Home » » Pengertian Akuntansi Administrasi Berserta Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkupnya

LIRIK LAGU : Pengertian Akuntansi Administrasi Berserta Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkupnya

Sebelum membahas mengenai Akuntansi Manajemen, kita juga harus mengerti apa itu Akuntansi terlebih dahulu. Akuntansi mungkin memang sudah dipelajari pada dikala Sekolah Menengah kejuruan dulu, tetapi secara umum Akuntansi ialah ilmu yang mempelajari perihal pengukuran, penjabaran, dan pertolongan keputusan sebagai info yang bertujuan laporan keuangan yang membantu manajer, investor, otoritas pajak serta pihak pihak yang terdapat dalam perusahaan. Selanjutnya kita akan membahas mengenai akuntansi manajemen.
Setelah kita paham mengenai akuntansi, maka selanjutnya mari kita bahas mengenai akuntansi administrasi beserta fungsi, tujuan dan ruang lingkupnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak.

Pengertian Akuntansi Manajemen 

Akuntansi Manajemen ialah bab dari ilmu akuntansi mengenai laporan keuangan yang bersifat internal sehingga sanggup membantu pihak pihak yang berada didalam suatu perusaahan tersebut, menyerupai manajer produksi, manajer keuangan serta pihak pihak lain yang berada dalam perusahaan. Seseorang yang menjadi administrasi akuntansi didalam suatu perusaan maka ia akan dijadikan anutan dari perusahaan tersebut, dikarenakan info yang mereka berikan berupa panduan dalam mengambil kebijakan untuk masa yang akan tiba yang berdasarkan riwayat data maupun keuangannya. Didalam akuntansi administrasi juga terdapat proses pengukuran, identifikai, analisis, interpretasi bahkan komunikasi info yang bertujuan untuk merencanakan serta mengevaluasi  penggunaan sumber daya dari sebuah perusaan tersebut. Pengertian Akuntansi Manajemen secara umum merupakan sebuah info yang bersifat membantu didalam pengambilan keputusan perusahaan. Namun ada pula pengertian berdasarkan para ahli, yaitu akuntansi administrasi  adalah sebuah info keuangan yang berisi proses identifikasi, pengukuran, interpretasi dan komunikasi keuangan yang membantu pihak internal perusahaan maupun non administrasi perusahaan menyerupai pengambil keputusan mengenai saham, tubuh pengatur serta otoritas pajak.

Adapun perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan
Didalam perusaahan niscaya ada akuntansi administrasi maupun keuangan. Jika berlaku sebagai akuntan administrasi maka seseorang tersebut yang akan membantu sebagai penyedia info yang bersifat internal, sedangkan untuk akuntansi keuangan ialah info yang diberikan kepada pihak pihak ekternal menyerupai pihak investor, pemegang saham  serta pihak eksternal lainnya yang memiliki kepentingan dengan perusahaan tersebut.

Sebenarnya berdasarkan garus besar, akuntansi keuangan hanya menyajikan info keuangan secara garis besar saja, sedangkan akuntansi administrasi menyajikan info secara detail serta terperinci yang meliputi departemen, wilayah pemasaran produk suatu perusahaan, dan lain sebagainya.

Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Secara garis besar tujuan serta fungsi akuntansi administrasi yang paling utama ialah info yang diberikan terhadap pihak pihak dalam suatu perusahaan yang berlingkup pada pihak internal. Informasi tersebut berisi perihal perencanaan. pengarahan. pengorganisasian, penindaklanjutan, serta penilaian kinerjanya.

Informasi dari seorang akuntan yang berupa pendanaan modal, beban biaya serta modal lain yang terkait dengan kebutuhan perusahaan itulah yang menjadi info penting yang sangat diharapkan oleh Manajamer Keuangan. Manajer Produksipun juga membutuhkan info pula mengenai rincian harga atas materi pokok dalam sebuah produksi. Selain itu juga masih ada info informasi lain yang turut menunjang produktivitas kerja dalam  suatu perusahaan. Selain manajer keuangan dan manajer produksi, ada pula Manajer Pemasaran. Manajer Pemasaran juga membutuhkan info mengenai komponen seluruh harga jual, baik penjualan secara kredit maupun tunai, serta nilai tunai diskon untuk produk tertentu biar volume penjualan semakin meningkat. Adapun juga pihak yang tidak kalah penting dalam perusahaan yaitu pihak Top Manajemen. Pihak Top Manajemen ini membutuhkan info mengenai suatu anggaran yang diharapkan serta kebijakan investasi yang terkait dalam suatu perusahaan.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!