Home » » 18 Perbedaan Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

LIRIK LAGU : 18 Perbedaan Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap - Sebuah negara mempunyai status yang berbeda lantaran negara tersebut dibagi menjadi dua yakni negara maju maupun negara berkembang. Lalu apa perbedaan negara maju dan negara berkembang? Sebuah negara dikatakan maju kalau memenuhi kriteria tertentu yang berkaitan dengan kemajuan negara. Hal ini juga berlaku untuk negara berkembang. Dengan kata lain, sebuah negara dikatakan maju atau berkembang kalau memenuhi ketentuan/syarat tertentu.
 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap 18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap
Perbedaan Negara Maju dan Berkembang
Salah satu kriteria negara maju adalah tingkat perekonomian negaranya tergolong tinggi. Sedangkan untuk negara berkembang memilii perekonomian yang tergolong rendah. Bahkan perkembangan sebuah negara tersebut juga dipengaruhi oleh tingkat kesejahteraan dari rakyat negara itu sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana perbedaan negara maju dan negara berkembang lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap

Negara maju adalah julukan yang diberikan kepada sebuah negara yang mempunyai kriteria hidup tinggi, sistem perekonomian yang merata serta teknologinya canggih. Misalnya negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Jepang dan lain sebagainya. Negara yang tergolong maju biasanya berasal dari anggota Uni Eropa, namun adapula negara bukan anggota Uni Eropa yang termasuk negara maju. Berdasarkan pengertian tersebut, kita sanggup mengambil beberapa perbedaan negara maju dan negara berkembang.
Baca juga : Kebijakan Politik Pintu Terbuka Dalam Pemerintahan Hindia Belanda
Kemudian negara berkembang merupakan julukan yang diberikan kepada sebuah negara yang kriteria hidupnya rata bahkan rendah. Negara berkembang mempunyai infrastruktur yang kolot serta pendapatan penduduknya tergolong rendah. Misalnya negara India, Filipina, Indonesia, Thailand, Laos, dan lain sebagainya. Negara yang dikatakan maju biasanya sudah berhasil melaksanakan pembangunan sebuah negara, sedangkan untuk negara berkembang masih melaksanakan pembangunan negaranya sendiri. Dibawah ini terdapat beberapa perbedaan negara maju dan negara berkembang lengkap dengan penjelasannya. Berikut ulasan selengkapnya.

Perbedaan Tingkat Pendapatan Negaranya
Perbedaan negara maju dan negara berkembang yang pertama terletak pada tingkat pendapatan negaranya. Pendapatan negara tersebut sanggup disebabkan oleh beberapa faktor ibarat jumlah penduduk, tingkat pendapatan perkapita maupun luas wilayah negara tersebut. Negara yang dikatakan berkembang berjumlah 144 negara. Kemudian 95 negara diantaranya mempunyai jumlah penduduk 15 juta dan sisanya sebanyak kurang dari 5 juta penduduk. 

Perbedaan negara maju dan negara berkembang dalam hal tingkap pendapatan negara itu sendiri memang dipengaruhi oleh jumlah penduduknya. Semakin banyak penduduknya maka semakin banyak pembangunan yang harus dilakukan. Kualitas penduduk yang semakin baik akan mensugesti tingkat pembangunannya dan begitu pula sebaliknya. Pendapatan perkapita pada negara berkembang cenderung rendah, sedangkan pada negara maju cenderung lebih tinggi. Pendapatan perkapita pada negara berkembang sekitar $876 hingga $3.465, namun untuk kategori negara berkembang menengah mempunyai pendapatan perkapita sekitar $3.466 hingga $10,275. Sedangkan pendapatan perkapita negara maju lebih dari $10.726.

Perbedaan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada sumber daya insan (SDM) dan sumber daya alamnya (SDA). Kedua hal ini kuat terhadap ekonomi negara itu sendiri. Sebuah negara yang mempunyai perekonomian tinggi biasanya mempunyai potensi alam yang kaya dan bagus. Namun juga diimbangi dengan kualitas insan yang baik pula.
Baca juga : Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya
Perbedaan Latar Belakang Sejarah
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada latar belakang sejarahnya. Negara berkembang yang terletak di benua Afrika maupun Asia kebanyakan pernah dijajah oleh kolonial Eropa Barat. Akibat penjajahan tersebut menciptakan struktur pendidikan, perekonomian, forum sosial dan semacamnya sesuai dengan negara yang menjajah dulu.

