Home » » Kumpulan Puisi Keindahan Alam Dan Lingkungan Terbaru

LIRIK LAGU : Kumpulan Puisi Keindahan Alam Dan Lingkungan Terbaru

Kumpulan Puisi Keindahan Alam dan Lingkungan TerbaruApabila kita membahas wacana puisi tentunya tidak ada habisnya, sebab puisi mempunyai aneka macam macam pola dengan tema tema yang berbeda beda. Misalnya saja pola puisi keindahan alam dan pola puisi lingkungan tersebut. Banyak sekali kumpulan puisi keindahan alam dan kumpulan puisi lingkungan di buku buku ataupun di internet. Hal ini dikarenakan lingkungan dan alam merupakan daerah manusia, hewan, benda mati dan tanaman sanggup hidup di muka bumi ini. Bahkan dalam keberagaman makhluk hidup tersebut sanggup membuat ekosistem yang berbentuk rantai makanan.
Kumpulan Puisi Keindahan Alam dan Lingkungan Terbaru Kumpulan Puisi Keindahan Alam dan Lingkungan Terbaru
Puisi Bertemakan Keindahan Alam dan Lingkungan
Alam dan lingkungan tidak hanya sanggup dipakai untuk membuat wangsit inspirasi dalam membuat puisi. Namun kita sebagai penghuni bumi ini juga harus menjaga keindahan dan kelestarian dari alam beserta lingkungannya. Karena bila bumi beserta alam dan lingkungannya rusak, kita sebagai penghuni bumi akan menyesal nantinya. Selain itu tidak ada lagi kumpulan puisi keindahan alam dan kumpulan puisi lingkungan sebagai bukti karya anak bangsa. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa kumpulan pola puisi keindahan alam dan pola puisi lingkungan. Berikut ulasan selengkapnya.

Kumpulan Puisi Keindahan Alam dan Lingkungan Terbaru

Keindahan alam dan lingkungan sanggup diekspresikan melalui puisi. Kemudian didalam pola puisi keindahan alam dan pola puisi lingkungan tersirat sajak atau syair syair yang penuh perasaan dan menyentuh hati bagi para pembaca/pendengarnya. Untuk itu melalui kumpulan puisi keindahan alam dan kumpulan puisi lingkungan tersebut sanggup mewakili semua perasaan para penciptnya supaya kita sebagai insan sanggup terus menjaga alam dan lingkungan, bukan malah menghancurkan dan merusaknya.
Baca juga : 24 Contoh Puisi Lama dan Puisi Baru Terbaik
Mengingat pentingnya untuk menjaga alam dan lingkungan, maka banyak sekali sastrawan yang peduli dan menuangkan ide gagasannya melalui untaian puisi keindahan alam dan puisi wacana lingkungan. Contoh puisi wacana keindahan alam ini sanggup kita temukan dalam aneka macam karya sastra menyerupai buku, novel dan sebagainya. Saya telah merangkum beberapa puisi dengan tema keindahan alam dan lingkungan, silahkan simak dibawah ini.

Kumpulan Puisi Keindahan Alam

Hal pertama yang akan saya bagikan ialah pola puisi keindahan alam. Jenis puisi ini mempunyai tema yang sama yaitu alam yang indah. Puisi ini menceritakan wacana pentingnya menjaga dan melestarikan alam supaya tetap indah dan sanggup dinikmati hingga anak cucu kita nantinya. Adapun beberapa pola puisinya yaitu sebagai berikut:

"My Name is Alam"

Alam yakni namaku
Mulai dari saya kecil hingga dewasa
Aku populer dengan keindahannya
Aku juga selalu menemani makhluk hidup dimanapun dan kapanpun
Aku juga memperlihatkan udara untuk manusia

Aku juga populer sebagai daerah tinggal aneka macam jenis tanaman dan fauna
Mereka selalu beraktifitas ditempatku
Makan, minum bahkan tumbuh dan berkembang
Bagiku insan dan binatang yakni kawanku
dan Tumbuhan yakni pelengkapku

Penduduk penduduk bumi yakni prioritasku
Aku selalu memperlihatkan apa yang mereka butuhkan
Apa yang mereka perlukan ada di aku
Aku akan berusaha membuat bumi terus stabil
Namun saya juga perlu pemberian penduduk bumi

Jagalah aku, lestarikan aku
Jangan babat pohon pohonku
Jadikan saya prioritas kalian menyerupai yang saya lakukan
Aku hanya membutuhkan kasih sayang kalian
Bukan keserakahan kalian
Baca juga : 8 Puisi Ibu Sedih, Mengharukan, dan Ungkapan Sayang Untuk Ibu
Gunakan sumber dayaku untuk keperluan kalian
Jangan hancurkan saya demi keserahan
Karena semua energi, perhiasan dan kekuatanku hanya untuk kalian
Setelah apa yang saya lakukan
Jagalah aku, lestarikan aku
Hanya itu yang saya inginkan..

Dalam beberapa kasus, alam sering diartikan sebagai hamparan hutan hijau yang penuh dengan pepohonan atapun lingkungan yang masih belum tersentuh tangan insan sehingga sifat alaminya masih terjaga. Disamping pola puisi keindahan alam diatasn, saya juga telah menyiampakan puisi keindahan alam hutan yang berjudul hutanku. Berikut yakni pola puisi wacana hutan.

