Home » , , » Pengertian, Ciri Ciri, Struktur Dan Pola Teks Dongeng Fantasi

LIRIK LAGU : Pengertian, Ciri Ciri, Struktur Dan Pola Teks Dongeng Fantasi

Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi - Cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun memakai alur kisah yang normal, namun mempunyai sifat imajinatif dan imajinasi semata. Umumnya unsur unsur dan struktur kisah fantasi ini menyerupai setting, alur, penokohan, konflik, ending dan lain sebagainya akan dibentuk berlebihan dan terkesan tidak akan pernah terjadi di dunia nyata. Ketika kita membaca pola kisah fantasi pun kita juga akan pribadi menyadari bahwa kisah tersebut tidak akan pernah terjadi di dunia faktual maka dari itu disebut dengan fantasi.

Teks kisah fantasi ini intinya termasuk kedalam kategori teks narasi yang notabennya merupakan sebuah teks karangan fiksi semata yang alur atau rangkaian kejadian umumnya memakai pola alasannya yakni akibat. Meskipun teks ini termasuk dalam karangan fiksi dan bersifat imajinasi namun kisah ini umumnya menceritakan perkembangan kejadian atau kejadian yang berawal dari prologue hingga epilogue yang telah melalui beberapa tahapan menyerupai awal konfik, puncak permasalahan dan penyelesaian yang dirangkum menjadi struktur teks kisah fantasi.
 Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi
Pengertian dan struktur kisah fantasi
Ciri ciri kisah fantasi dan struktur kisah fantasi sendiri juga hampir sama dengan teks narasi yang terdiri dari orientasi atau pengenalan, konflik dan resolusi yang alhasil merujuk ke ending (epilogue), Ending sendiri umumnya terdiri dari dua jenis ending yakni happy ending dan sad ending.

Baik teks narasi maupun teks kisah fantasi mempunyai pandangan gres dan tema dasar yang menjadi orientasi sentra pengebangan cerita. Dalam teks ini umumnya tidak terdapat amanat lantaran tujuan kisah fantasi intinya yakni sebatas untuk menghibur pembacanya saja. Namun tidak sedikit pula teks kisah fantasi ini mempunyai amanat yang bersifat tersirat yang disisipkan oleh pengarang dalam alur ceritanya.

Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi

Contoh kisah fantasi sendiri juga sanggup anda temukan dalam kehidupan sehari hari anda, terlebih lagi kalau anda yakni orang yang suka membaca novel maupun menonton fiilm. Hal ini disebabkan lantaran film film dan novel yang tengah beredar dikala ini umumnya didominasi oleh kisah yang bertemakan fantasi. Tidak heran kalau banyak sekali buku buku kisah yang memuat pola kisah fantasi beredar di pasaran baik grammedia maupun toko buku lainnya.
 Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi
Contoh kisah fantasi menegangkan
Sama menyerupai teks pada umumnya khususnya teks narasi. Selain mempunyai pengertian, teks kisah fantasi ini juga mempunyai ciri ciri, struktur dan pola kisah fantasi. Lalu bagaiaman caranya untuk mengidentifikasi pengertian, hingga struktur teks kisah fantasi tersebut? Adapun klarifikasi dari struktur kisah fantasi dan ciri ciri kisah fantasi beserta misalnya yakni sebagai berikut ini.

Pengertian Cerita Fantasi

Sebelum menginjak ciri ciri dan struktur teks kisah fantasi, kita akan lebih dulu membahas perihal pengertian kisah fantasi. Teks kisah fantasi merupakan teks yang hampir sama dengan teks narasi kalau dilihat dari ciri ciri dan strukturnya, yakni sebuah kisah karangan yang mempunyai alur normal namun bersifat imajinatif. Umumnya teks ini dibentuk dengan alur, unsur unsur dan struktur kisah yang terkesan dilebih lebihkan yang kalau dilogika dengan pikiran tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Ciri ciri Cerita Fantasi

Sama menyerupai jenis teks pada umumnyam kisah fantasi ini sanggup dikatakan sebagai teks kisah fantasi apabila memenuhi beberapa unsur dan ciri ciri dibawah ini. Ciri ciri kisah fantasi yang umum beredar yakni sebagai berikut:

Ide kisah yang terbuka
Ide kisah dalam kisah fantasi umumnya tidak mempunyai batasan realita (kenyataan) dan sanggup kembangkan sesuka pengarang. Tema dan pandangan gres yang diusung oleh kisah fantasi biasanya yakni mistis, supranatural, sci-fi, futuristik dan lain sebagainya.
Baca juga: 12 Contoh Teks Cerita Fantasi Singkat Terbaru Menegangkan
Terdapat keanehan, misterius, dan keajaiban
Jika anda mendapati sebuah teks kisah mengandung unsur keanehan, bersifat misterius menyerupai mengandung unsur mistis maupun terdapat keajaiban yang tidak sanggup dilogika oleh pikiran maka itu sanggup menjadi ciri ciri kisah fantasi. Umunya segala kecacatan dan keajaiban yang timbul dalam kisah bersifat berlebihan menyerupai anda sedang membayangkan insan bersayap dan sanggup terbang tinggi atau lain sebagainya.
Baca juga: Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya
Cerita fantasi yakni kisah yang sanggup merubah apapun yang mustahil menjadi mungkin dengan cara menghidupkannya dalam bentuk cerita. Hal ini disebabkan lantaran teks kisah fantasi merupakan sebuaht teks karangan kisah yang bersifat imajinatif (imajinasi yang diciptakan oleh pengarang).

