Home » » Pintar Pelajaran Cara Hidup Dan Habitat Fungi

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Cara Hidup Dan Habitat Fungi

Cara Hidup dan Habitat Fungi - Cara hidup Fungi bervariasi, ada yang hidup secara soliter dan ada yang hidup berkelompok (membentuk koloni). Pada umumnya Fungi hidup secara berkelompok atau berkoloni, alasannya hifa dari jamur tersebut saling bersambungan atau berhubungan. Cara hidup ini dijumpai contohnya pada jamur tempe (Rhizopus oryzae), jamur roti (Mucor mucedo), dan Aspergillus flavus. Jadi, bila kalian melihat Fungi tersebut yang nampak ialah koloninya, sedangkan individu yang menyusunnya berukuran sangat kecil. Perhatikan Gambar 1. (Baca juga : Karakteristik Fungi)
jamur tersebut saling bersambungan atau bekerjasama Pintar Pelajaran Cara Hidup dan Habitat Fungi
Gambar 1. Koloni Aspergillus dalam cawan petri (Nature)
Habitat Fungi juga bermacam-macam. Berbagai Fungi hidup di tempat-tempat yang basah, lembab, di sampah, pada sisa-sisa organisme, atau di dalam badan organisme lain. Bahkan banyak pula jenis-jenis jamur yang hidup pada organisme atau sisa-sisa organisme di maritim atau air tawar. Fungi juga sanggup hidup di lingkungan asam, contohnya pada buah yang asam, atau pada pada lingkungan dengan konsentrasi gula yang tinggi, contohnya pada selai. Bahkan, Fungi yang hidup bersimbiosis dengan ganggang (lumut kerak), sanggup hidup di habitat ekstrim dimana organisme lain sulit untuk bertahan hidup, menyerupai di kawasan gurun, gunung salju, dan di kutub. Jenis Fungi lainnya juga dijumpai hidup pada tubuh organisme lain, baik secara benalu maupun simbiosis.

Anda kini sudah mengetahui Cara Hidup dan Habitat Fungi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!