Home » » Pintar Pelajaran Cara Fungi Memperoleh Masakan / Nutrisi

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Cara Fungi Memperoleh Masakan / Nutrisi

Cara Fungi Memperoleh / Mendapatkan Makanan / NutrisiFungi bersifat heterotrof, artinya tidak sanggup menyusun atau mensintesis kuliner sendiri. Fungi tidak mempunyai klorofil, sehingga tidak sanggup berfotosintesis. Fungi hidup dengan memperoleh makanan dari organisme lain atau dari bahan organik yang sudah mati. Untuk memenuhi kebutuhan makanannya, Fungi dapat hidup secara saprofit, parasit, dan simbiotik. Kebanyakan Fungi adalah bersifat saprofit. Fungi tersebut memperoleh makanannya dari bahan organik yang sudah mati atau sampah. Untuk memperoleh makannya, hifa Fungi mengeluarkan enzim pencernaan, yang sanggup merombak bahan organik, menjadi materi yang sederhana (anorganik) sehingga gampang diserap oleh Fungi. Fungi payung, ragi (Saccharomyces cerevisiae), dan jamur tempe (Rhizopus oryzae) termasuk dalam kelompok fungi ini. (Baca juga : Ciri-ciri Fungi)

Beberapa jenis Fungi, ada yang mendapat makanannya langsung dari badan inangnya. Fungi tersebut hidup sebagai benalu yang menyerang tumbuhan, biasanya mempunyai hifa khusus, yang disebut haustoria. Bentuk hifa tersebut sanggup menembus sel inang dan menyerap zat kuliner yang dihasilkan inang. Fungi benalu tersebut sering mengakibatkan penyakit pada tanaman, sehingga di bidang pertanian menyebabkan penurunan hasil panen. Pada manusia, Fungi juga menyebabkan penyakit, contohnya penyakit kaki atlit (athlete’s foot) dan penyakit panu.

Beberapa jenis Fungi ada yang membentuk korelasi simbiosis mutualisme dengan akar tumbuhan. Dalam hal ini, Fungi menyediakan materi organik bagi tumbuhan dan sebaliknya, Fungi memperoleh materi organik dari tumbuhan. Selain itu beberapa jenis Fungi ada juga yang bersimbiosis dengan ganggang hijau (Chlorophyta) atau ganggang hijau-biru (Cyanobacteria) membentuk lumut kerak atau Lichens. Perhatikan Gambar 1.

dari organisme lain atau dari bahan organik yang sudah mati Pintar Pelajaran Cara Fungi Memperoleh Makanan / Nutrisi
Gambar 1. Usnea florida. Photograph: Robin Crump/britishlichens.co.uk
Anda kini sudah mengetahui Cara Fungi Memperoleh Makanan / Nutrisi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!