Home » » Unsur Unsur Paragraf Beserta Macam Macamnya

LIRIK LAGU : Unsur Unsur Paragraf Beserta Macam Macamnya

Unsur Unsur Paragraf Beserta Macam Macamnya - Kata paragraf berdasarkan bahasa Yunani berarti "Paragraphos" yang artinya tertulis atau menulis. Paragraf merupakan sekumpulan kalimat utama dan kalimat penjelas yang didalamnya terdapat pandangan gres atau gagasan. Untuk menciptakan sebuah parangraf lengkap harus mempunyai unsur unsur paragraf lengkap. Selain itu adapula macam macam paragraf berdasarkan tujuannya. Sebuah paragraf juga harus memuat syarat dan bahasa yang telah ditentukan. Paragraf mempunyai beberapa unsur menyerupai topik, kalimat utama, kalimat penjelas, transisi maupun penegas. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana unsur unsur paragraf beserta macam macam paragraf berdasarkan tujuannya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.
Unsur Unsur Paragraf Beserta Macam Macamnya Unsur Unsur Paragraf Beserta Macam Macamnya

Unsur Unsur Paragraf Beserta Macam Macamnya

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai unsur unsur paragraf dan macam macam paragraf berdasarkan tujuannya. Berikut penjelasannya:

Unsur Unsur Paragraf

Unsur unsur paragraf dipakai untuk menciptakan paragraf yang baik dan benar. Sebuah paragraf yang lengkap mempunyai beberapa unsur pembentuk menyerupai topik, kalimat utama, kalimat penjelas, transisi maupun penegas.

Topik atau Gagasan Utama
Unsur paragraf yang pertama ialah topik atau gagasan utama. Topik atau gagasan utama ialah unsur penting dalam paragraf alasannya yaitu citra dari keseluruhan isi dalam sebuah paragraf. Topik paragraf sanggup berupa gagasan pengarang maupun suatu duduk masalah yang ingin disampaikan kepada pembaca. Dengan adanya gagasan utama, para pembaca sanggup mengerti isi keseluruhan dari paragraf tersebut. Maka dati itu sebelum menciptakan paragraf, memang diharuskan untuk memilih gagasan utama terlebih dahulu.

Kalimat Utama
Unsur paragraf selanjutnya ialah kalimat utama. Kalimat utama berisi gagasan utama yang ditulis secara tersirat. Unsur pembangun paragraf ini bersifat umum alasannya yaitu masih sanggup diuraikan kembali menjadi kalimat kalimat penjelas.

Setiap paragraf mempunyai kalimat utama yang jumlahnya satu atau dua kalimat saja. Unsur paragraf ini terletak di bab awal paragraf, awal dan final paragraf, di tengah paragraf, serta di final paragraf. Berikut beberapa teladan kalimat utama dalam paragraf:

  • Kalimat Utama terletak diawal Paragraf (Paragraf Deduktif)
Mie ayam bu Eka sangat nikmat dan lezat. Kuah ayamnya sangat berasa dengan kaldu yang istimewa. Mie ayam ini berbeda dengan jenis mie ayam lainnya alasannya yaitu materi dasar dari mie tersebut sangat alami. Daging ayamnya juga banyak dan nikmat. Mie ayam ini ditambahkan dengan toping pangsit dan juga ceker ayam. Bu Eka juga menambahkan beberapa sayur sawi menyerupai mie ayam pada umumnya.

  • Kalimat Utama terletak ditengah Paragraf (Paragraf Ineratif)
Untuk mencapai kesuksesan kita harus berusaha. Selain itu segala hal yang ingin kita capai dan peroleh juga harus diimbangi dengan usaha. Doa tidak akan lengkap kalau perjuangan tidak dilakukan. Maka dari itu, perjuangan sangat penting untuk mencapai sesuatu hal. Tanpa usaha, hidup kita akan terus menyerupai itu saja. Bahkan banyak orang yang tidak mempunyai kemajuan alasannya yaitu kurang usaha.
  • Kalimat Utama terletak diakhir Paragraf (Paragraf Induktif)
Kunyit merupakan tanaman yang bermanfaat sebagai obat. Tanaman ini sanggup menyembuhkan penyakit maag, tifus, dan sebagainya. Selain itu, kunyit juga dimanfaatkan sebagai penyedap rasa pada makanan. Dengan adonan kunyit tersebut, masakan akan terasa asam namun tetap enak dan nikmat. Tanaman kunyit juga sanggup dipakai sebagai pewarna masakan yang alami tanpa mengandung dampak samping apapun. Kunyit tersebut akan menunjukkan warna kuning alami. Maka dari itu, kunyit sangat berkhasiat untuk kehidupan manusia.
Baca juga : 8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya
  • Kalimat Utama terletak diawal dan akhir Paragraf (Paragraf Campuran)
Ikan cupang merupakan ikan hias yang banyak digemari anak anak dan dewasa. Ikan ini mempunyai badan yang kecil dengan sirip siripnya yang indah. Tubuh kecil tersebut mempunyai warna warna yang bagus dan enak dipandang. Ikan cupang ada yang berwarna merah, biru, hitam, kuning dan masih banyak lagi. Ikan ini bergerak dengan anggun meskipun disebut sebagai ikan petarung. Ikan cupang akan bertarung dengan ikan cupang lainnya kalau diletakkan dalam satu wadah yang sama. Kecantikan ikan cupang terletak di bab badan dan siripnya. Siripnya mengibas dengan indahnya ketika berenang, Maka dari itu, banyak kolektor ikan yang mengkoleksi ikan cupang ini.

