Home » » 4 Jenis Limas Beserta Klarifikasi Dan Sifat Sifatnya Lengkap

LIRIK LAGU : 4 Jenis Limas Beserta Klarifikasi Dan Sifat Sifatnya Lengkap

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap - Limas yakni salah satu bangkit ruang Matematika. Bangun ruang ini sanggup kita jumpai disekeliling rumah bahkan bermanfaat pula untuk kehidupan manusia. Misalnya atap rumah yang berbentuk limas, bentuk menara, tower dan masih banyak lagi. Bangun limas juga dipakai untuk soal soal ujian sekolah. Maka dari itu setiap siswa dianjurkan untuk mengetahui rumus limas yang mencakup rumus volume dan rumus luas permukaannya. Bangun ruang ini sanggup dibagi menjadi beberapa jenis limas. Setiap jenis mempunyai sifat sifat limas yang berbeda beda.
 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap 4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Pada jaman dahulu, bangkit ruang limas dipakai sebagai bentuk piramida dikerajaan Mesir Kuno. Bentuk ini memang banyak dipakai sebagai bentuk atap rumah maupun bentuk piramida pada ketika itu. Maka dari itu tidak heran jikalau limas sering kita jumpai setiap hari. Nah kali ini aku akan menjelaskan wacana jenis jenis limas beserta klarifikasi dan sifat sifat limasnya lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian limas ialah benda ruang yang mempunyai sisi bidang segitiga dan mempunyai ganjal yang berbentuk segitiga, segiempat, segilima dan sebagainya serta mempunyai titip puncak yang berhimpitan. Adapula pengertian limas secara umum yaitu sebuah bangkit ruang yang mempunyai bidang atau sisi samping yang bentuknya segitiga serta mempunyai titik puncak. Dibawah ini terdapat klarifikasi jenis jenis limas beserta sifat sifat limas. Berikut ulasan selengkapnya.
Baca juga : 4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap

Limas Segitiga

 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap 4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Jenis limas yang pertama ialah limas segitiga. Limas segitiga merupakan bangkit limas yang alasnya mempunyai bentuk segitiga, baik segitiga siku siku, segitiga sama kaki, segitiga sembarang maupun segitiga sama sisi. Adapun sifat sifat limas segitiga yaitu sebagai berikut:
  • Limas segitiga mempunyai 4 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di klimaks dan 3 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 6 buah.
  • Memiliki 4 sisi, yaitu 1 sisi ganjal dan 3 sisi tegak.

Limas Segi Empat

 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap 4 Jenis Limas Beserta Penjelasan dan Sifat Sifatnya Lengkap
Jenis limas selanjutnya ialah limas segi empat. Limas segi empat merupakan bangkit limas yang alasnya mempunyai bentuk segi empat, baik belah ketupat, jajar genjang, persegi, persegi panjang, layang layang dan lain lain. Adapun sifat sifat limas segi empat yaitu sebagai berikut:
  • Limas segi empat mempunyai 5 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di bab puncak dan 4 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 8 buah.
  • Memiliki 5 sisi, yaitu 1 sisi ganjal dan 4 sisi tegak.
Baca juga : Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut Beserta Contoh Soal

Limas Segi Lima

Jenis limas selanjutnya ialah limas segi lima. Limas segi lima merupakan bangkit limas yang alasnya mempunyai bentuk segi lima, baik segi lima beraturan maupun segi lima sembarang. Adapun sifat sifat limas segi lima yaitu sebagai berikut:
  • Limas segi lima mempunyai 6 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di bab puncak dan 5 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 10 buah.
  • Memiliki 6 sisi, yaitu 1 sisi ganjal dan 5 sisi tegak.

Limas Segi Enam

Jenis limas yang terakhir ialah limas segi enam. Limas segi enam merupakan bangkit limas yang alasnya mempunyai bentuk segi enam, baik segi enam beraturan maupun segi enam sembarang. Adapun sifat sifat limas segi enam yaitu sebagai berikut:
  • Limas segi enam mempunyai 7 titik sudut, yaitu 1 titik sudut di bab puncak dan 6 titik sudut lainnya terletak di alasnya.
  • Limas ini mempunyai rusuk yang jumlahnya 12 buah.
  • Memiliki 7 sisi, yaitu 1 sisi ganjal dan 6 sisi tegak.
Sekian klarifikasi mengenai jenis jenis limas beserta sifat sifat limas lengkap. Limas merupakan salah satu bangkit ruang yang bidang sisinya berbentuk segitiga dan ganjal yang berbentuk segitiga, segiempat, segilima dan segienam. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!