"Hutanku"

Setiap hari aaku selalu menyediakan udara bersih
Udara untuk penduduk bumi
Setiap pohon selalu saya rawat
Aku jaga
Aku lindungi
Karena tempatku hanya memenuhi mereka

Namun saya miris melihatnya
Ketika pohon pohon ditebanginya
Demi memuaskan keserakahannya
Apa daya yang harus saya lakukan
Semua jerih payahku telah hilang

Mereka kejam denganku
Hutanku yakni hutanmu
Tempatku yakni tempatmu
Mengapa kamu malah menghancurkanku
Binasaku yakni binasamu

Rawatlah aku
Jangan biarkan keserakahan merusakku
Letarikan aku
Buatlah saya supaya tidak gundul
Reboisasikan aku
Maka saya akan menyediakan udara yang banyak untukmu

Menjaga lingkungan dan alam supaya tetap lestari sangatlah penting untuk kelangsungan keindahan alam itu sendiri. Dari masalah inilah alhasil banyak penggagas alam yang menggalakkan program dan aktivitas yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk selalu merawat alam menyerupai melaksanakan penanaman pohon, menjaga kebersihan alam, menyebar poster spanduk dan sebagainya hingga ada yang membuat puisi keindahan alam dan puisi wacana lingkungan. Berikut ini yakni pola puisi singkat wacana keindahan alam dan pentingnya menjaga lingkungan.

"Rusaknya Alam"

Ada yang berkata harta yakni segalanya
Demi harta semua dilakukan
Termasuk merusak alam
Alam beserta keindahannya

Pohon pohon ditebang
Hewan binatang dimusnahkan
Hingga membuat tanah tandus
Mereka merusak segalanya
Membuat kekeringan di bumi terus melanda
Hingga kering kerontang

Kebakaran dimana mana
Asap dimana mana
Lapisan ozon semakin habis
Hingga semua terkikis
Sungguh membuat orang melihatnya menjadi miris

Apakah kalian sadar
Anak cucu kita akan menikmati apa?
Jika kesenangan singkat yang kalian inginkan
Apa yang mereka dapat?
Kesejukan alam? Tidak
Keindahan alam? Tidak
Rindangnya pepohonan? Tidak
Bahkan udara higienis sekalipun tidak ada

Tidakkah kalian sadar
Semakin banyak paru paru bumi yang kalian ambil
Semakin banyak pula nyawa makhluk bumi yang kalian ambil
Rusaknya alam ini
Adalah penentu rusaknya bumi ini

Kalian bergantung pada kami
Jagalah kami
Rawatlah kami
Lestarikan kami
dan Jangan biarkan kami mati
Demi anak cucu kita nanti

Kumpulan Puisi Lingkungan

Selanjutnya saya akan membagikan beberapa pola puisi lingkungan. Puisi bertemakan lingkungan ini menceritakan wacana bagaimana lingkungan sanggup lestari, terawat bahkan sanggup rusak. Adapun beberapa pola puisinya yaitu sebagai berikut:

"Desaku Alamku"

Desaku...
Desa daerah tingggalku
Sawah sawah menbentang dengan luasnya
Sepanjang mata memandang
Hanya tanaman hijau yang terlihat
Sungguh kenikmatan yang luar biasa
Baca juga : Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna)
Desaku alamku
Aku ingin semua tetap sama
Selalu indah saat saya memandang kalian
Kuingin alamku tidak rusak

Suara ayam dan burung berkicau menyambut mentari pagi
Suara jangkrik yang membuktikan tibanya malam hari
Kuingin terus mencicipi ini
Sampai saya bau tanah nanti

Desaku Alamku
Teruslah lestari
Biarkan saya dan yang lainnya menjagamu
Merawat dan menjagamu tetap utuh
Meski angin ribut keserakahan menghadangmu
Namun saya akan terus mendukungmu

Oh desa dan alamku
Damai, kondusif dan terus lestari

Lingkungan yang merupakan daerah kita hidup haruslah dijaga baik keindahan dan kebersihannya. Puisi wacana lingkungan dibentuk dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat supaya selalu menjaga lingkungan supaya tetap asri dan indah. Dan berikut yakni puisi keindahan lingkungan yang sanggup saya sampaikan.

"Indahnya Lingkungan"

Berjuta pesona untuk menggambarkan lingkungan
Keindahan sekitar yang tiada duanya
Kilauan mentari menambah keindahannya
Angin angin menambah kesejukannya

Lingkungan yang indah
Menggambarkan sikap para penduduknya
Ribuan makhluk hidup terus merawatnya
Mendukungnya
dan Terus melestarikannya

Indahnya lingkungan
Dapat mengusir aneka macam penyakit
Untuk para penduduk bumi
Salah satu penawar kerusakan bumi

Sebenarnya, masih terdapat banyak sekali kumpulan puisi keindahan alam dan puisi wacana lingkungan yang sanggup kita ambil hikmahnya. Untuk menemukan puisi wacana keindahan alam tersebut kita sanggup membacanya melalui buku karya sastra maupun browsing melalui media online menyerupai internet.

Sekian kumpulan pola puisi keindahan alam dan pola puisi lingkungan yang sanggup saya bagikan. Puisi bertemakan alam dan lingkungan ini merupakan wujud verbal dan perasaan semua orang supaya tetap menjaga, merawat dan melindungi alam beserta lingkungan sekitar. Dengan begitu alam dan lingkungan tetap asri dan terjaga.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!