Home » » Rumus Perjuangan Dalam Fisika Beserta Pola Soalnya

LIRIK LAGU : Rumus Perjuangan Dalam Fisika Beserta Pola Soalnya

Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh SoalnyaDalam pelajaran Fisika terdapat bahan mengenai Gaya. Gaya tersebut berkaitan dengan perjuangan yang dilakukan. Nah perjuangan ini terjadi dengan banyak sekali faktor pendukungnya. Selain itu perjuangan yang dilakukan sanggup dihitung memakai rumus Fisika yang ada. Rumus perjuangan Fisika tersebut juga dipelajari ketika dibangku sekolah. Tidak heran jikalau dalam ujian sekolah terdapat salah satu soal yang berkaitan dengan perjuangan tersebut. Rumus yang dipakai untuk menghitung perjuangan dalam Fisika cukup gampang diingat dan dipelajari. Pengertian perjuangan dalam Fisika yaitu besarnya gaya yang dibutuhkan suatu benda untuk berpindah atau berubah posisi. Maka dari itu perjuangan yanh diberikan sanggup dipengaruhi oleh gaya, perjuangan negatif, dan perjuangan yang nilainya nol.
Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya
Rumus perjuangan fisika
Dikarenakan perjuangan dalam Fisika tersebut berkaitan dengan beberapa hal, maka rumusnyapun juga berbeda beda. Selain itu penggunaan perjuangan tersebut juga berbeda beda dan tidak sama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perihal rumus perjuangan dalam Fisika yang dipengaruhi oleh gaya, negatif dan nilainya nol. Selain itu saya juga menyertakan pola soal perjuangan dalam Fisika tersebut semoga anda lebih paham dengan bahan ini. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

Untuk klarifikasi mengenai rumus perjuangan dalam Fisika akan saya bagi menjadi beberapa sub hidangan yaitu rumus perjuangan yang dipengaruhi oleh gaya, rumus perjuangan negatif dan rumus perjuangan nol. Setiap sub hidangan akan saya sajikan dengan pola soalnya juga. Berikut ulasan selengkapnya :
Baca juga : Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap

Rumus Usaha Yang Dipengaruhi Gaya

Untuk rumus perjuangan dalam Fisika yang dipengaruhi oleh gaya sanggup dibagi menjadi dua kategori yaitu gaya yang sejajar dan searah dengan perpindahan benda maupun gaya yang membentuk sudut dengan perpindahan benda dikala gaya tersebut diberikan.

Rumus Usaha Jika Gaya Sejajar dan Searah
Seperti yang telah saya bahas di atas bahwa perjuangan dalam Fisika mensugesti gerak benda alasannya berkaitan dengan gaya yang dilakukan. Dengan begitu sanggup dikatakan bahwa perjuangan bernilai positif. Rumus perjuangan dalam Fisika ini cukup mengalikan gaya yang dilakukan dengan perpindahan bendanya. Jika disederhanakan akan menjadu rumus dibawah ini :
W = F x s
Keterangan :
W = Usaha (Joule)
F = Gaya (Newton)
s = perpindahan/jarak benda (meter)

Berdasarkan rumus perjuangan dalam Fisika diatas sanggup disimpulkan bahwa besar perjuangan 1 Joule sebanding dengan gaya yang dilakukan 1 Newton hingga menghasilkan perpindahan benda sejauh 1 meter. Adapula perjuangan yang dipengaruhi oleh massa, percepatan dan jarak benda. Maka dari itu untuk menghitung besar perjuangan yang dilakukan memerlukan rumus dibawah ini :
W = m x a x s
Keterangan :
W = Usaha (Joule)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan Benda (m/s)
s = Perpindahan/jarak Benda (meter)

Contoh Soal
Seorang siswa menggeser meja sejauh 3 meter. Jika gaya yang dipakai yaitu 5 Newton. Berapakah besar perjuangan yang dilakukan oleh siswa tersebut?
Baca juga : Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya
Pembahasan.
Diketahui : s = 3 m; F = 5 N
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = F x s
W = 5 x 3
W = 15 Joule
Kaprikornus besar perjuangan yang dilakukan oleh siswa tersebut yaitu 15 Joule.

Rumus Usaha Jika Gaya Membentuk Sudut
Selanjutnya saya akan membahas perihal rumus perjuangan dalam Fisika jikalau gaya membentuk sudut ketika diberikan kepada benda semoga sanggup berpindah. Berikut rumusnya :
W = F cos x s
Keterangan :
W = Usaha (Joule)
F = Gaya (Newton)
cos = besar sudut perpindahan
s = Perpindahan/jarak Benda (meter)

Contoh Soal
Sebuah lemari besar ditarik memakai gaya 120 Newton. Jika gaya tersebut membentuk sudut 60 derajat hingga berpindah sejauh 20 meter. Berapakah besar perjuangan yang dilakukan untuk menggeser lemari besar tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : F = 120 N; cos = 60 derajat; s = 20 m
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = F x cos x s
W = 120 x cos 60 x 20
W = 120 x 0,5 x 20
W= 1.200 Joule
Kaprikornus perjuangan yang dilakukan untuk menggeser lemari besar dengan sudut 60 derajat yaitu 1.200 Joule.

Rumus Usaha Negatif

Adapula rumus perjuangan Fisika yang nilainya negatif artinya perjuangan yang diberikan kepada benda mempunyai besar gaya yang berlawanan dengan arah perpindahan bendanya. Apabila disederhanakan akan menjadi rumus dibawah ini :
W = -F x s
Keterangan :
W = Usaha (Joule)
F = Gaya (Newton)
s = Perpindahan/jarak Benda (meter)
Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal
Contoh Soal Usaha Dalam Fisika
Adi mendorong kursi ke arah samping kanan dengan gaya 180 N sejauh 2 meter. Apabila kursi dan lantai mempunyai gaya gesek 2 N. Hitunglah besar perjuangan yang dilakukan dengan gaya gesek tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : F = 180 N; s = 2 m; Fg = 2 N
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = -F x s
W = -2 x 2
W = -4 Joule
Kaprikornus besar perjuangan yang dilakukan dengan gaya gesek tersebut yaitu -4 Joule.

Hasil penghitungan rumus perjuangan diatas bernilai negatif alasannya bendanya mempunyai arah dan perpindahan yang berlawanan. Maka dari itu, gaya gesek yang diberikan bernilai negatif.

Rumus Usaha Nol Dalam Fisika

Rumus perjuangan dalam Fisika ini tidak menciptakan benda berpindah ke posisi lain walaupun diberikan gaya yang cukup besar. Maka dari itu sanggup disederhanakan menjadi rumus perjuangan nol sebagai berikut :

Gaya Tegak Lurus dan Berpindah
W = F x s cos 90
W = F x s x 0
W = 0
Benda Tidak Melakukan Perpindahan
W = F x s
W = F x 0
W = 0
Contoh Soal
Ani mendorong lemari dengan gaya 300 N. Jika lemari tersebut tidak mengalami perpindahan, maka berapakah besar perjuangan yang dilakukan Ani?

Pembahasan.
Diketahui : F = 300 N; s = 0
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = F x s
W = 300 x 0
W = 0
Kaprikornus besar perjuangan yang Ani berikan yaitu 0 alasannya lemari tidak mengalami perpindahan.

Sekian klarifikasi mengenai rumus fisika perihal perjuangan dan kumpulan pola soal fisika perjuangan yang sanggup saya sampaikan. Rumus perjuangan ini berkaitan dengan gaya, perjuangan yang bernilai negatif dan perjuangan yang bernilai nol. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!