Home » » Pintar Pelajaran Pencemaran Tanah : Pengertian, Penyebab, Dampak (Efek), Limbah, Contoh

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pencemaran Tanah : Pengertian, Penyebab, Dampak (Efek), Limbah, Contoh

Pencemaran Tanah : Pengertian, Penyebab, Dampak (Efek), Limbah, Contoh - Limbah rumah tangga ibarat sampah plastik yang sukar hancur, botol-botol, karet sintetis, potongan kaca, dan kaleng, merupakan penyebab pencemaran tanah. Sampah-sampah tersebut tidak sanggup diuraikan oleh kuman atau mikroba tanah. Karena bersifat racun, limbah-limbah tersebut sanggup juga mengakibatkan maut organisme tanah. Selain limbah rumah tangga, limbah pertanian ibarat sisa penggunaan pupuk buatan, pestisida, dan herbisida juga sanggup menyebabkan pencemaran tanah. Limbah-limbah tersebut sukar terurai dan dapat bertahan usang di dalam tanah, sehingga residu atau sisa limbah tersebut dapat membahayakan kehidupan organisme tanah. (Baca juga : Pencemaran Lingkungan)

Residu DDT di dalam tanah sanggup membunuh mikroba pengurai yang sangat penting peranannya bagi proses pembusukan, dan karenanya kesuburan tanah akan terganggu. Bila tanah yang terkotori tersebut tersiram air hujan, maka polutan di dalamnya akan larut dan akhirnya mencemari perairan. Kegiatan industri pertambangan juga sanggup menjadikan pencemaran tanah. Salah satu acara penambangan yang memiliki pengaruh besar mencemari tanah yakni penambangan watu bara, penambangan emas, besi, dan sebagainya. Penggunaan senyawasenyawa untuk memisahkan biji emas, contohnya merkuri (Hg), juga sangat membahayakan organisme yang tercemarinya.

Anda kini sudah mengetahui perihal Pencemaran Tanah. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!