Home » » 8 Produk Kerajinan Dari Materi Alam Beserta Contohnya

LIRIK LAGU : 8 Produk Kerajinan Dari Materi Alam Beserta Contohnya

8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam - Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Dengan sumber daya tersebut memperlihatkan manfaat yang cukup besar dalam pembuatan kerajinan alam. Produk kerajinan dari materi alam ini mempunyai banyak sekali inovasi, kreasi, dan bermacam-macam jenisnya sehingga banyak sekali masyarakat mancanegara yang menyukainya. Tidak hanya itu saja, produk kerajinan ini telah berubah menjadi sebuah alat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kerajinan dari materi alam ini menggunakan proses keterampilan tangan sehingga telah banyak diekspor ekspor keluar negeri. Dengan produk kerajinan yang telah dibuat ini menciptakan negara Indonesia menjadi negara eksportir terbesar didunia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas produk kerajinan dari materi alam. Langsung saja sanggup anda simak dibawah ini.

Produk Kerajinan dari Bahan Alam

Produk kerajinan dari materi alam ini dibuat dibeberapa wilayah di Indonesia. Namun setiap wiayah mempunyai proses pembuatan produk kerajinan yang berbeda beda. Setiap wilayah mempunyai produk unggulan yang sanggup dipakai untuk ciri khas wilayah tersebut. Perbedaan tersebut dikarenakan setiap tempat mempunyai sumber daya alam yang berbeda beda. Dibawah ini saya akan membahas beberapa materi alam yang sanggup di buat menjadi produk kerajinan beserta teladan dan pembuatan produknya.

Bahan Alam Tanah Liat

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Tanah Liat
Produk kerajinan dari materi alam yang pertama yakni produk kerajinan yang berasal dari tanah liat. Kerajinan dari materi alam ini biasa dikenal dengan kerajinan keramik. Keramik berasal dari bahasa Yunani yaitu "keramos" yang berarti sebuah benda yang terbuat dari materi lunak dan dibuat melalui proses pembakaran. Tanah liat mempunyai sifat yang plastis sehingga sanggup dibuat menjadi produk kerajinan keramik. Pembuatan produk kerajinan keramik ini melalui proses pembakaran dengan suhu 600-1300 derajat celcius. Pembakaran materi alam ini berfungsi untuk memadatkan, mengeraskan dan mengurangi kadar air dalam tanah liat. Produk kerajinan keramik ini banyak diproduksi oleh beberapa wilayah. Setiap wilayah mempunyai ciri khasnya masing masing. Mulai dari bentuk, keunikan produk, motif kerajinan hingga teknik pembuatannya juga berbeda.
Produk kerajinan dari materi alam ini mempunyai motif yang bermacam-macam dengan keunikan corak budayanya bahkan sanggup mengalahkan keindahan keramik dari Jepang, Eropa maupun China. Produk kerajinan keramik juga sanggup dibuat menggunakan materi alam berupa pasir, tanah liat, maupun feldspar. Keramik yang dibuat dari materi alam tanah liat ini mempunyai kandungan Kaoliniite, Illite, Montmorillinote, dan Halloysite. Berdasarkan kandungan tersebut menciptakan produk kerajinan tersebut mempunyai ciri yang berbeda beda. Ciri materi alam tanah liat yang bagus dipakai dalam pembuatan keramik yaitu mempunyai kandunagn plastisitas (mudah dibentuk), kwarsa, bahannya non plastik dan mempunyai fusibilitas (mudah dilebur).

