Home » » 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar Dan Proses Terbentuknya

LIRIK LAGU : 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar Dan Proses Terbentuknya

10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya - Pengertian, jenis jenis dan proses terbentuknya awan intinya sangat gampang untuk dipelajari. Awan yaitu suatu massa yang tesusun atas sekumpulan tetasan air maupun kristal es yang terdapat di atmosfer. Hal ini disebabkan lantaran proses pengembunan atau memadatnya uap air yang tersebar di udara sesudah melampaui titik jenuh.

Terdapat 10 jenis awan beserta gambarnya yang sanggup kita pelajari, antara lain adalah Awan KumuloNimbus, Awan Kumulus, Awan NimboStratus, Awan Stratus, Awan StratoKumulus, Awan AltoStratus, Awan AltoKumulus, Awan SiroKumulus, Awan Sirus, Awan Sirostratus yang dibagi atas kategori ketinggiannya. Setiap jenis jenis awan tersebut mempunyai pengertian dan ciri ciri awan yang berbeda antara satu sama lain.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya

Setiap jenis jenis awan mempunyai ciri ciri dan proses terbentuknya awan pun juga berbeda antara satu sama lain. Pada dasarnya dikala kita melihat awan secara kasat mata akan terlihat mirip sekumpulan permen kapas berwarna putih di udara sehingga kita membayangkan bahwa awan bisa disentuk secara fisik. Namun sesudah membaca definisi atau pengertian awan secara umum pada paragraf pertama maka kita sanggup menyimpulkan bahwa awan tidak sanggup disentuh secara langsung, melainkan sanggup dirasakan. Perbedaan awan mulai dari pegertian, ciri ciri, proses pembentukan dalam jenis jenis awan akan menjadi materi yang kita bahas kali ini.

Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya

Untuk memahami materi ihwal awan, terlebih lagi ihwal jenis, ciri ciri awan dan proses pembentukan awan KumuloNimbus, Awan Kumulus, Awan NimboStratus, Awan Stratus, Awan StratoKumulus, Awan AltoStratus, Awan AltoKumulus, Awan SiroKumulus, Awan Sirus, Awan Sirostratus yang intinya telah dibagi menurut altitude (ketinggian), maka simaklah artikel dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Awan

Pengertian awan yaitu kristal kristal es yang terbentuk dari sekumpulan tetesan air yang tersebar di atmosfer. Terbentuknya awan merupakan proses yang disebabkan lantaran terjadinya pemadatan atau pengembunan uap air yang terdapat di udara sesudah uap tersebut melampaui titik jenuh.

Proses Terbentuknya Awan

Proses terbentuknya awan intinya tidak terlalu sulit untuk dipahami. Seperti yang kita ketahui, udara di sekeliling kita mengandung uap air. Ketika uap air ini berkembang menjadi titik titik air maka terbentuklah awan. Proses perubahan awan ini sanggup terjadi dengan cara:

Ketika udara panas maka uapp yang terkandung di udara akan menjadi lebih banyak lantaran air akan lebih cepat menguap. Udara panas inilah yang akan mengangkat uap air sehingga uap air sanggup naik tinggi ke atmosfer. Ketika uap air yang membumbung tinggi ke udara tiba di lapisan tertentu dengan suhu lebih rendah maka uap tersebut akan mencair dan membentuk awan yang tersusun atas molekul molekul titik air yang tidak sanggup dihitung jumlahnya.
Baca juga: 8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Jika proses terbentuknya awan berjalan, maka titik titik air didalam awan akan bertambah besar, dengan kata lain massa (berat) awan tersebut juga akan bertambah, Secara perlahan, gaya gravitasi bumi akan menarik awan tersebut jatuh ke bawah secara perlahan lahan. Dalam proses jatuhnya awan inilah titik titik air akan terus jatuh sembari berkumpul dan terbentuklah hujan.
Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)
Namun, dikala titik titik air bertemu dengan udara yang lebih panas, maka titik air tersebut akan menguap dan secara perlahan akan lenyap sehingga lenyap pula awan tersebut. Hal inilah yang menimbulkan bentuk awan selalu berubah ubah setiap menit bahkan detiknya. Kandungan air yang terdapat pada awan akan silih berganti mencair dan menguap secara terus menerus. Hal inilah yang menjadi penyebab selesai dari proses pembentukan awan tidak berkembang menjadi hujan.

