Home » » 20 Pola Kalimat Jawaban Dalam Diskusi Yang Baik Dan Benar

LIRIK LAGU : 20 Pola Kalimat Jawaban Dalam Diskusi Yang Baik Dan Benar

20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar - Dalam sebuah diskusi pastinya memerlukan sebuah balasan atau respon dari orang lain mengenai hal hal yang dibicarakan. Tanggapan tersebut sanggup berupa balasan positif maupun negatif. Namun terkadang balasan tersebut diungkapkan dengan kalimat yang kurang baik dan kurang benar. Apa tolong-menolong pengertian kalimat tanggapan? Bagaimana pola kalimat balasan dalam diskusi yang baik dan benar? Kalimat balasan ialah sebuah kalimat sambutan orang lain dalam bentuk komentar mengenai pernyataan yang sedang didiskusikan. Kalimat ini nantinya akan menghasilkan sebuah kesimpulan diskusi yang tentunya demi kepentingan bersama.
 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar 20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar
Contoh kalimat balasan diskusi yang baik dan benar
Arti kata balasan ialah sambutan terhadap sebuah ucapan, baik berupa komentar, kritik, saran dan lain lain. Dalam memberikan sebuah tanggapan, perlu kita perhatikan beberapa hal penting menyerupai tata tulis, metode, penyampaian, dan bahan yang ingin disampaikan. Bentuk dari kalimat balasan dalam diskusi ialah berupa kritikan, masukan, pertanyaan, perintah dan sebagaimya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa pola kalimat balasan dalam diskusi yang baik dan benar. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Untuk menghasilkan pola kalimat balasan dalam diskusi yang baik dan benar harus memperhatikan hal lainnya seperti:
  1. Kalimat balasan yang diberikan harus sesuai dengan bahan pembicara.
  2. Kalimatnya harus efektif.
  3. Penyampaian balasan harus urut.
  4. Penyampaian kalimat balasan harus santun.
Baca juga : Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi
Pada dasarnya memang terdapat aneka macam komponen dalam diskusi terlepas dari kalimat tanggapan. Seperto pola tanya jawab dan kritikan, Namun balasan sendiri memegang tugas penting dalam menjembatani interaksi yang terjadi dalam sebuah diskusi. Agar anda lebih paham mengenai jenis kalimat ini. Saya akan membagikan beberapa pola kalimat balasan dalam diskusi yang baik dan benar. Berikut beberapa contohnya:
  • Apa yang melatarbelakangi penelitian yang anda pilih ini?
  • Apakah populasi tolong-menolong sudah tergambarkan melalui sampel tersebut?
  • Jelaskan pedoman penelitian anda melalui kerangka teoritis tersebut!
  • Seharusnya, anda hanya cukup memberikan topik pembahasan dalam bentuk skema!
  • Kami merasa sampel yang anda berikan kurang lengkap.
  • Apa alasan anda menentukan topik penelitian ini?
  • Saya pikir, sampel yang anda berikan tidak bekerjasama dengan topik penelitiannya.
  • Daftar pustaka anda seharusnya ditulis dengan urutan yang benar.
  • Penjelasan yang anda sampaikan terlalu panjang. Seharusnya klarifikasi anda tersebut memakai kalimat yang efektif sehingga tidak membuang waktu.
  • Topik penelitian anda kurang spesifik, sehingga belum menjurus kepada apa yang anda observasi.
  • Saya baiklah dengan pendapat anda.
  • Penjelasan yang anda sampaikan sempurna sekali. Saya rasa semua itu telah menjelaskan apa yang terjadi di kalangan masyarakat kini ini.
  • Sebaiknya klasifikasi anda dilengkapi dengan pola yang berasal dari sudut pandang yang berbeda.
Kalimat balasan dalam diskusi tersebut sanggup berbentuk penjelasan, pembelaan, saran, ataupun penerimaan. Contoh kalimat balasan dalam diskusi yang baik dan benar sanggup memakai kata hubung menyerupai "Sebaliknya" maupun "Akan tetapi". Untuk kata hubung "Akan tetapi" berkhasiat untuk memberikan kalimat kontradiksi dengan keadaan yang sebelumnya telah dijabarkan. Sedangkan untuk kata hubung "Sebaliknya" berkhasiat untuk memberikan pendapat yang berkebalikan dengan pernyataan sebelumnya.

Di bawah ini terdapat pola kalimat balasan dalam diskusi yang baik dan benar lainnya yaitu:
  • Pihak kepolisian akan menindak tegas para pelaku korupsi. Akan tetapi, pelaku korupsi nampaknya tidak begitu memperdulikannya bahkan tidak terdapat imbas takut ataupun jera. Mereka justru melaksanakan korupsi terus menerus.
  • Masyarakat tidak menghiraukan insiden banjir yang setiap tahun melanda perkampungannya. Sebaliknya, mereka bahkan tetap membuang sampah pada anutan sungai.
  • Para Cagub dan Cawagub gencar melaksanakan kampanye disetiap kota. Bahkan mereka berlomba lomba untuk mengambil hati masyarakatnya dengan aneka macam cara. Akan tetapi, mereka kurang memperhatikan orang orang yang kehidupannya jauh dari kecukupan.
  • Para siswa tampaknya kurang peduli dengan nilai hasil ujiannya. Sebaliknya, mereka hanya membuang waktu untuk bermain game online ataupun main main saja.
Baca juga : Pengertian Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Contoh
  • Bencana banjir yang terjadi setiap tahun sanggup diatasi dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan. Selain itu juga diimbangi dengan tindak lanjut pemerintah biar banjir sanggup ditanggulangi. Akan tetapi, masih ada beberapa masyarakat yang terus membuang sampah sembarangan.
  • Pemerintah berniat untuk memberdayakan masyarakat yang kurang mampu. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan peraturan untuk tidak mengemis dan menawarkan uang kepada pengemis. Sebaliknya, masyarakat kurang memperdulikan peraturan tersebut dan tetap menawarkan uang kepada pengemis.
Pada dasarnya cara menawarkan balasan dalam diskusi haruslah disampaikan dengan baik dan benar. Hal hal yang harus diperhatikan dalam memberikan kalimat balasan diskusi yaitu tutur bahasa dan pemilihan kata harus sesuai, balasan mengandung beberapa elemen yang menjadi topik diskusi, dan lain sebagainya. Inilah beberapa pola kalimat balasan dalam diskusi yang sanggup saya bagikan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!