Produk kerajinan dari materi alam ini menggunakan beberapa alat pendukung. Alat alat yang dipakai untuk menciptakan kerajinan keramik meliputi
  • Meja putar yang berfungsi untuk menciptakan keramik menjadi bentuk silinder.
  • Kayu penggiling yang berfungsi untuk melempengkan materi keramik.
  • Cetakan keramik berupa gips untuk menciptakan bentuk keramik.
  • Tali pemotong yang berfungsi untuk mengambil produk kerajinan keramik yang masih lembap dari meja putar. 
  • Pisau pahat berfungsi untuk menciptakan hiasan yang terdapat dalam keramik.
  • Sudip berfungsi untuk memperlihatkan hiasan pada keramik yang masih basah.
  • Butsir merupakan alat yang berfungsi untuk membantu proses pembentukan materi alam tanah liat ini.
  • Tungku pembakaran yang berfungsi untuk proses pembakaran keramik glasir maupun produk kerajinan tanah liat yang sudah kering.
Setelah membahas mengenai alat yang dipakai untuk menciptakan produk kerajinan dari materi alam ini. Kemudian saya akan membagikan beberapa teknik yang dipakai dalam proses pembuatan keramik. Berikut beberapa teknik dalam menciptakan keramik:
  1. Teknik Pijit Tekan, teknik ini merupakan teknik pembuatan produk kerajinan keramik secara manual. Tanah liat tersebut dipijit menggunakan jari jari tangan menjadi bentuk awal menyerupai bola kemudian dibuat menjadi bentuk bentuk yang diinginkan.
  2. Teknik Pilin, teknik ini juga dibuat secara manual untuk membentuk tubuh keramik. Caranya cukup menggulung tanah liat hingga membentuk menjadi sebuah pilinan tanah.
  3. Teknik Slab, teknik slab ini membentuk tanah liat menjadi sebuah lempengan menggunakan tangan langsung. Teknik ini merupakan sebuah teknik tradisional untuk membentuk keramik sesuai dengan keinginan. 
  4. Teknik Putar, teknik pembuatan keramik menjadi bentuk bentuk yang simetris menggunakan alat putar. Biasanya produk kerajinan keramik ini sering menggunakan teknik teknik ini. Bagi para pengrajin tradisional niscaya menggunakan alat putar ini baik menggunakan alat putar kaki maupun alat putar tangan. 
  5. Teknik Cetak, penggunaan teknik ini biasanya dipakai untuk memproduksi keramik dalam jumlah yang cukup banyak dengan motif dan ukuran yang sama. Dalam memproduksi keramik dalam jumlah yang banyak biasanya menggunakan cetakan gips dengan beberapa motif, baik motif jigger, motif tempel, motif padat maupun motif berongga. Banyak pabrik pabrik keramik yang menggunakan teknik ini untuk memproduksi produk kerajinan keramik berupa mangkok, gelas, piring, cangkir dan masih banyak lagi. 
  6. Teknik pres, teknik ini juga banyak dipakai oleh pengrajin pengrajin tradisional menyerupai pembuatan genteng, hiasan dinding, maupun tegel dinding dengan beberapa motif.
Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Produk kerajinan dari materi alam ini kemudian didinginkan menggunakan angin angin ditempat yang terbuka tanpa menggunakan sinar matahari langsung. Keramik yang telah kering kemudian dibakar menggunakan tungku pembakaran. Proses pembakarannya sanggup menggunakan kayu, gas, listrik maupun minyak tanah. Proses pembuatan motif pada produk kerajinan ini sanggup dilakukan dikala sehabis pembakaran pertama maupun dikala keramik masih dalam keadaan setengah kering. 

Pemberian motif pada produk kerajinan dari materi alam ini bertujuan untuk memperindah dan memperkuat kerajian tersebut. Anda sanggup merias keramik bakar ini menggunakan materi pewarna glasir. Glasir merupakan lapisan terluar pada sebuah keramik biasanya terlihat mengkilap. Apabila keramik dihiasi menggunakan glasir maka proses pembakarannya harus dua kali dan dilakukan secara khusus. Pembakaran pertama menggunakan suhu hingga 900 derajat celcius, kemudian dihias dengan glasir. Setelah itu dibakar kembali dengan suhu 1200 hingga 1300 derajat celcius. 

Bahan Alam Serat Alam

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Serat Alam
Selanjutnya terdapat produk kerajinan dari materi alam berupa serat alam. Di Indonesia masih banyak hasil hutan non kayu yang belum diperhatikan oleh pemerintah. Hasil tumbuhan ini menciptakan daya ekonomi semakin tinggi dan memperlihatkan lahan pekerjaan yang relevan. Bahan alam ini sanggup diubah menjadi beberapa produk kerajinan menyerupai topi, dompet, tempat lampu, tas maupun ganjal meja. Serat alam ini dibuat menjadi banyak sekali produk kerajinan dengan menggunakan teknik merajut, menganyam maupun makrame. Namun ada beberapa produk yang menggunakan teknik jahit maupun teknik tempel. Produk kerajinan dari serat alam ini sanggup dicegah biar tidak timbul jamur yaitu cukup direndam dengan natrium benzoat maupun zat pengawet serat alam lainnya.