Jenis Jenis Awan Beserta Gambarnya

Memang terlihat lebih gampang memahami jenis jenis awan dengan melihat gambar awan tersebut secara lebih spesifik. Hal ini akan menunjukkan citra secara detail ihwal karakteristik dan ciri ciri awan tertentu. Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, awan merupakan zat yang mempunyai bentuk dan sanggup dilihat bentuk fisiknya. Sebelum mengetahui jenis jenis awan dan gambarnya terlebih dahulu kita harus mengetahui ihwal jenis jenis awan menurut bentuknya. Terdapat 3 jenis awan jikalau ditinjau dari bentuknya:
  1. Awan Sirus : Awan sirus mempunyai bentuk ang halus dan berserat mirip halnya bulu angsa. Jenis awan sirus ini tidak menimbulkan terjadinya hujan.
  2. Awan Stratus : Awan stratus merupakan jenis awan yang tipis dan sanggup tersebar luas hingga menutupi langit dengan merata.
  3. Awan Kumulus : Jenis awan kumulus mempunyai bentuk dasar yang bergelombang, bergumpal gumpal dengan dasar yang horizontal. Awan ini merupakan jenis awan yang berbahaya untuk kegiatan penerbangan lantaran berpotensi menimbulkan badai.
Sesuai akad dari kongres internasional pada tahun 1802 yang diadakan di munchen, Jerman. Jenis awan dikelompokkan menjadi 4 jenis menurut ketinggiannya, yakni awan tinggi, awan rendah, awan sedang, dan awan vertikal.
1. Jenis Awan Udara Tinggi (Naik)
Kelompok awan tinggi terletak pada ketinggian antara 5000 meter hingga 15000 meter diatas dataran. Macam macam awan udara naik adalah:

Awan KumuloNimbus
Ketika mendengar nama awan kumulonimbus maka akan mengingatkan kita pada film yang berjudul "up" yang terkenal pada tahun 2010 kemarin. Awan kumulonimbus sendiri merupakan jenis awan yang menimbulkan terjadinya hujan topan disertai kilat dan guntur.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Kumulonimbus
Ciri ciri awan kumulonimbus sendiri berbeda dengan awan lainnya. Adapun ciri ciri awan ini yaitu sebagai berikut:
  1. Awan kumlonimbus terletak pada ketinggian 2000 hingga 16.000 meter.
  2. Awan berwarna gelap atau putih dan bisa menimbulkan hujan disertai dengan kilat dan guntur.
  3. Umumnya awan ini berkaitan erat dengan terjadinya badai, hujan deras, tornado serta petir.
Awan Kumulus
Awan kumulus yaitu jenis awan dengan ciri ciri fisik yang tebal dengan puncak awan yang tinggi, Umumnya awan ini akan terbentuk di siang hari akhir dari naiknya suhu udara. Ketika berhadap hadapan dengan matahari maka awan ini akan terlihat terang, namun jikalau hanya sebagian saja dari awan ini yang memperoleh sinar maka hanya sebelah saja yang menghasilkan bayang bayang berwarna kelabu.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Kumulus
Ciri ciri awan kumulus yang utama yaitu sebagai berikut:
  1. Terletak pada ketinggian antara 1000 meter dengan lebar awan hingga 1 kilometer.
  2. Awan kumulus mempunyai ketebalan dengan puncak yang tinggi.
2. Jenis Awan Rendah
Kelompok awan rendah sendiri terletak pada ketinggian kurang dari 3 kilometer. Sedangkan kategori awan yang termasuk dalam jenis awan rendah yaitu sebagai berkut:

Awan NimboStratus
Awan NimboStratus yaitu jenis awan rendah yang mempunyai bentuk fisik tidak menentu, tidak beraturan dan berwarna putih kegelap gelapan dengan intensitas penyebaran yang cukup luas. Umumnya awan inilah yang menimbulkan gerimis.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Nimbostratus
Ciri ciri awan nimbostratus yang sanggup kita amati yaitu sebagai berikut:
  1. Awan nimbostratus berwarna putih gelap dengna penyebaran cukup luas di langit.
  2. Ketinggian awan ini berkisar antara 600 meter hingga 3000 meter.
  3. Awan ini hanya menimbulkan gerimis saja di Indonesia.
  4. Memiliki bentuk yang tidak menentu dan tidak beraturan.
Awan Stratus
Awan stratus termasuk kedalam kategori awan rendah dengan luas dan tinggi berada pada 200 meter. Memiliki bentuk dengan lapisan tebal melebar layaknya kabut. Pada dasarnya antara awan stratus dan kabut tidaklah berbeda.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Stratus
Ciri ciri awan stratus yang utama yaitu sebagai berikut:
  1. Memiliki lapisan yang melebar.
  2. Awan jenis ini terbentuk pada ketinggian yang rendah dan sangat luas.
  3. Umumnya awan ini terbentuk pada ketinggian kurang dari 2000 meter.
Awan StratoKumulus
Jenis awan rendah selanjutnya yaitu awan stratokumulus yang merupakan awan dengan bentuk ibarat bola, awan ini juga mempunyai lapisan tipis menutupi langit sehingga nampak mirip halnya gelombang laut. Awan stratokumulus merupakan jenis awan yang tidak menimbulkan hujan.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Stratokumulus
Sama mirip jenis jenis awan sebelumnya, awan ini juga mempunyai ciri ciri khusus. Ciri ciri awan stratokumulus yang sanggup kita amati yaitu sebagai berikut:

  1. Awan StratoKumulus umumnya berwarna putih kelabu yang terjadi dikala senja atau petang jikalau atmosfer sedang stabil.
  2. Berada pada ketinggian berkisar dibawah 2000 meter.
  3. Memiliki lapisan awan yang cenderung tipis sehingga tidak menimbulkan hujan.
  4. Awan StratoKumulus terlihat ibarat bola bola yang menutupi area langit sehingga dikala diamati secara kasat mata akan terlihat mirip gelombang.

3. Jenis Awan Menengah
Kelompok awan menengah terletak pada ketinggian yang bermacam macam tergantung pada iklim daerah tersebut. Umumnya daerah dengan iklim sedang akan muncul awan menengah pada ketinggian 2 hingga 7 kilometer, sedangkan pada daerah dengan iklim tropis awan ini akan terbentuk pada ketinggian 2 hingga 8 kilometer, dan daerah yang terletak di area kutub umumnya awan ini akan terbentuk pada ketinggian 2 hingga 4 kilometer. Macam macam awan menengah yaitu sebagai berikut:
Baca juga: Pengertian Sistem Koloid, Sifat dan Jenis Jenis Sistem Koloid
Awan AltoStratus
Awan jenis ini merupakan jenis awan yang cukup luas dengan warna cederung kelabu, sehingga menciptakan penampakan bulan maupun matahari akan terlihat terang.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Altostratus
Ciri ciri awan altostratus yang sanggup kita amati yaitu sebagai berikut:

  1. Awan ini terbentuk dikala menginjak senja maupun malam hari kemudian akan menghilang dikala matahari telah terbit.
  2. Awan altostratus mempunyai warna kelabu yang mencakup seluruh langit.
  3. Awan altostratus umumnya ditemukan pada ketinggian berkisar antara 2000 hingga 7000 meter.
  4. Awan ini berpotensi menghasilkan hujan jikalau mempunyai ketebalan yang cukup tebal.
Awan AltoKumulus

Awan altokumulus yang termasuk kedalam jenis awan menengah merupakan awan dengan bentuk kecil namun berjumlah banyak. Jika kita amati secara kasat mata maka akan terlihat mirip bola yang menggumpal dan tebal, berwarna putih pucat dengan sedikit belahan berwarna kelabu. Awan ini juga mempunyai sifat bergerombol (saling berdekatan satu sama lain).
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Altokumulus
Ciri ciri awan altokumulus yang sanggup kita amati yaitu sebagai berikut:

  1. Awan ini sanggup kita lihat dikala senja yang ditandai dengan warna kelabu atau putih.
  2. Awan altokumulus berukuran kecil namun berjumlah banyak.
  3. Ketinggian awan ini berkisar antara 2000 hingga 7000 meter.
  4. Umumnya akan berbentuk mirip bola tebal yang bergelombang dan berdekatan antara satu sama lain.
4. Jenis Awan Tinggi
Kelompok awan yang terakhir merupakan awan tinggi yang juga terletak pada ketinggian yang berbeda beda tergantung pada iklim daerah tersebut. Pada daerah dengan iklim tropis awan jenis ini akan terletak di ketinggian berkisar antara 6 hingga 18 kilometer, pada daerah beriklim sedang umumnya kelompok awan tinggi akan terletak pada ketinggian 5 hingga 13 kilometer, dan pada iklim kutub awan ini akan terletak pada ketinggian berikisar 3 hingga 8 kilometer. Jenis jenis awan yang tergolong dalam kelompok awan tinggi yaitu sebagai berikut:
Baca juga: Skema dan Proses Pembentukan Urine Beserta Gambarnya
Awan SiroKumulus
Awan ini merupakan jenis awan yang penuh dengan kristal kristal es dengan tekstur terputus putus dan berbentuk mirip kawanan domba.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Sirokumulus
Ciri ciri awan sirokumulus (Cirrocumulus) yaitu sebagai berikut:
  1. Memiliki tekstur putus putus dengan kristal kristal es didalamnya sehingga membentuk mirip kawanan domba.
  2. Terletak pada ketinggian berkisar antara 6 hingga 12 kilometer.
Awan Sirus
Awan sirus atau awan Cirrus merupakan jenis awan yang bertekstur halus dengan struktur ibarat serat layaknya bulu ayam atau burung. Awan ini tersusun dari lengkungan pita di langit sehingga membentuk dua titik horizontal yang slaing bertemu satu sama lain. Awan sirus juga merupakan jenis awan yang mengandung kristal es.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Sirus
Ciri ciri awan sirus (Cirrus) yaitu sebagai berikut:
  1. Awan ini ditiup angin timur.
  2. Awan sirus mempunyai warna putih.
  3. Awan sirus terdiri atas sekumpulan halbor air yang terbentuk lantaran dinginnya suhu di atmosfer.
  4. Jenis awan ini mempunyai tekstur yang halus mirip bulu burung, namun strukturnya akan terlihat mirip serat.
  5. Awan sirus terletak pada ketinggian diatas 5500 meter.
  6. Awan sirus (cirrus) tidak menimbulkan hujan.
Awan Sirostratus
Awan Sirostratus atau yang disebut juga dengan cirrostatus merupakan awan yang berbentuk ibarat kelambu berwarna putih halus dan rata yang umumnya menutup seluruh langit sehingga awan ini akan tapak cerah. Dalam beberapa kasus, awan ini juga akan nampak mirip anyaman yang mempunyai bentuk tidak teratur. Awan sirostratus juga sering menimbulkan fenomena hallo (Lingkaran) yang mengelilingi baik bulan maupun matahari.
 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya 10 Jenis Jenis Awan Beserta Gambar dan Proses Terbentuknya
Gambar Awan Sirostratus
Ciri ciri awan sirostratus (Cirrostratus) yaitu sebagai berikut:
  1. Awan sirostratus merupakan penyebab munculnya fenomena hallo (lingkaran) yang mengelilingi bulan maupun matahari.
  2. Fenomena hallo tersebut terjadi di demam isu kemarau.
  3. Awan ini terletak pada ketinggian berkisar diatas 6 kilometer.
  4. Awan sirostratus ini sulit untuk dideteksi keberadaanya. Namun keberadaan awan ini umumnya membuktikan datangnya udara panas.
  5. Awan ini mempunyai bentuk ibarat kelambu putih halus yang menutup permukaan langit sehingga nampak cerah maupun mirip anyaman.
Itulah klarifikasi ihwal 10 jenis jenis awan beserta gambar awan dan proses terbentuknya awan yang sanggup aku sampaikan kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini anda sanggup memahami macam macam awan beserta pengelompokan awan tersebut. Terimakasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!