Perbedaan Tingkat Pendidikan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat pendidikannya. Kebanyakan warga negara maju sanggup menulis dan membaca lantaran tingkat pendidikannya tinggi. Bahkan pihak pemerintah negara maju menjamin pendidikan dasar gratis untuk semua rakyatnya. Sedangkan negara berkembang mempunyai tingkat pendidikan yang rendah. Pendidikan yang masih rendah ini sanggup dipengaruh oleh kemudahan pendidikan yang kurang memadai, pendidikan dikalangan rakyat kurang merata, dan tidak adanya jaminan pendidikan dasar gratis. 

Perbedaan Laju Pertumbuhan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada laju pertumbuhannya. Laju pertumbuhan pada negara maju lebih rendah dibandingkan negara berkembang. Hal ini sanggup dilihat pada angka janjkematian dan angka kelahiran pada negara maju. Pada umumnya negara maju mempunyai masyarakat yang sadar akan sistem keluarga berencanan yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Hal ini dikarenakan masyarakat negara berkembang masih mempunyai akidah bahwa semakin banyak mempunyai anak maka rezekinya akan semakin banyak pula.

Perbedaan Kegiatan Perekonomian
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada aktivitas perekonomiannya. Untuk negara maju mempunyai aktivitas perekonomian yang berkaitan dengan bidang jasa maupun industri. Sedangkan negara berkembang mempunyai aktivitas perekonomian dalam bidang perikanan, pertanian, pertambangan maupun kehutanan. Negara berkembang tidak melaksanakan aktivitas perekonomian dalam bidang jasa dan industri lantaran teknologinya terbatas.

Perbedaan Tingkat Pengangguran
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat pengangguran penduduknya. Tingkat pengangguran pada negara maju tergolong rendah lantaran adanya peralihan tenaga kerja. Sedangkan untuk negara berkembang mempunyai tingkat pengangguran yang tinggi.

Perbedaan Tingkat Kesehatan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat kesehatan penduduknya. Tingkat kesehatan pada negara berkembang tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pendapatan/penghasilan rakyatnya juga rendah. Sedangkan negara maju mempunyai tingkat kesehatan yang tinggi lantaran pengasilannya juga tinggi. Selain itu tingkat kesehatan negara maju dan berkembang juga dipengaruhi oleh cita-cita hidup peduduknya. Harapan hidup penduduk negara maju biasanya diatas usia 70 tahun, sedangkan untuk negara berkembang hanya hingga 52 tahun saja.
Baca juga : Keadaan Iklim Indonesia Beserta Unsur dan Ciri Cirinya
Perbedaan Pemerataan Pendapatan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada pemerataan pendapatannya. Negara maju mempunyai pemerataan pendapatan dengan dukungan distribusi penghasilan yang merata. Maka dari itu masyarakat negara maju tidak terlalu terang dalam hal perbedaan orang kaya dan miskin. Sedangkan untuk negara berkembang mempunyai tingkat pemerataan pendapatan yang berbeda. Maka dari itu kesenjangan antara orang kaya dan miskin terlihat jelas.

Perbedaan Tingkat Kemiskinan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat kemiskinan penduduknya. Dalam hal ini sangat dipengaruh oleh tingkat kesenjangan dalam distribusi pendapatan dengan tingkat pendapatan nasionalnya. Apabila distribusi pendapatan sebuah negara merata maka tingkat kemiskinannya akan rendah. Namun kalau distribusi pendapatannya sudah tidak merata, maka tingkat kemiskinannya akan tinggi.

Perbedaan negara maju dan negara berkembang tidak hanya itu saja. Melainkan masih ada lagi beberapa perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang. Berikut beberapa perbedaan lainnya:
  • Pertanian negara berkembang dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya, sedangkan hasil pertanian negara maju diekspor dan dijual ke negara lain.
  • Tingkat ketergantungan alam.
  • Intensitas Mobilitas.
  • Sikap penduduknya yang mandiri.
  • Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.
  • Beban tanggungan penduduk bagi setiap rakyat.
  • Angka janjkematian dan kelahirannya.
  • Harapan hidup.
  • Tingkat Kriminalitas.
Demikianlah klarifikasi wacana perbedaan negara maju dan negara berkembang. Sebagai generasi muda sekarang, dibutuhkan mempunyai tingkat kemauan akan pendidikan yang tinggi. Dengan pendidikan tinggi tersebut akan mensugesti pembangunan negaranya supaya lebih baik lagi. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!