Produk produk kerajinan dari materi alam ini sanggup diambil dari serat alam pada beberapa jenis tumbuhan. Dibawah ini terdapat beberapa jenis tumbuhan yang sanggup dibuat menjadi sebuah produk kerajinan:
  1. Eceng Gondok. Produk kerajinan dari materi alam ini sanggup diambil dari tumbuhan eceng gondok. Tanaman eceng gondok ini mempunyai serat alam yang berpengaruh sehingga cocok dipakai sebagai materi dasar berbegai jenis produk kerajinan. Sebelum diproduksi, materi alam ini dikeringkan terlebih dahulu kemudian dibuat menjadi beberapa kerajinan. 
  2. Daun Pandan. Daun pandan juga sanggup dibuat beberapa jenis produk kerajinan. Produk kerajinan dari materi alam ini belum terlalu terkenal dikalangan masyarakat. Namun semakin berkembangnya jaman, banyak pengrajin yang telah memanfaatkan materi alam ini sebagai materi kerajinan. Tidak sanggup dipungkiri bahwa pandan merupakan materi serat alam yang gampang dicari dan dimanfaatkan.
  3. Sabuk Kelapa. Tanaman ini mempunyai manfaat yang sangat besar sebab setiap bagiannya sanggup digunakan. Mulai dari akar hingga daunnya sanggup dimanfaatkan dalam pembuatan produk kerajinan dari materi alam. Bagian yang banyak dimanfaatkan oleh para pengrajin yakni pecahan serabut kelapa. Biasanya serabut kelapa ini sanggup dimanfaatkan menjadi beberapa produk kerajinan.
  4. Pelepah Pisang. Bahan alam ini biasanya hanya dianggap sampah oleh beberapa orang. Bahkan adapula yang membakarnya sebab hanya mengotori lahan saja. Namun pelepah pisang yang kering sanggup dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan lukis yang mempunyai daya jual tinggi dan nilai keindahan yang tinggi. Produk kerajinan dari materi alam ini sanggup menjadi wangsit bagi para seniman untuk memanfaatkan materi yang ada disekitar kita.
  5. Kulit Jagung. Produk kerajinan dari materi alam selanjutnya sanggup menggunakan serat alam kulit jagung. Banyak sekali orang yang belum memanfaatkan kulit jagung ini sebab hanya dianggap sampah. Bagian jagung yang satu ini sanggup diubah menjadi produk kerajinan yang mempunyai daya jual tinggi. Biasanya serat alam dari kulit jagung sanggup dipakai untuk menciptakan hiasan dinding maupun rangkaian bunga yang cantik. 

Bahan Alam Kayu

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Kayu
Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai sumber daya alam kayu yang cukup banyak. Sumber daya alam tersebut mempunyai jenis yang beragam. Bahan alam kayu ini sanggup dibagi menjadi beberapa jenis menyerupai kayu mahoni, kayu jati, kayu nangka, kayu sawo, kayu pinus, kayu kelapa dan masih banyak lagi. Produk kerajinan dari materi alam ini mempunyai banyak sekali variasi. Teknik pembuatan kerajinan dari kayu ini sanggup menggunakan beberapa teknik menyerupai bubut, tempel, sambung, strol, ukir, maupun pahat. Produk kerajinn yang berasal dari kayu sanggup disebut woodcraf. Bahkan kerajinan ini sudah banyak dikenal dari luar negeri. 
Di Indonesia terdapat beberapa tempat yang menciptakan produk kerajinan dari materi alam ini. Daerah tempat tersebut mencakup Bali, Papua, Jawa Tengah, Sulawesi maupun Kalimantan. Setiap tempat mempunyai ciri khas pembuatan kerajinan yang berbeda beda. Mulai dari teknik pembuatan serta motif yang dipakai juga berbeda. Setiap motif tempat mempunyai ciri khas maupun keunikan yang mempunyai makna dan nasihat sendiri sendiri. Di tempat Yogyakarta, Bali, Toraja, Cirebon, Jepara, Palembang, Kalimantan dan lain lain mempunyai motif ukir atau pahat yang unik.

