Home » » Jenis Dan Sifat Sifat Materi Berserta Kegunaannya Lengkap

LIRIK LAGU : Jenis Dan Sifat Sifat Materi Berserta Kegunaannya Lengkap

Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap - Disekitar kita terdapat bermacam-macam benda dengan materi bahan yang berbeda. Benda benda tersebut juga mempunyai sifat yang berbeda. Ada benda yang mempunyai sifat lentur, keras, sanggup menghantarkan panas, lunak, kedap air, tidak kedap air maupun tidak sanggup menghantarkan panas. Sifat sifat materi dari benda itu mempunyai kegunaan yang berbeda pula. Maka dari itu benda benda yang terdapat disekitar kita terbuat dari materi yang tidak sama. Dalam pembuatan suatu benda, kita harus memperhatikan sifat materi dan kegunaan materi tersebut. Dengan pemilihan materi yang sesuai akan memperlihatkan pemanfaatan yang sesuai pula.
Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap
Benda benda yang terdapat disekeliling kita berasal dari materi yang tidak sama alasannya diubahsuaikan dengan sifat materi dan kegunaan materi tersebut. Contohnya meja mempunyai kegunaan untuk meletakkan membuatkan barang sehingga membutuhkan materi yang mempunyai sifat berpengaruh serta keras ibarat kayu. Mangkuk mempunyai kegunaan untuk menaruh masakan sehingga harus menentukan materi yang bersifat licin dibagian permukaannya dan kuat. Masih banyak lagi pola contoh benda yang berada disekitar kita dengan pemilihan materi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sifat sifat materi beserta kegunaan materi lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap

Benda yang terdapat disekeliling kita sanggup dimanfaatkan dan dipakai apabila mempunyai sifat materi yang sesuai. Misalnya benda yang terbuat dari plastik yang tahan air, dengan materi ini maka sanggup dibuat menjadi kawasan untuk menmpung air. Namun plastik mempunyai sifat materi yang tidak tahan terhadap api sehingga tidak cocok dipakai untuk pembuatan alat penggorengan maupun panci. Maka dari itu pembiasaan materi harus diperhatikan dengan seksama semoga sanggup berfungsi dengan baik. Di bawah ini terdapat beberapa sifat materi beserta kegunaan materi tersebut :

1.  Bahan tidak tembus air. Sifat materi tersebut tidak sanggup tembus air contohnya tanah liat yang telah dibakar, kaca, karet dan plastik. Dengan sifat tersebut air tidak sanggup masuk kedalam benda yang berbahan dasar tersebut. Kegunaan materi ini biasanya dipakai untuk menciptakan benda yang berkaitan dengan air.
2. Bahan yang sanggup menyerap air. Sifat materi selanjutnya sanggup menyerap air contohnya materi kaos, kain pel, kertas dan katun. Adapula benda ibarat buku pelajaran. Untuk materi pada bab sampulnya niscaya mempunyai materi yang berbeda dengan halaman halaman lainnya. Di bab sampulnya memang diberikan materi yang terlapisi dengan minyak maupun tahan air. Kegunaan materi ini semoga buku sanggup terlindungi dari air dan sebagainya.
3. Bahan lentur dan lembut. Sifat materi ini lebih lentur dan juga lembut, contohnya materi busa, kulit, katun, kapuk dan sutera. Kegunaan materi tersebut semoga nyaman saat dikenakan ditubuh.
Baca juga : Pengemasan dan Perawatan Kerajinan dari Bahan Lunak
4. Bahan keras dan kuat. Sifat materi keras dan berpengaruh dimiliki oleh materi kayu, logam dan batu. Kegunaan materi tersebut untuk menahan benda yang berat. Biasanya materi yang keras dan berpengaruh dibutuhkan untuk menciptakan bangunan, alat rumah tangga ataupun furnitur.
5. Bahan lentur dan keras. Sifat materi lentur dan keras dimiliki oleh materi per logam maupun karet. Kegunaan materi ini biasanya dipakai dalam mobil. Mobil tersebut sulit untuk tergelincir alasannya bab bannya terbuat dari materi karet. Bahan ban kendaraan beroda empat ini memperlihatkan cengkraman pada jalan dan sanggup menahan beban kendaraan beroda empat sehingga lebih tahan goncangan dan lebih aman.
6. Bahan yang transparan. Sifat materi ini lebih tembus pandang, contohnya kaca. Bahan tersebut juga sanggup dilalui oleh cahaya. Kegunaan materi ini yaitu untuk memudahkan kita semoga sanggup melihat keadaan dibalik materi tersebut.

