Home » » Bagian Bab Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap

LIRIK LAGU : Bagian Bab Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap - Mikrometer sekrup merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur tebal, diameter luar dan panjang sebuah benda dengan ketelitian mencapai 0,01. Fungsi mikrometer sekrup hampir sama dengan fungsi alat ukur jangka sorong. Namun tingkat ketelitian dari mikrometer sekrup lebih baik sepuluh kali lipat bila dibandingkan dengan jangka sorong yang ketelitiannya hanya 0,1. Alat ukur mikrometer sekrup mempunyai bab belahan penting dengan fungsi masing masing. Bagian bab mikrometer sekrup tersebut mempunyai kegunaan untuk menunjang kinerja alat ukur itu sendiri. Fungsi bab mikrometer sekrup tersebut juga berbeda beda.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai macam macam alaf ukur Fisika beserta fungsinya. Salah satunya ialah mikrometer sekrup. Alat ukur ini mempunyai kegunaan untuk mengukur sebuah benda, baik diameter, tebal maupun panjang bendanya. Cara membaca mikrometer sekrup sanggup dilakukan dengan membaca bab skala utama dan skala vernier atau nonius. Bagian bab inilah yang perlu anda pahami dan ketahui. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas ihwal bab belahan mikrometer sekrup lengkap dengan fungsi bab mikrometer sekrupnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap

Dengan memahami mengenai bab belahan mikrometer sekrup dan fungsi bab mikrometer sekrupnya, maka kita sanggup dengan gampang memakai alat tersebut untuk mengukur sebuah benda. Sebelumnya saya akan menjelaskan fungsi mikrometer sekrup secara umum. Berikut fungsi dan kegunaannya:
  • Alat untuk mengukur ketebalan benda yang sangat tipis. Misalnya kertas, lempeng baja dan alumunium.
  • Alat untuk mengukur diamater benda yang sangat kecil. Misalnya kawat dan kabel.
  • Alat untuk mengukur garis tengah lubang suatu benda yang sangat kecil.
  • Alat untuk mengukur kedalaman lubang suatu benda yang sangat kecil. Misalnya pipa dan lain lain.
Baca juga : Macam Macam Alat Ukur Fisika Beserta Fungsi Lengkap
Mikrometer sekrup ini mempunyai bab belahan penting yang bermanfaat untuk mendukung pengukuran sebuah benda. Dibawah ini terdapat klarifikasi mengenai bab belahan mikrometer sekrup dan fungsi bab mikrometer sekrupnya.
Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap
Mikrometer Sekrup Beserta Bagian Bagiannya

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup mempunyai bab belahan yang berfungsi untuk mendukung proses pengukuran. Selain itu pengukuran juga dipengaruhi oleh keterampilan dari orang itu sendiri. Apabila seorang pengukur tidak memahami bab belahan alat ukurnya, maka hasil pengukurannya juga tidak sanggup akurat dan maksimal. Bagian bab mikrometer sekrup terdiri dari bab frame (bingkai), spindle (poros gerak), sleeve, anvil (poros tetap), thimble, ratchet knob dan lock nut (pengunci). Bagian tersebut mempunyai fungsinya masing masing. Berikut pejelasan mengenai fungsi bab mikrometer sekrup:

Frame (Bingkai)
Bagian mikrometer sekrup yang pertama ialah frame atau bingkai. Frame pada mikrometer sekrup mempunyai bentuk ibarat abjad U atau C. Frame tersebut berasal dari logam yang tebal dan tahan panas. Maka dari itu sanggup memudahkan pengukuran dan mengurangi peregangan. Frame pada mikrometer sekrup juga dilapisi oleh plastik sehingga ketika proses pengukuran, pentransferan panas menuju tangan insan sanggup diminimalisir.

Anvil (Poros Tetap)
Bagian mikrometer sekrup selanjutnya ialah anvil atau poros tetap. Fungsi bab mikrometer sekrup ini ialah untuk menahan benda yang akan diukur. Karena benda terletak di antara sindle dan anvil tersebut.

Spindle (Poros Gerak)
Bagian mikrometer sekrup selanjutnya ialah spindle atau poros gerak. Spindle tersebut merupakan silinder yang sanggup digerakkan menuju dan menjauh atau maju dan mundur ke arah anvil.
Baca juga : Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)
Lock Nut (Pengunci)
Bagian mikrometer sekrup selanjutnya ialah lock nut atau pengunci. Fungsi bab mikrometer sekrup tersebut yaitu sebagai penahan spindle supaya tidak sanggup bergerak ketika sedang mengukur sebuah benda.

Sleeve
Bagian mikrometer sekrup selanjutnya ialah sleeve. Sleeve yakni daerah diletakannya skala utama (satuan mm) dan berasal dari logam.

Thimble
Bagian mikrometer sekrup selanjutnya ialah thimble. Thimble yakni daerah diletakannya skala putar atau nonius (satuan mm) dan berasal dari logam. Thimble sanggup diputar dan pengukurannya lebih besar dibangdingkan sleeve.

Ratchet Knob
Bagian mikrometer sekrup yang terakhir ialah ratchet knob. Fungsi bab mikrometer sekrup tersebut yaitu sebagai pemutar spindle supaya mendekati benda yang akan di ukur. Penggunaannya cukup diputar searah jarum jam sampai terdapat suara klik sehingga poros gerak atau spindle sanggup lebih kencang. Ratchet knob ini biasanya diputar 2 - 3 kali supaya melekat dengan bendanya.

Sekian ulasan mengenai bab belahan mikrometer sekrup dan fungsi bab mikrometer sekrupnya. Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang sanggup mengukur ketebalan, panjang dan diamater luar sebuah benda. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!