Teknik pembuatan produk kerajinan materi alam ini cukup gampang yaitu terlebih dahulu anda menyiapkan materi dasar kayu. Kemudian materi kayu tersebut dipotong sesuai ukuran dan dikeringkan. Pemotongan tersebut juga sanggup menggunakan gergaji dan alat pahat. Kayu yang sudah diotong tadi kemudian dihaluskan dan dipahat sesuai keinginan. Anda sanggup menghaluskannya dengan amplas. Setelah jadi sebuah kerajinan kemudian diwarnai menggunakan cat khusus.

Bahan Alam Bambu

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Bambu
Produk kerajinan dari materi alam selanjutnya memanfaatkan bambu. Bambu merupakan materi alam yang sanggup dimanfaatkan menjadi kerajinan kerajinan yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Produk yang dihasilkanpun mempunyai nilai estetika yang tinggi. Bahan bambu ini sanggup diubah menjadi kerajinan yang mempunyai nilai kerumitan yang tinggi atau sederhana. Kerajinan kerajinan ini banyak dipakai ditoko toko, bank, spa, cottages, maupun butik sebagi interior dinding. Teknik yang dipakai dalam pembuatan produk ini yakni teknik sambung maupun teknik anyaman. Anyaman yang dibuat dinegara Indonesia mempunyai motif yang unik dan banyak dikenal dimanca negara.

Bahan Alam Kulit

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Kulit
Bahan alam ini memanfaatkan kulit kerbau, sapi, kambing, buaya dan lain lain. Produk kerajinan dari materi alam ini sanggup diubah menjadi beberapa produk yang unik dan mempunyai nilai jual tinggi. Bahan dasar kulit ini sanggup diubah menjadi kerajinan menggunakan proses yang sederhana. Kulit binatang tersebut dicuci kemudian dikeringkan dengan derma sinar matahari langsung. Setelah kering kemudian dihilangkan bulu dan kotorannya dengan cara digosok dan disayat dengan pisau. Setelah itu dicuci dengan higienis dan dikeringkan kembali. Kulit yang telah disamak ini kemudian diubah menjadi produk kerajinan menyerupai kipas, wayang kulit, aksesoris, tas, dan masih banyak lagi. Bahan alam ini juga sanggup dimanfaatkan menjadi produk kerjinan tas, dompet maupun sepatu. Biasanya para pengrajin kulit menggunakan teknik sungging, teknik jait, rekat, press dan pahat. 
Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater

Bahan Alam Logam

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Logam
Logam juga sanggup dimanfaatkan menjadi produk kerajinan dari materi alam. Logam yang sanggup dibuat kerajinan mempunyai beberapa jenis menyerupai besi, alumunium, perak, perunggu, kuningan, dan emas. Kerajian dari emas ini sanggup kita jumpa didaerah tempat Kalimantan dan Jawa. Sedangkan kerajinan dari materi perak sanggup kita jumpai didaerah Bali, Yogyakarta maupun Sumatera Barat. Bahan logam ini sanggup diubah menjadi produk produk kerajinan menyerupai nampan, teko, gelas, wadah maupun piala. Karena logam mempunyai materi yang keras maka menggunakan teknik bakar.

Bahan Alam Batu

 Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Produk Kerajinan dari Batu
Produk kerajinan dari materi alam selanjutnya memanfaatkan batu. Indonesia mempunyai jenis bebatuan yang bermacam-macam dan mempunyai banyak warna. Wilayah Kalimantan mempunyai jenis bebatuan yang sanggup dibuat kerajinan yang unik. Daerah Tulungagung juga mempunyai kerikil marmer yang sanggup diubah menjadi kerajinan yang indah. Selanjutnya wilayah Pacitan juga mempunyai kerikil mulia dengan warna dan benuk yang beragam. Produk kerajinan yang sanggup dibuat mencakup hiasan interior, hiasan ekterior, maupun hiasan dinding.

Demikianlah beberapa produk kerajinan dari materi alam yang sanggup saya bagikan. Manfaatkanlah produk produk alam sekitar biar mempunyai nilai estetika dan nilai jual yang tinggi. Semoga artikel ini sanggup menginspirasi anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!