Home » » Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf Yang Diturunkan Kepada Lima Nabi

LIRIK LAGU : Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf Yang Diturunkan Kepada Lima Nabi

Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi - Allah telah menurunkan suhuf kepada lima nabi. Selain itu Allah juga telah menurunkan kitab yang ditujukan untuk manusia. Banyak orang yang mengartikan suhuf dengan kitab itu sama. Hakikatnya suhuf dan kitab memang hampir sama tetapi terdapat beberapa perbedaan yang terdapat didalamnya. Kitab Allah tersebut telah dibukukan sedangkan suhuf belum dibukukan. Nah pada pembahasan kali ini aku akan menjelaskan wacana pengertian suhuf beserta jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.
Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi
Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi
Sebenarnya baik bahan pengertian suhuf serta jumlah suhuf yang diturunkan kepada Nabi sudah berbagai dibahas dalam pembelajaran Agama Islam di sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan rasa iman kepada Nabi dan Rasul Allah. Namun tidak ada salahnya jikalau kita membahas bahan wacana suhuf ini secara lebih mendalam.

Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian suhuf. Pengertian dari suhuf yang pertama adalah goresan pena wahyu yang disebarkan dalam beberapa media, misalnya watu dan pelepah. Adapula yang mengartikan suhuf sebagai goresan pena satu surah kitab kitab dari para nabi. Dalam kitab Allah menyerupai Al Qur'an terdapat suhuf yang jumlahnya 114. Selain itu adapula beberapa jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Suhuf tersebut ada dan tercantum dalam Surah Al A'la Ayat 18-19 yaitu:

إِنَّ هَٰذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَىٰ . صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ
Artinya:
"Sesungguhnya ini terdapat dalam suhuf suhuf yang dahulu, yaitu suhuf Ibrahim dan suhuf Musa."
Baca juga : Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur
Berdasarkan pengertian suhuf di atas terdapat klarifikasi bahwa suhuf ini berupa goresan pena satu surah dari kitab nabi. Didalam suhuf ini terdapat pedoman Allah SWT bagi kaum kaum nabi. Maka dari itu suhuf memilii kedudukan yang sama dengan kitab suci yang perlu kita imani. Dibawah ini terdapat beberapa jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi yaitu diantaranya:
  1. Sepuluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Adam A.S.
  2. Sepuluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Musa A.S.
  3. Tiga puluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim A.S.
  4. Tiga puluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Idris A.S.
  5. Enam puluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Syis A.S.
Selain pengertian suhuf dan jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi di atas. Adapula perbedaan dari suhuf dan kitab. Berikut beberapa perbedaannya yaitu:
  • Kitab berupa pedoman dan petunjuk Allah untuk diajarkan kepada insan dan diturunkan kepada para Rasul-Nya. Sedangkan Suhuf berupa wahyu Allah yang tidak wajib diajarkan kepada insan dan diberikan kepada para Rasul-Nya.
  • Kitab mempunyai isi yang lebih tepat dan lengkap dibandingkan dengan isi Suhuf.
  • Kitab dibukukan menjadi satu bentuk utuh yang berupa sekumpulan hafalan ataupun tulisan. Sedangkan suhuf tercatat dalam bentuk lembaran saat diturunkan sehingga tidak dibukukan.
Baca juga : Nama Nama Malaikat dan Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya
  • Kitab adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul dalam bentuk mukjizat berisi muamalah, akidah, syariah dan ibadah. Contohnya kitab Al Qur'an (Nabi Muhammad SAW), kitab Taurat (Nabi Musa A.S.), kitab Alkitab (Nabi Isa A.S.) dan kitab Zabur (Nabi Daud A.S.). Sedangkan suhuf adalah lembaran wahyu Allah berupa nasihat, kebanggaan dan zikir yang diturunkan kepada para Nabi.
Sekian klarifikasi mengenai pengertian suhuf beserta jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!