup diselesaikan sendirian maka dibutuhkan adanya orang lain untuk diajak bernegosiasi. Namun tidak selamanya sebuah obrolan perundingan akan menghasilkan sebuah janji bersama, dalam rujukan teks perundingan umumnya terdapat pro dan kontra antara masing masing negosiator.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas obrolan dan rujukan teks perundingan jual beli, tawar menawar, pendidikan, dan aneka macam obrolan perundingan lainnya yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Namun sebelum kita beranjak membahas rujukan teks perundingan ini ada baiknya kita juga mengetahui pengertian teks perundingan secara umum, ciri ciri teks negosiasi, kaidah kebahasaan teks perundingan dan struktur teks perundingan tersebut.

Pengertian teks negosiasi

Secara umum pengertian teks perundingan yakni salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang umum kita jumpai didalam kehidupan sehari hari, bentuk dan rujukan teks perundingan sanggup bermacam macam antara lain yakni proses jual beli dan tawar menawar yang umumnya memuat sebuah obrolan perundingan guna menemukan janji bersama antar kedua belah pihak. Tidak hanya sanggup terjadi antara dua orang saja, namun sebuah perundingan juga sanggup terjadi antara tiga orang, bahkan lima orang sekalipun.

Struktur teks negosiasi

Dalam sebuah rujukan teks perundingan jual beli singkat sekalipun kita akan menemukan struktur teks ini lantaran sama menyerupai jenis teks dalam bahasa indonesia lainnya, teks perundingan juga mempunyai struktur khusus yang membedakan jenis teks ini dengan teks lainnya. Adapun struktur teks perundingan yakni sebagai berikut :

  1. Orientasi : Bagian ini umumnya memuat kalimat atau obrolan pembuka. Biasanya salah satu negosiator akan mengucapkan salam untuk memulai proses negosiasi.
  2. Permintaan : Pada penggalan ini salah satu negosiator meminta suatu barang atau jasa kepada sang penjual (jika perundingan tersebut dalam konteks jual beli dan tawar menawar).
  3. Pemenuhan : Pada penggalan ini penjual memenuhi usul pembeli.
  4. Penawaran : Penawaran merupakan penggalan inti dari sebuah perundingan jual beli dimana pembeli berusaha menawar harga barang semoga lebih murah.
  5. Persetujuan : Persetujuan yakni penggalan dimana kedua belah pihak telah sepakat sehabis proses tawar menawar selesai.
  6. Pembelian : Adalah penggalan dimana pembeli tetapkan untuk melanjutkan transaksi jual beli atau tidak.
  7. Penutup : Umumnya dalam epilog perundingan kedua belah pihak akan mengucapkan terimakasih sekalipun proses perundingan gagal sebagai simbol penghormatan dan menandai perundingan telah selesai.

Ciri ciri teks negosiasi

Jika kita amati secara seksama, setiap rujukan teks perundingan singkat yang ada akan mengandung struktur khusus serta ciri ciri didalamnya. Ciri ciri ini sanggup kita jadikan sebagai parameter apakah sebuah obrolan termasuk dalam obrolan perundingan atau tidak. Adapun ciri ciri teks perundingan yakni :
  • Peserta percakapan atau obrolan terdiri lebih dari satu orang, sanggup dua atau lebih.
  • Mengarah pada suatu tujuan.
  • Memprioritaskan kepentingan bersamba dibandingkan individu.
  • Terdapat duduk kasus baik jual beli maupun lainnya.
  • Peserta perundingan mencari solusi bersama.
  • Menghasilkan janji perundingan antara kedua belah pihak.

Contoh teks perundingan singkat

Setelah kita mempelajari ciri ciri dan struktur teks negosiasi, maka simaklah teks perundingan yang telah kami sajikan dibawah ini dalam bentuk obrolan atau percakapan dua orang atau lebih. Contoh kali ini terdiri dari aneka macam tema dan persoalan yang mempunyai satu tujuan sama yakni berusaha memecahkan duduk kasus dengan melaksanakan negosiasi. Adapun tema yang akan kita bahas yakni rujukan teks perundingan jual beli dilanjutkan dengan rujukan teks tawar menawar sampai rujukan teks perundingan ihwal pendidikan dan lain sebagainya.