Alat alat yang terdapat disekitar kita terbuat dari materi bahan yang tertentu. Dalam menentukan alat tersebut harus memperhatikan sifat materi dan kegunaan bahan. Sifat materi dan kegunaan materi yang sesuia sanggup memudahkan kita dalam bekerja. Sifat materi dalam sebuah benda tergantung pada susunannya. Sifat tersebut ibarat halus, kasar, kedap air, lentur, berpengaruh dan sebagainya. Berikut beberapa jenis materi berdasarkan jenisnya :

Logam
Bahan pertama yang sanggup dipakai dalam pembuatan benda yaitu logam. Logam mempunyai sifat materi yang tahan air, sanggup menghantarkan panas dan listrik dengan baik, gampang dibuat dan ditempa, sulit untuk dibakar, tidak lentur, keras, berpengaruh dan padat. Namun adapula logam yang berbentuk cair. Kegunaan materi cair ini untuk pembuatan termometer. Sifat materi logam ini juga sanggup dipakai unutk beberapa hal ibarat :
  • Untuk perhiasan, biasanya terbuat dari logam perak dan emas.
  • Untuk pembuatan alat alat pertanian alasannya mempunyai sifat materi yang sanggup dibentuk, keras dan kuat. Contohnya sabit, garpu, cangkul. 
  • Untuk menciptakan kabel tembaga alasannya mempunyai sifat yang sanggup menghantarkan listrik.
  • Untuk materi bangunan, jembatan maupun rumah alasannya mempunyai sifat materi yang tidak lentur, berpengaruh dan keras.
  • Untuk menciptakan alat dapur alasannya mempunyai sifat yang sanggup menghantarkan panas.
Plastik
Bahan selanjutnya yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu plastik. Plastik merupakan minyak mentah yang telah diolah. Plastik mempunyai sifat materi yang gampang dibakar, lentur, transparan/tembus pandang, materi isolator panas maupun listrik, kedap air, ringan, gampang dicetak maupun dibentuk. Berikut kegunaan materi plastik berdasarkan sifatnya :
  • Bahan utama untuk menciptakan wadah yang mempunyai sifat tahan air serta ringan. Misalnya kantong plastik, gelas maupun ember.
  • Bahan untuk pegangan alat dapur dikarenakan mempunyai sifat yang isolator terhadap panas.
  • Bahan utama untuk menciptakan mainan anak yang mempunyai sifat gampang dicetak maupun dibentuk.
Kaca
Bahan selanjutnya yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu kaca. Kaca merupakan materi yang berasal dari kerikil kapur, pasir silica ataupun bubuk soda. Sifat materi beling tersebut mencakup kuat, tidak sanggup menyerap air, transparan, padat, sanggup menahan panas, isolator dari materi panas maupun listrik, dan gampang untuk dipanaskan maupun dibentuk. Kegunaan materi ini berdasarkan sifatnya yaitu

