Home » » Pintar Pelajaran Keanekaragaman Hayati Di Indonesia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Keanekaragaman Hayati Di Indonesia

Keanekaragaman Hayati di Indonesia - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di daerah tropis. Berada di antara dua benua, Asia dan Australia, merupakan negara kepulauan yang terdiri dari tujuh belas ribu pulau. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara megabiodiversitas di dunia, karena mempunyai keanekaragaman jenis hayati yang tinggi. Indonesia merupakan sentra keanekaragaman hayati yang kedua terbesar di dunia, yakni sehabis Brazil. Hutan hujan tropis kita kaya akan tanaman dan fauna serta mempunyai tingkat endemisme yang tinggi. Begitu pula de ngan kekayaan terumbu karang di bahari Indonesia yang merupakan pusat keanekaragaman yang tertinggi di dunia. Perkiraan jumlah spesies utama yang ada di Indonesia sanggup kalian lihat pada Tabel 1, mencakup mulai dari banyak sekali jenis mikrorganisme hingga mammalia. (Baca juga : Keanekaragaman Hayati)

Tabel 1. Perkiraan Jumlah Spesies Utama di Indonesia

Kelompok
Indonesia
Dunia
Bakteri, ganggang hijau-biru
300
4.700
Jamur
12.000
47.000
Rumput bahari
1.800
21.000
Lumut
1.500
16.000
Paku-pakuan
1.250
13.000
Tanaman berbunga
25.000
250.000
Serangga
250.000
750.000
Moluska
20.000
50.000
Ikan
8.500
19.000
Amfi bia
1.000
4.200
Reptilia
2.000
6.300
Burung
1.500
9.200
Mammalia
500
4.170
Sumber: KLH, 1989 dalam Moeljopawiro, 2001, hlm.4

Tingginya keanekaragaman hayati di Indonesia didukung oleh beberapa hal. Wilayah Indonesia terletak pada dua daerah biogeografi, ialah Oriental dan Australia, sehingga Indonesia memiliki sebagian kekayaan jenis hayati Asia dan sebagian jenis hayati Australia sebagai modal keanekaragaman jenis yang dimiliki. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak sekali tipe topografi yang dapat berfungsi sebagai penghalang perpindahan anggota berbagai jenis hayati atau mempunyai faktor alam yang khas sehingga memungkinkan terbentuknya anak jenis serta jenis gres dari modal jenis yang telah ada. Indonesia terletak di daerah tropik yang merupakan salah satu sasaran migrasi satwa dari belahan bumi utara serta belahan bumi selatan sehingga Indonesia menerima perhiasan kekayaan jenis hayati dari sikap migrasi.

Wilayah Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau dibagi menjadi 3 wilayah utama, ialah Indonesia bab barat, tengah, dan timur. Masing-masing wilayah tersebut mempunyai banyak sekali jenis makhluk hidup dengan persebaran yang khas. Misalnya, hutan di Kalimantan memiliki jenis tanaman yang paling banyak dibandingkan hutanhutan di daerah lainnya. Dengan demikian, kalian sanggup menemukan jenis tanaman tertentu yang tidak kalian temukan di luar Kalimantan. Sedangkan hutan-hutan di Jawa, Sunda, Sulawesi, dan Maluku merupakan daerah yang mempunyai tanaman lebih sedikit dibandingkan dengan hutan di Kalimantan. Bagaimana persebaran binatang dan tumbuhan selengkapnya? (Baca: Persebaran tanaman dan fauna)

Anda kini sudah mengetahui Keanekaragaman Hayati di Indonesia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!