Home » » Cara Gampang Menghitung Komisi Pemberantasan Korupsi Beserta Pola Soal Terlengkap

LIRIK LAGU : Cara Gampang Menghitung Komisi Pemberantasan Korupsi Beserta Pola Soal Terlengkap

Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap - KPK atau Kelipatan Persekutuan Kecil ialah bilangan paling kecil yang sanggup membagi habis oleh dua bilangan atau lebih tersebut. Cara menghitung KPK berkbalikan dengan cara menghitung FPB atau Faktor Persekutuan Besar dalam Matemaika. Contoh soal KPK biasanya sering dipakai sebagai bahan untuk ujian sekolah, baik dalam tingkat SD ataupun Sekolah Menengah Pertama.
Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap
Pada dasarnya cara menghitung KPK selalu berkaitan dengan bilangan prima maupun faktorisasi prima. Bilangan prima ialah bilangan yang terdiri dari bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contohnya 2, 5, 7, 11, dan sebagainya. Kemudian Faktorisasi prima ialah langkah penguraian bilangan sampai menjadi faktor faktor prima dari bilangan tersebut. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa cara gampang menghitung KPK beserta teladan soal KPK. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap

Cara menghitung KPK hampir sama dengan cara menghitung FPB. Cara gampang menghitung KPK ialah memakai metode faktorisasi prima, metodel tabel maupun metode kelipatan persekutuan. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca juga : Kumpulan Rumus Matematika SD Kelas 5 Beserta Contoh Soal

Metode Kelipatan Persekutuan

Cara menghitung KPK yang pertama memakai metode kelipatan persekutuan. Kelipatan komplotan merupakan cara gampang menghitung KPK dengan mencari kelipatan terkecil dari dua bilangan atau lebih tersebut.

Contoh Soal KPK:
Berapakah KPK dari  6 dan 8?

Jawab.
Kelipatan dari 6 = {6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48, ... }
Kelipatan dari 8 = {8, 16, 24, 32, 40. 48, . . .}
Kelipatan persekutuannya = {24, 48, . . . }
Makara KPK atau Kelipatan Persekutuan terkecilnya ialah 24.

Cara menghitung KPK memakai metode kelipatan hampir sama dengan mencari FPB memakai metode kelipatan. Namun dalam KPK, bilangan yang diambil ialah angka komplotan terkecilnya. Berdasarkan teladan diatas, terdapat nilai komplotan dari 6 dan 8 yakni 24 dan 48. Namun alasannya yang dicari ialah KPK atau Kelipatan Persekutuan Kecil maka diambil yang paling kecil nilainya yakni 24.

Metode Faktorisasi Prima

Cara menghitung KPK selanjutnya memakai metode faktorisasi prima. Faktorisasi prima ialah cara gampang menghitung KPK dengan mengalikan seluruh bilangan faktor dan mengambil nilai yang sama dan terkecil dari dua atau lebih bilangan tersebut. Cara ini biasanya memakai pohon faktor semoga lebih mudah.

Contoh Soal KPK:
Hitunglah KPK dari 8, 24 dan 36!
Baca juga : Kumpulan Rumus Matematika SMP Kelas 9 Beserta Penjelasan Lengkap
Jawab.
Untuk menghitung KPK sanggup memakai pohon faktor menyerupai di bawah ini:
Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap
Faktor dari 8 = 2 x 2 x 2 = 2³
Faktor dari 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 2³ x 3
Faktor dari 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 2² x 3²
Makara KPK dari 8, 24 dan 36 = 2³ x 3² = 72.

Cara menghitung KPK memakai metode faktorisasi prima hampir sama dengan mencari FPB memakai metode faktorisasi prima. Namun dalam KPK, bilangan yang diambil ialah angka yang pangkatnya lebih tinggi dan adonan dari angka yang berbeda. Berdasarkan teladan diatas, terdapat nilai faktor yang sama dari 8, 24 dan 32 yakni 2 dan 3. Namun alasannya yang dicari ialah KPK atau Kelipatan Persekutuan Kecil maka yang diambil ialah angka yang pangkatnya paling tinggi yaitu 2³ x 3² = 72.

Metode Tabel KPK

Cara menghitung KPK yang terakhir memakai metode tabel. Metode tabel ialah cara gampang menghitung KPK dengan memakai tabel komplotan dari dua bilangan atau lebih. Cara ini hampir sama dengan metode perhitungan FPB memakai tabel.

Contoh Soal KPK:
Tentukan KPK dari bilangan 10, 15 dan 25!

Jawab.
Untuk menghitung KPK diatas sanggup memakai tabel menyerupai dibawah ini:
Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap
Makara KPK dari 10, 15, dan 25 = 2 x 3 x 5 x 5 = 150.

Demikianlah klarifikasi mengenai cara gampang menghitung KPK beserta teladan soal KPK. Cara menghitung KPK sanggup dilakukan memakai beberapa metode yaitu metode kelipatan persekutuan, metode faktorisasi prima dan metode tabel. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih. 

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!