  • Untuk menciptakan peralatan rumah tangga alasannya tahan panas, contohnya gelas dan piring.
  • Untuk materi pembuat beling jendela alasannya mempunyai sifat yang transparan atau tembus pandang.
Baca juga : 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Kayu
Bahan selanjutnya yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu kayu. Kayu bersumber dari flora yang terdapat disekitar kita. Sifat materi kayu ini mencakup kuat, keras, tidak tahan api, tidak tahan air, gampang untuk dibentuk, sebagai isolator listrik dan panas. Kegunaan materi kayu berdasarkan sifatnya yaitu :
  • Untuk materi pembuatan pegangan alat dapur alasannya mempunyai sifat yang tahan panas.
  • Untuk materi bakar alasannya mempunyai sifat yang gampang terbakar.
  • Untuk menciptakan rangka rumah alasannya mempunyai sifat berpengaruh dan keras.
  • Untuk materi pembuatan perabotan rumah tangga alasannya mempunyai sifat gampang dibentuk, berpengaruh dan keras.
Karet
Bahan selanjutnya yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu karet. Bahan karet bersumber dari getah lateks atau karet. Sifat materi karet mencakup tidak sanggup ditembus air, tidak tahan terhadap api, lentur atau lentur, sebagai isolator listrik dan panas, gampang meleleh dan kuat. Kegunaan materi ini berdasarkan sifatnya mencakup :
  • Untuk materi pembuatan peredam benturan alasannya mempunyai sifat yang lentur atau elastis.
  • Untuk materi pembuatan balon dan ban alasannya mempunyai sifat yang lentur atau elastis.
  • Untuk materi pembuatan pembungkus kabel alasannya mempunyai sifat yang isolator terhadap listrik.
    Benang
    Bahan selanjutnya yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu benang. Benang merupakan pemintalan tali halus yang berasal dari materi sintetis buatan maupun kapas. Kegunaan materi benang juga sanggup untuk menjahit. Benang tersebut sanggup dibagi menjadi beberapa jenis contohnya benang jahit, benang plastik, benang kasur dan sebagainya. Sifat materi ini yaitu tidak gampang untuk putus dan lebih lentur. Umumnya benang terbuat dari kapas sehingga sifatnya lebih berpengaruh dari pada benang yang terbuat dari nilon.

    Kain
    Bahan selanjutnya yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu kain. Kain berasal dari serat. Serat tersebut kemudian dipintal semoga menjadi sebuah benang. Benang tersebutlah yang kemudian djadikan menjadi sebuah kain. Bahan serat sanggup dibagi menjadi dua yaitu :

    1. Serat Alami. Serat tersebut berasal dari flora dan hewan. Untuk serat yang berasal dari flora berasal dari kulit batang rami, kapas, dan kapuk. Sifat materi serat ini yaitu lebih lembut, lentur dan sanggup menyerap air. Sedangkan serat dari binatang ibarat sutra dan wol. Sifat materi serat wol yaitu halus, sanggup menyerap air dan lebih hangat saat dikenakan.  Untuk serat sutera mempunyai sifat materi yang sangat halus dan kuat. Kegunaan materi tersebut sama yaitu menciptakan sebuah kain.
    2. Serat Sintetis. Serat sintetis berasal dari materi plastik. Sifat materi sintetis yaitu tidak nyaman dikenakan, tidak sanggup menyerap keringat, dan cepat kusut. Kegunaan materi sintetis yaitu untuk pembuatan pakaian yang berasal dari poliester maupun nilon

    Kertas
    Bahan terakhir yang sanggup dipakai untuk pembuatan benda yaitu kertas. Kertas berasal dari olahan kayu yang telah dibuat menjadi bubur kertas kemudian ditambahkan dengan kayu, jerami, sampah kertas, pepagan segar, dan kain. Sifat materi kertas ini yaitu gampang untuk dibakar, gampang menyerap air dan lebih halus. Kegunaan materi ini contohnya untuk mrmbuat kertas minyak, manila, kertas HVS, dan karton.

    Inilah beberapa sifat materi dan kegunaan materi yang sanggup aku bagikan. Ternyata berbagai benda benda yang berada disekitar kita dengan sifat dan kegunaan yang berbeda beda. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

    CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

    Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

    Tinggalkan Komentar Anda!!