Contoh teks perundingan bisnis singkat
Berikut ini yakni rujukan percakapan perundingan bisnis beserta strukturnya ihwal peminjaman uang ke bank yang sanggup anda simak.

Costumer bank : "Selamat pagi ibu, silahkan duduk, dengan ibu siapa? ada yang sanggup saya bantu?"
Nasabah bank :  "Selamat pagi juga mbak, Terimakasih, nama saya rita"
Costumer bank : "Iya bu rita, ada yang sanggup saya bantu?"
Nasabah bank : "jadi begini mbak, saya ingin mengajukan sebah anjuran dukungan uang untuk perjuangan restoran saya yang baru"
Costumer bank : "Baik bu, sanggup saya lihat anjuran ibu?"
Nasabah bank : "Ini mbak, silahkan dilihat"
Costumer bank : "Sebenarnya anjuran yang ibu ejekan ini sangat bagus, saya tidak menemukan duduk kasus sedikitpun. Namun kami selaku pihak bank tidak sanggup memenuhi usul pinjalaman dana ibu sebesar 500 juta"
Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Nasabah bank : "Lalu kira kira bank sanggup memperlihatkan dukungan berapa ya mbak?"
Costumer bank : "Setelah saya hitung dengan teliti, kami menyanggupi maksimal 350 juga bu, dengan bunga 3%"
Nasabah bank : "Apakah tidak sanggup ditambah mbak? Usaha ini sebenernya sukses sekali. Pesanan catering ke restoran kami juga berasal dari luar daerah".
Nasabah bank : "Rencananya dana ini akan kami pakai untuk menambah kapasitas produksi dan pengemasan untuk memenuhi usul pesanan pelanggan yang makin hari makin banyak"
Costumer bank : "Baik bu, saya hitung dulu"
Costumer bank : "Sepertinya maksimal kami hanya menyanggupi 400 juta bu"
Nasabah bank : "Baik mbak, saya terima 400 juta dengan bunga bank 3%"

Dari rujukan teks perundingan singkat diatas sanggup kita simpulakan bahwa costumer bank memperlihatkan salam pembuka untuk mengawali negosiasi, kemudian nasabah mulai mengajukan usul berupa permohonan anjuran dukungan uang. Terjadilah proses diskusi tawar menawar ihwal janji dukungan dan diakhiri dengan penutup.

Contoh teks perundingan jual beli sinkat

Dalam rujukan kedua kali ini kita akan membahas rujukan percakapan perundingan jual beli singkat. Pada dasarnya obrolan jual beli yang mengandung unsur perundingan sanggup dengan gampang kita temukan dalam kehidupan serti pasar dikala kita hendak membeli barang dan sebagainya. Berikut yakni rujukan obrolan yang sanggup anda simak.

Penjual : "Pagi mas, silahkan mau cari apa?"
Pembeli : "Selamat pagi bu, saya mau beli gitar yang ini, berapa ya harganya?"
Penjual : "Itu gitar ibanez original mas, harganya 2 juta mas"
Pembeli : "Boleh kurang bu harganya?" 
Penjual : "Hmmm, gimana ya mas. Mas mau nawar berapa?"
Pembeli : "1,7 juta boleh bu?"  
Baca juga: 4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)
Penjual : "Waduh, tidak sanggup mas kalo harga segitu, soalnya ini gitar original mas"
Pembeli : "Hmm, kalau 1,75 juta boleh bu?" 
Penjual : "Harganya naikin dikit mas, 1,8 juta deh ibu lepas"
Pembeli : "Iya deh bu, 1.8 juta saya setuju. Bentar ya bu saya ambil uangnya"

