Home » » Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, Dan Kuarter)

LIRIK LAGU : Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, Dan Kuarter)

Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter) - Di dalam kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna. Segala sesuatu yang kita gunakan pun juga penuh dengan warna, contohnya rumah, perabotan, makanan, pakaian, lingkungan, rumah dan sebagainya. Dalam ilmu seni rupa, warna merupakan salah satu unsur seni yang cukup menonjol. Warna warna tersebut akan diserap oleh mata insan dengan wujud keindahan sehingga terciptalah warna warna merah, biru, kuning dan sebagainya. Warna ini sanggup dibagi menjadi beberapa macam. Lalu apa saja macam macam warna itu?
Di dalam kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter)
Macam Macam Warna
Warna telah hadir dalan wujud sebuah benda terlihat. Selain itu kehadiran warna juga dipakai untuk menyatakan suasana tabiat atau perasaan sebuah benda. Karena keberagaman warna sangat banyak, maka adapula yang menyebut warna terang, warna muda, warna redup, warna renta , warna cemerlang dan warna gelap. Nah pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan wacana macam macam warna, baik warna primer, warna sekunder, warna intermediate, warna tersier dan warna kuarter. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter)

Warna yakni sebuah pigmen yang mempunyai ciri khas sifat yang unik yaitu akan memantul jikalau disinari sesuai dengan sifat warna itu sendiri. Contohnya warna merah mempunyai sifat yang merah pula. Warna tersebut sanggup dibagi menjadi beberapa macam yaitu warna primer, warna sekunder, warna intermediate, warna tersier dan warna kuarter. Berikut klarifikasi macam macam warna tersebut:
Baca juga : 16 Pengertian Estetika Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

Warna Primer

Di dalam kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter)
Warna Primer
Macam warna yang pertama yakni warna primer. Warna primer yakni warna pokok atau pertama yang pembentukannya tidak disertai dengan warna lainnya. Warna ini dipakai untuk materi adonan pokok sehingga menghasilkan warna warna lain. Adapun jenis jenis warna primer yaitu:
  • Merah, yang bekerjsama mempunyai nama Magenta yakni merah semu ungu.
  • Kuning, yang bekerjsama mempunyai nama Yellow.
  • Biru, yang bekerjsama mempunyai nama Cyan yakni biru semu hijau.
Maam macam warna primer diatas sering disingkat CMY (Cyan, Magenta, Yellow) dalam dunia percetakan.

Warna Sekunder

Di dalam kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter)
Warna Sekunder
Warna sekunder (warna kedua) yakni warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer. Adapun beberapa macam warna sekunder diantaranya:
  • Orange/Jingga yaitu warna yang berasal dari adonan merah dengan kuning.
  • Hijau yaitu warna yang berasal dari adonan kuning dengan biru.
  • Ungu/Violet yaitu warna yang berasal dari adonan biru dengan merah.
Baca juga : Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Warna Intermediate

Di dalam kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter)
Warna Intermediate
Warna intermediate (warna perantara) yakni warna pada bundar warna yang letaknya diantara warna primer dengan warna sekunder. Adapun beberapa macam warna intermediate diantaranya:
  • Kuning Hijau (Yellow Green) yakni warna yang letaknya diantara kuning dengan hijau.
  • Biru Hijau (Blue Green) yakni warna yang letaknya diantara biru dengan hijau.
  • Biru Violet (Blue Violet) yakni warna yang letaknya diantara biru dengan violet/ungu.
  • Merah Violet (Red Violet) yakni warna yang letaknya diantara merah dengan violet/ungu.
  • Merah Jingga (Red Orange) yakni warna yang letaknya diantara merah dengan jingga.
  • Kuning Jingga (Yellow Orange) yakni warna yang letaknya diantara kuning dengan jingga.

Warna Tersier

Di dalam kehidupan kita tentunya tidak terlepas dengan adanya warna Macam Macam Warna (Primer, Sekunder, Intermediate, Tersier, dan Kuarter)
Warna Tersier
Warna tersier (warna ketiga) aialah warna yang berasal dari pencampuran antara warna primer dengan warna sekunder. Adapun macam macam warna tersier yaitu:
  • Coklat Merah yakni warna yang dihasilkan dari adonan warna merah dengan hijau.
  • Coklat Kuning yakni warna yang dihasilkan dari adonan warna kuning dengan ungu.
  • Coklat Biru yakni warna yang dihasilkan dari capuran warna biru dengan jingga/orange.

Warna Kuarter

Warna kuarter yakni warna yang berasal dari adonan dua warna tersier. Adapun macam macam warna kuarter yaitu:
  • Coklat jingga yakni warna yang berasal dari adonan merah tersier dengan kuning tersier.
  • Coklat ungu yakni warna yang berasal dari adonan biru tersier dengan merah tersier.
  • Coklat hijau yakni warna yang berasal dari adonan kuning tersier dengan biru tersier.
Selain macam macam warna di atas, adapula beberapa istilah yang dipakai dalam warna. Berikut klarifikasi mengenai istilah istilah warnanya:
Baca juga : Pengertian, Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa Dua Dimensi
Warna Netral
Warna netral yakni warna yang dipakai untuk menawarkan kesan warna terang serta menciptakan warna lain lebih gelap. Adapun macam macam warna netral yaitu hitam dan putih.

Hue
Hue yakni satu jenis kategori warna. Adapun macam warna hue yaitu merah hati, merah jingga, merah darah, merah terang, merah jambu, dan merah rose.

Value atau Gelap Terang
Value atau gelap terang yakni istilah warna yang dipakai untuk menyatakan tingkat terang dan gelap. Semakin tinggi valuenya maka warnanya akan semakin terang. Adapun macam warna value yaitu hitam (warna tergelap) dan putih (warna terterang).

Intensitas Warna (Intersity)
Intensitas warna (intersity) yakni tingkat kemuraman dan kecerahan sebuah warna. Warna muram yakni warna yang tidak bersinar atau muram. Sedangkan warna cerah yakni yang bersinar cerah atau spot light.

Kontras
Kontras yakni istilah warna yang membedakan antara dua macam warna atau lebih dengan hue masing masing.

Komplementer (Complement)
Komplementer atau complement yakni dua warna pada bundar warna yang saling berhadapan. Adapun macam warnanya yaitu kuning dengan ungu, merah dengan hijau dan biru dengan jingga.

Monokrom (Monocrome)
Monokrom atau monocrome yakni istilah warna yang tergolong sejenis atau mempunyai hue yang sama. Adapun macam warna monokrom yaitu keluarga merah menyerupai merah jambu, merah hitam, merah muda, dan merah coklat.

Monoton (Monotone)
Monoton yakni istilah warna yang mempunyai nuansa yang senada atau sama. Contohnya warna gelap menyerupai biru tua, coklat dan hijau tua.

Analog
Analog yakni warna yang tidak berkomplementer dan tidak kontras. Misalnya warna biru yang berdekatan dengan warna ungu atau merah atau merah keunguan.

Sekian klarifikasi mengenai macam macam warna. Warna tersebut terbagi menjadi beberapa kategori yaitu warna primer, warna sekunder, warna intermediate, warna tersier dan warna kuarter. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!