Home » » Cara Menciptakan Magnet Dengan Induksi, Digosok Dan Elektromagnetik Lengkap

LIRIK LAGU : Cara Menciptakan Magnet Dengan Induksi, Digosok Dan Elektromagnetik Lengkap

Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap - Perlengkapan elektronik kini ini berbagai yang memakai magnet didalamnya. Pertama kali magnet ditemukan pada waktu 2000 tahun kemudian oleh Magnesia yang berasal dari Yunani. Pada awalnya bentuk magnet berupa watu alam yang bisa menarik benda benda logam. Dari sinilah awal terbentuknya magnet. Namun kini ini kita sanggup menciptakan magnet dengan beberapa cara ibarat cara menciptakan magnet dengan induksi, cara menciptakan magnet dengan digosok dan cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik.

Magnet sendiri mempunyai ciri ciri yaitu sanggup menarik benda benda yang terbuat dari logam, sanggup menawarkan arah kutub selatan dan utara bila digantung, akan tarik menarik bila dua kutub yang berbeda didekatkan, akan tolak menolak bila dua kutub yang sama didekatkan, mempunyai kutub kutub yang gaya tariknya besar, dan mempunyai dua jenis kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara. Nah kali ini saya akan membagikan cara menciptakan magnet dengan induksi, cara menciptakan magnet dengan digosok dan cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap

Magnet sanggup dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara menciptakan magnetnya. Jenis magnet yang pertama adalah magnet alam yaitu magnet yang berasal dari proses alamiah ibarat watu magnesium dan magnet bumi. Jenis magnet yang kedua adalah magnet buatan yang pembuatannya dilakukan secara sengaja. Magnet buatan sanggup berbentuk tabung/silinder, ladam/tapal kuda, batang, aksara U. dan magnet jarum. Magnet sanggup dibentuk memakai materi yang mengandung atom magnet ibarat besi ataupun baja.
Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal
Pada dasarnya magnet sanggup diperoleh dengan cara alami. Bahkan sanggup kita manfaatkan sehari hari, tetapi tidak banyak orang yang tahu cara menciptakan magnet buatan, baik sementara maupun permanen. Di bawah ini terdapat klarifikasi cara menciptakan magnet dengan induksi, cara menciptakan magnet dengan digosok dan cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik.

Cara Membuat Magnet Dengan Induksi

Cara menciptakan magnet yang pertama sanggup dilakukan dengan induksi. Apakah anda pernah menjumpai magnet berpengaruh yang didekatkan dengan beberapa paku? Setelah itu paku akan tertarik menuju magnet tersebut. Kemudian paku yang melekat tadi anda dekatkan dengan paku lainnya, apa yang terjadi? Paku yang melekat tadi akan menarik paku lainnya. Hal ini dikarenakan paku tadi akan mempunyai sifat kemagnetan meskipun paku sudah dilepas dari magnet.
Perlengkapan elektronik kini ini berbagai yang memakai magnet didalamnya Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap
Membuat Magnet Dengan Cara Induksi
Cara menciptakan magnet dengan induksi adalah mendekatkan sebatang besi/baja dengan sebuah magnet. Berikut cara membuatnya:

Alat dan Bahan:
  1. Satu statif
  2. Sebatang besi
  3. Sebatang magnet kuat
  4. Beberapa paku kecil ataupun jarum
Cara Membuat:
  • Tempatkan besi pada statif dengan arah vertikal.
  • Kemudian tempatkan beberapa paku/jarum di bawah besi tadi.
  • Jepit magnet dengan statif dan letakkan diatas besi tadi.
  • Perhatikan paku/jarum yang diletakkan di bawah besi tadi.
  • Apabila paku/jarum tertarik menuju besi tadi maka paku/jarum mempunyai sifat kemagnetan.
  • Setelah itu jauhkan magnet dengan besi tadi, maka dengan sendirinya besi akan kehilangan sifat kemagnetannya. Namun bila anda memakai baja maka tetap akan mempunyai sifat kemagnetan meski dijauhkan dari magnet.
Baca juga : Pengertian Konduktor dan Isolator Beserta Contoh