Dalam rujukan teks perundingan jual beli tersebut kita sanggup melihat adanya tawar menawar yang menandai bahwa percakapan tersebut termasuk dalam percakapan perundingan yang menghasilkan janji bahwa gitar ibanez original dijual 1,8 juta sehabis melalui proses tawar menawar.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Tentang Pendidikan

Dalam rujukan kali ini kita akan membahas pendidikan. tepatnya perundingan ini terjadi di lingkup sekolah. Isi dari obrolan perundingan ini yakni percakapan antara ketua kelas dan wali kelas ihwal rencana stury tour dan wisata. Berikut ini yakni rujukan percakapan perundingan tersebut :

Wali kelas : "Andi?, bagaimana rencana kita study wisata ke hutan pinus biru? apa semua sahabat temanmu setuju?"
Ketua kelas : "Saya barusan sudah bicara dengan sahabat sahabat bu, kami baiklah study alam ke hutan pinus, cuma ada usulan untuk wisatanya ke pantai padawa saja bu"
Wali kelas : "Wah kenapa gitu?"
Ketua kelas : "Soalnya kalau di hutan pinus tidak ada tempat wisata yang menarik bu, yang ada cuma hutan sama rumah pohon saja"
Baca juga: Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya
Wali kelas : "Wah tapi andi, ibu sudah bilang rencana kita ini ke kepala sekolah. Dan dia juga sudah menyetujui"
Ketua kelas : "Iya bu, tapi kayaknya banyak yang tidak ikut bu kalau study dan wisatanya dilakukan di hutan pinus biru"
Wali kelas : "Waduh, gimana ya? soalnya ini ibu udah mempersiapkan semuanya ndi"
Ketua kelas : "Apa begini saja bu, biar saya sama sahabat sahabat yang lain nanti menghadap ke kepala sekolah untuk bercerita rencana kami"
Wali kelas : "Yasudah kalau begitu, segera menghadap dia dan laporkan hasil diskusinya sama ibu"
Ketua kelas : "Baik bu terimakasih"

Dari rujukan teks perundingan diatas sanggup kita simpulkan bahwa terdapat permasalahan ihwal tetapkan tempat tujuan study wisata yang akan dilaksanakan oleh sekolah. Terjadi proses perundingan dan tawar menawar ihwal tempat tujuan wisata.

Contoh teks perundingan dalam kehidupan sehari hari

Contoh percakapan perundingan kali ini akan membahas perundingan ihwal hal hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari. Untuk rujukan kali ini kita akan membahas obrolan perundingan antara tukang becak dan penumpang yang berkaitan dengan proses tawar menawar.

Penumpang : "Pak, ke pasar gede berapa?"
Tukang becak : "15 ribu mbak"
Penumpang : "wahhh mahal banget pak?, nggak 10 ribu aja pak?"
Tukang becak : "Aduh 10 ribu itu kemurahan mbak, kan pasar gede jauh"
Penumpang : "Iya deh pak saya tambahin 12 ribu gimana?"
Tukang becak : "Naikin jadi 13 ribu mbak"
Penumpang : "Oke deh pak, saya baiklah 13 ribu ke pasar gede ya pak"

Percakapan diatas sanggup kita sebut sebagai rujukan teks perundingan tawar menawar antara penumpang dan tukang becak lantaran pada dialognya mengandung percakapan yang pada dasarnya menawar tarif becak.

Pada dasarnya masih banyak sekali rujukan percakapan perundingan dua orang atau lebih yang sanggup kita jadikan sebagai rujukan teks perundingan singkat. Namun menyerupai yang saya katakan sebelumnya bahwa tidak semua percakapan sanggup disebuh sebagai negosiasi. Hal ini disebabkan lantaran rujukan teks perundingan pada umumnya mengandung kalimat kalimat penawaran yang pada pada dasarnya mengajak tawar menawar serta musyawarah untuk menuntaskan masalah

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!