Home » » Pembagian Waktu Di Indonesia (Wib, Wit, Dan Wita)

LIRIK LAGU : Pembagian Waktu Di Indonesia (Wib, Wit, Dan Wita)

Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WIT, dan WITA) - Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di benua Asia Tenggara. Negara ini mempunyai besar luas sekitar 1,9 juta km², mulai dari 95⁰ Bujur Timur hingga 141⁰ Bujur Timur. Tidak heran jikalau terdapat pembagian waktu di Indonesia yang mencakup Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Timur (WIT), dan Waktu Indonesia Tengah (WITA). Selain itu pembagian zona waktu ini juga tercatat dan diatur dalam Keputusan Presiden atau Kepres No 41 Tahun 1987.
Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di benua Asia Tenggara Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WIT, dan WITA)
Negara Republik Indonesia merupakan negara yang luas dan terdiri dari pulau pulau serta aneka macam wilayah. Selain itu wilayah wilayah di Indonesia mempunyai perbedaan zona waktu yang sesuai dengan peraturan Kepres di atas. Lalu wilayah mana saja yang mempunyai zona waktu WIB, WIT, dan WITA? Bagaimana pembagian waktunya? Kali ini aku akan membahas wacana pembagian waktu di Indonesia, baik WIB, WIT, maupun WITA. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WIT, dan WITA)

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas bahwa pembagian waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga zona yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Timur (WIT), dan Waktu Indonesia Tengah (WITA). Hal tersebut juga telah disepakati dan diatur dalam Keputusan Presiden No 41 Tahun 1987. Berikut klarifikasi mengenai masing masing zona waktu yang terdapat di negara Indonesia.
Baca juga : Keadaan Iklim Indonesia Beserta Unsur dan Ciri Cirinya

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Pembagian waktu di Indonesia yang pertama ialah Waktu Indonesia Barat (WIB). Pembagian waktu ini terletak di garis 105⁰ Bujur Timur. Pulau pulau Indonesia yang tergabung dalam zona waktu ini yaitu Sumatera, Kalimantan bab Tengah, Kalimantan bab Barat, Madura, dan Jawa. Sedangkan untuk Provinsi yang termasuk kedalam zona waktu WIB mencakup Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Daerah spesial Yogyakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Nangroe Aceh Darussalam, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Bengkulu, Riau, Lampung, dan Jambi.
Pembagian waktu di Indonesia ini mempunyai perbedaan waktu satu jam dengan zona waktu bab tengah. Maka dari itu provinsi yang termasuk ke dalam zona waktu WIB berbeda satu jam dengan wilayah WITA. Tetapi untuk zona waktu WIT selisih dua jam dengan zona waktu WIB. Pembagian zona waktu di Indonesia mempunyai kesamaan dengan pembagian waktu Internasional. Maka dari itu WIB menyerupai Greenwich dengan selisih waktu 7 jam dengan zona waktu lainnya.

Waktu Indonesia Timur (WIT)

Pembagian waktu di Indonesia selanjutnya ialah Waktu Indonesia Timur (WIT). Pembagian waktu ini terletak di garis sepanjang 135⁰ Bujur Timur. Pulau Indonesia yang tergabung ke dalam zona waktu ini yaitu Pulau Papua dan Pulau Maluku. Sedangkan untuk Provinsi yang termasuk kedalam zona waktu WIT mencakup Papua Barat, Papua, Maluku, dan Maluku Utara. Perbedaan waktu antara WIT dengan WITA yakni selisih satu jam. Sedangkan perbedaan waktu antara WIT dengan WIB yakni selisih dua jam.
Baca juga : Raja Raja Yang Berkorban Untuk Bangsa dan Negara
Perbedaaan pembagian waktu di Indonesia tersebut menurut garus bujurnya. Hal ini menjadikan dibelahan dunia mempunyai zona waktu yang berbeda beda. Setiap 15⁰ Bujur Timur akan mempunyai perbedaan waktu 24 jam. Maka dari itu setiap wilayah di Indonesia mempunyai pembagian zona waktu alasannya yaitu letak bujurnya berbeda beda.

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Pembagian waktu di Indonesia yang terakhir ialah Waktu Indonesia Tengah (WITA). Pembagian waktu ini terletak di garis sepanjang 120⁰ Bujur Timur. Pulau pulau Indonesia yang tergabung ke dalam zona waktu ini yaitu Kalimantan bab Selatan, Kalimantan bab Utara, Kalimantan bagian Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), maupun Sulawesi. Sedangkan untuk Provinsi yang termasuk kedalam zona waktu WITA mencakup Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Pembagian waktu di Indonesia ini mempunyai perbedaan dengan zona waktu lainnya. Yang menbedakannya yaitu apabila di provinsi WITA pukul 9 pagi, maka di provinsi WIB menunjukkan pukul 8 pagi. Tetapi untuk provinsi WIT menunjukkan pukul 10 pagi. Dengan begitu sanggup disimpulkan bahwa WITA selisih 1 jam dengan WIB dan WIT.

Demikianlah klarifikasi mengenai pembagian waktu di Indonesia, baik WIB, WIT maupun WITA. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!