Cara Membuat Magnet Dengan Digosok

Cara menciptakan magnet selanjutnya sanggup dilakukan dengan digosok. Sebuah besi atau baja tidak sanggup menarik jarum atau benda benda logam lainnya bila tidak mempunyai sifat kemagnetan. Baja/besi tadi sanggup dibentuk supaya mempunyai sifat kemagnetan dengan cara menggosokkannya ke magnet. Berikut cara membuatnya:
Perlengkapan elektronik kini ini berbagai yang memakai magnet didalamnya Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap
Membuat Magnet Dengan Cara Digosok
Alat dan Bahan
  1. Sebuah magnet tetap
  2. Sebatang besi
  3. Beberapa paku kecil atau jarum
Cara Membuat:
  • Pegang magnet tetap dengan kuat.
  • Lalu gosokkan salah satu ujung magnet dipermukaan besinya dengan cara searah dan berulang ulang.
  • Lakukan cara tersebut selama 5 menit.
  • Setelah selesai, dekatkan besi pada paku kecil/jarum yang sudah disiapkan.
  • Apabila paku kecil/jarum melekat pada besi, maka besi tersebut mempunyai sifat kemagnetan.
Magnet yang digosok ke permukaan besi akan menciptakan besi tersebut bermetamorfosis magnet sementara. Jika magnet digosok semakin usang maka sifat kemagnetannya akan semakin bertahan usang pula. Besi sanggup dengan gampang bermetamorfosis magnet bila dibandingkan dengan baja. 

Sebatang besi sanggup mempunyai sifat kemagnetan alasannya didalamnya terdapat atom atom magnet yang dinamakan magnet elementer. Pada baja/besi susunan dan arah magnet elementer tidak teratur. Maka dari itu sesudah besi/baja digosok dengan magnet menciptakan magnet elementer tadi tersusun dengan teratur. Cara menciptakan magnet dengan digosok ini menciptakan arah magnet elementer pada besi/baja menjadi teratur. Oleh alasannya itu baja/besi sanggup menarik benda benda kecil yang terbuat dari logam alasannya mempunyai sifat kemagnetan.

Cara Membuat Magnet Dengan Elektromagnetik

Cara menciptakan magnet selanjutnya sanggup dilakukan dengan elektromagnetik (mengalirkan arus listrik). Kita sanggup menciptakan magnet dengan mengalirkan listrik DC (arus listrik searah) pada sebuah penghantar. Namun kita juga sanggup mengganti arus listrik DC menjadi arus listrik AC (arus bolak balik). Berikut cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik:
Perlengkapan elektronik kini ini berbagai yang memakai magnet didalamnya Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap
Membuat Magnet Dengan Cara Elektromagnetik
Alat dan Bahan:
  1. Sebuah paku yang panjangnya 5 cm.
  2. Dua baterai segala ukuran, baik D, C, AAA, ataupun AA.
  3. Kawat besi atau kabel kumparan.
  4. Beberapa paku kecil/jarum.
  5. Gunting
Baca juga : Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal
Cara Membuat:
  • Lilitkan kawat besi/kabel kumparan pada paku besi.
  • Apabila anda memakai kabel kumparan, maka kupas kedua ujungnya memakai gunting.
  • Hubungkan ujung ujung kabel tersebut pada kutub faktual dan negatif pada baterai.
  • Setelah selesai, dekatkan paku yang dililit tadi dengan paku kecil/jarum.
  • Maka dari itu paku kecil/jarum akan tertarik alasannya paku besi tadi mempunyai sifat elektromagnetik.
Elektromagnetik merupakan jenis magnet yang tergolong sementara. Hal tersebut dikarenakan sifat kemagnetannya akan hilang bila arus listrik diputus. Setelah itu paku akan terlepas atau jatuh. Untuk meningkatkan/memperbesar kekuatan elektromagnetiknya sanggup dilakukan dengan cara menambah jumlah lilitan pada paku besi maupun menambah jumlah baterainya. Kita sanggup memilih arah kutub magnet memakai cara di bawah ini:
Perlengkapan elektronik kini ini berbagai yang memakai magnet didalamnya Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap
Cara Menentukan Arah Kutub Magnet
Demikianlah klarifikasi mengenai cara menciptakan magnet dengan induksi, cara menciptakan magnet dengan digosok dan cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!