Home » » Rumus Volume Limas Segiempat Dan Luas Permukaan

LIRIK LAGU : Rumus Volume Limas Segiempat Dan Luas Permukaan

Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan - Dalam pembahasan kali ini aku akan menjelasnya perihal rumus volume limas segiempat dan rumus luas permukaan limas segiempat. Rumus limas segiempat tersebut intinya hampir sama dengan rumus limas pada umumnya. Namun yang berbeda yaitu perhitungan luas ganjal dari limas itu sendiri. Hal ini dikarenakan limas segiempat mempunyai bentuk ganjal yang berbeda beda menyerupai jajar genjang, persegi, persegi panjang, dan sebagainya. Untuk itu cara menghitung volume limas segiempat dan cara menghitung luas permukaan limas segiempatnya harus diadaptasi dengan bentuk alasnya.
Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan
Limas Segiempat
Apakah anda mengerti apa pengertian limas itu? Lalu apa pengertian limas segiempat? Pengertian limas secara umum yaitu berdiri ruang yang mempunyai satu klimaks runcing dengan sisi samping berbentuk segitiga serta saling berhimpitan dan mempunyai bentuk ganjal bersegi n. Kemudian pengertian limas segiempat yaitu berdiri limas yang bentuk alasnya segiempat dan mempunyai klimaks meruncing dengan sisi samping yang berhimpitan dan bentuknya segitiga. Setiap bentuk ganjal limas segiempat ini akan menghipnotis rumus limas segiempatnya, baik rumus volume limas segiempat dan rumus luas permukaan limas segiempat. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan

Dalam pembahasan kali ini, aku akan membaginya menjadi beberapa sub sajian dalam rumus limas segiempat yaitu rumus volume limas segiempat dan rumus luas permukaan limas segiempat. Saya juga akan menjelaskan cara menghitung volume limas segiempat dan cara menghitung luas permukaan limas segiempat dalam bentuk referensi soal. Berikut klarifikasi selengkapnya:
Baca juga : Pengertian dan Rumus Standar Deviasi

Rumus Volume Limas Segiempat

Rumus limas segiempat yang pertama akan aku bahas yaitu rumus volume limas segiempat. Cara menghitung volume limas segiempat sanggup memakai rumus umum menyerupai di bawah ini:
Volume = 1/3 x Luas Alas x Tinggi
Selain rumus limas segiempat secara umum di atas. Saya juga akan membagikan beberapa rumus volume limas segiempat sesuai dengan bentuk alasnya. Kemudian aku akan membagikan referensi soal terkait cara menghitung volume limas segiempatnya.
Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan
Bentuk Bentuk Alas Limas
Karena ganjal limas terdiri dari beberapa bentuk, maka rumus volume limas segiempatnya juga berbeda beda. Maka dari itu aku akan menjabarkan rumus limas segiempat sesuai dengan bentuk alasnya. Dengan begitu cara menghitung volume limas segiempatnya lebih mudah. Berikut klarifikasi rumus rumusnya:

Limas Segiempat Alas Persegi Panjang
Volume = 1/3 x p x l x tinggi limas
Limas Segiempat Alas Belah Ketupat
Volume = 1/3 x 1/2 x d1 x d2 x tinggi limas
Limas Segiempat Alas Persegi
Volume = 1/3 x s x s x tinggi limas
Baca juga : Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam 
 Limas Segiempat Alas Layang Layang
Volume = 1/3 x 1/2 x d1 x d2 x tinggi limas
 Limas Segiempat Alas Jajargenjang
Volume = 1/3 x a x t x tinggi limas
Limas Segiempat Alas Trapesium
Volume = 1/3 x 1/2 (a + c) x t x tinggi limas
Agar anda lebih memahami rumus limas segiempat diatas (rumus volume limas segiempat). Maka aku akan membagikan referensi soal cara menghitung volume limas segiempatnya. Berikut referensi soal dan pembahasannya:

Contoh Soal
Sebuah limas yang bentuk alasnya persegi mempunyai sisi ganjal yang panjangnya 8 cm dan tinggi limasnya 24 cm. Hitunglah volume limas segiempat tersebut?

Pembahasan
Diketahui : sisi ganjal = 8 cm; tinggi limas = 24 cm
Ditanyakan : Volume = ?
Jawab :
Volume = 1/3 x s x s x tinggi limas
             = 1/3 x 8 x 8 x 24
             = 512 cm³
Makara volume limas segiempatnya yaitu 512 cm³.

Rumus Luas Permukaan Limas Segiempat

Rumus limas segiempat yang akan aku bahas selanjutnya yaitu rumus luas permukaan limas segiempat. Cara menghitung luas permukaan limas segiempat sanggup memakai rumus dibawah ini:
Luas Permukaan = Luas Alas + Luas Semua Sisi Tegak
Agar anda lebih memahami perihal rumus limas segiempat di atas (rumus luas permukaan limas segiempat). Maka aku akan membagikan referensi soal cara menghitung luas permukaan limas segiempatnya. Berikut referensi soal dan pembahasannya:
Baca juga : 1 Tahun Berapa Hari? Berikut Penjelasan Terlengkap
Contoh Soal
Perhatikan gambar limas segiempat di bawah ini!
Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan Rumus Volume Limas Segiempat dan Luas Permukaan
Gambar Contoh Soal Limas Segiempat
Apabila PQ panjangnya 18 cm dan TO mempunyai panjang 12 cm. Berapakah luas permukaan limas T.PQRS di atas?

Pembahasan
Diketahui : PQ = 18 cm; TO = 12 cm
Ditanyakan : Luas Permukaaan = ?
Jawab :
Pertama yaitu menghitung tinggi sisi sampingnya (segitiga TQR). Caranya memakai sistem phytagoras menyerupai di bawah ini:
TB² = OB² + TO²
       = 9² + 12²
       = 81 + 144
       = 225
 TB = √225 = 15 cm
Kemudian hitung luas permukaannya memakai rumus limas segiempat dibawah ini:
LP = Luas Alas + Luas Semua Sisi Tegak
      = (s x s) + (4 x 1/2 x a x t sisi samping)
      = (18 x 18) + (4 x 1/2 x 18 x 15)
      = 324 + 540
      = 864 cm²
Makara luas permukaan limas T.PQRS yaitu 864 cm².

Sekian klarifikasi mengenai rumus volume limas segiempat dan rumus luas permukaan limas segiempat. Untuk cara menghitung volume limas segiempat dan cara menghitung luas permukaan limas segiempat tersebut sanggup memakai rumus rumus limas segiempat di atas. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!