Kalimat Penjelas atau Kalimat Pendukung
Unsur paragraf selanjutnya ialah kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Kalimat pendukung ialah sebuah kalimat yang berisi gagasan penjelas. Kalimat tersebut berkhasiat untuk mendukung dan menguatkan gagasan utama dalam kalimat utamanya. Kalimat pendukung berisi opini, fakta, contoh, dan sebagainya. Kalimat penjelas dengan kalimat utama saling berkaitan satu sama lain. Dengan begitu akan tercipta paragraf yang baik dan koherence.

Transisi
Unsur paragraf selanjutnya ialah transisi. Transisi atau  konjungsi berkhasiat untuk menyusun kalimat kalimat dalam paragraf. Konjungsi tersebut sanggup dibagi menjad dua macam yaitu konjungsi intra kalimat dan konjungsi antar kalimat. Konjungsi intra kalimat merupakan kata yang dipakai untuk menyambung induk kalimat dengan anak kalimat. Misalnya kata "dan", "agar", "tetapi", "karena", dan sebagainya. Sedangkan konjungsi antar kalimat merupakan kata yang menyambungkan kalimat kalimat dalam paragraf. Misalnya kata "Oleh alasannya yaitu itu", "Disamping itu", "Lagi pula", "Namun", "Terlebih lagi", dan sebagainya.

Penegas
Unsur paragraf yang terakhir ialah penegas. Penegas merupakan jenis unsur yang tidak harus diletakan dalam paragraf. Hal ini dikarenakan dalam sebuah paragraf tidak semua memakai penegas. Penegas dalam paragraf berfungsi untuk menciptakan pembaca semoga tidak bosan dengan ceritanya, sebagai pengulang atau penegas gagasan utama dan menambah daya tarik paragraf tersebut.

Macam Macam Paragraf

Dibawah ini terdapat macam macam paragraf berdasarkan tujuannya. Berikut penjelasannya:
Paragraf Narasi
Macam paragraf yang pertama ialah paragraf narasi. Paragraf narasi ialah jenis paragraf yang menjelaskan sebuah insiden atau insiden tertentu dan ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Jenis paragraf ini dibentuk senyata mungkin semoga pembaca sanggup mengalami atau melihat secara pribadi insiden yang disampaikan oleh penulis.

Paragraf Deskripsi
Macam paragraf selanjutnya ialah paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi ialah jenis paragraf yang membahas panca indera manusia, lalu disajikan dalam bentuk goresan pena semoga pembaca seolah olah mencicipi pribadi jalan dongeng yang disampaikan oleh penulis.

Paragraf Argumentasi
Macam paragraf selanjutnya ialah paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi ialah jenis paragraf yang disertai dengan alasan dan bukti yang sanggup meyakinkan pembaca dan menyetujui apa yang disampaikan oleh penulis. Paragraf ini juga disertai dengan pendapat dari penulis.

Paragraf Eksposisi
Macam paragraf selanjutnya ialah paragraf eksposisi. Paragraf eksposisi ialah jenis paragraf yang berisi pengetahuan dan warta yang bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca.

Paragraf Persuasi
Macam paragraf yang terakhir ialah paragraf persuasi. Paragraf persuasi ialah jenis paragraf yang disertai dengan data tertentu sehingga sanggup menghipnotis pembaca. Dengan begitu, para pembaca sanggup mengikuti pendapat dari penulis.

Demikianlah klarifikasi mengenai unsur unsur paragraf beserta macam macam paragraf berdasarkan tujuannya. Untuk menciptakan paragraf yang lengkap harus memuat unsur unsur paragraf di atas. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!