Latar
Latar yang dipakai dalam kisah fantasi sanggup menembus ruang dan waktu. Menembus ruang dan waktu disini dalam artian yakni terjadi di suatu tempat dan suatu waktu tertentu menyerupai pola kisah guardian of the galaxy yang mempunyai latar kisah di planet Jupiter di jaman masa depan. Padahal kalau dilogika lebih cermat, di planet jupiter tidak terdapat udara sama sekali. Namun dengan kisah fantasi ini segala yang mustahil sanggup menjadi mungkin.

Tokoh yang unik
Salah satu ciri ciri kisah fantasi yakni keberadaan tokoh yang unik dan mempunyai skill diluar logika manusia. Tokoh dalam teks kisah fantasi umumnya mempunyai kelebihan tersendiri yang unik dan berbeda dari yang lain, Seperti dalam kisah superman yang tokoh utamanya yakni clark kent (superman) mempunyai kekuatan super untuk terbang, mengangkat beban jutaan kilogram dan mengeluarkan laser dari matanya.
Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Fiksi atau khayalan
Ciri ciri teks kisah fantasi yang selanjutnya sanggup dilihat dari sifatnya yang artinya fiksi. Kerena bersifat fiksi dan merupakan kisah imajinasi semata, maka kisah fantasi ini tidak akan sanggup dinalar oleh kecerdikan pikiran kalau dibandingkan dengan kehidupan di dunia nyata.

Gaya bahasa
Gaya bahasa yang dipakai dalam kisah ini umumnya tidak harus selalu terikat memakai bahasa yang formal. Melainkan memakai bahasa yang bervariasi. Penggunaan bahasa dalam kisah fantasi umumnya bertujuan untuk menarik minat pembaca supaya pembaca lebih menghayati dan terlena dalam alur kisah yang ada.

Struktur Cerita Fantasi

Semua jenis teks dalam bahasa indonesia mempunyai struktur pembentuk, sama halnya dengan teks kisah fantasi. Struktur kisah fantasi umumnya hampir sama dengan struktur teks narasi yakni terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan ending. Adapun klarifikasi dari masing masing struktur yakni sebagai berikut:
  1. Orientasi : Pengenalan atau orientasi merupakan sebuah penggalan dimana pengarang memperlihatkan pengenalan perihal penokohan, tema, dan sedikit alur kisah kepada pembacanya.
  2. Konlik : Konflik sendiri merupakan penggalan dimana terjadi permasalahan dimulai dari awal permasalahan hingga menuju ke puncak permasalahan.
  3. Resolusi : Resolusi merupakan penyelesaian dari permasalahan atau konflik yang tejadi. Resolusi sendiri merupakan penggalan penentu yang akan mengarah pada ending.
  4. Ending : Ending merupakan penutup kisah fantasi. Ending sendiri sanggup dibedakan menjadi dua yakni happy ending dimana tokoh utama menang dan hidup bahagia. Dan yang lain yakni sad ending dimana tokoh utama tewas sesudah mencapai tujuan dan sebagainya.
Itulah struktur kisah fantasi secara umum, sesudah kita mengetahui ciri ciri dan struktru teks kisah fantasi, kini saatnya kita membaca pola teks kisah fantasi dan mengaplikasikan ilmu yang sudah kita baca sebelumnya.

Contoh Cerita Fantasi Singkat

Pada dasarnya pola kisah fantasi sanggup dibedakan menjadi kisah fantasi total dan kisah fantasi irisan. Kita sanggup menemukan banyak sekali pola teks kisah fantasi ini di banyak sekali sumber baik itu buku maupun media online. Berikut yakni pola kisah fantasi yang sanggup anda simak.

Contoh kisah fantasi perihal legenda putri bulan

Catur wuluan yakni seorang gadis pedesaan yang sangat muskin berwajah suram lantaran menderita jenis penyakit kulit aneh diwajahnya. Masyarakat desa akan menghindari ia lantaran takut ketika berpapasan dengan wulan. Untuk menutupi kekurangannya, alhasil wulan selalu memakai penutup wajah atau cadar.
Baca juga: 4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)
Disuatu malam yang sunyi wulan bermimpi aneh yakni bertemu dengan seorang pangeran berjulukan rangga. Dia yakni seorang putra raja nan ramah dan tampan. Keinginan wulan untuk berkenalan dengan sang pangeran menciptakan wulan semakin sering memimpikannya.

"Sudah wulan sudah, singkirkan mimpi konyolmu itu!" kata ibu kepada wulan ketika tengah melihat anak perempuannya melongo di jendela kamarnya. "Aku tidak ingin menyakiti hati kecilmu itu. Kamu bebas ingin menyikai siapa, tapi ibu hanya tidak mau kau alhasil kecewa nanti" lanjut ibu wulan dengan sangat lembut.

Sebenarnya yang ada dalam pikiran wulan sama dengan ibunya. Mimpi wulan memang terlalu tinggi. Orang orang kawasan pedesaan saja takut ketika berpapasan dengan wulan, apalagi ketika pangeran rangga bertemu dengannya.

Disuatu malam, wulan termenung memandangi langit nan cerah tanpa awan. Bulan sanggup bersinar dengan terang dan memancarkan cahaya keemasan. Di sekitar bulan nampak sekerumunan bintang yang berkelip.

"sungguh bagus malam ini" ujar wulan yang tengah takjub melihat fenomena alam tersebut. Tiba datang wulan terpikir akan sebuah kisah perihal dewi bulan. Ia yakni dewi yang tinggal dan menghuni bulan. Dewi bulan mempunyai paras bagus dan hati yang sangat baik. Dia sering turun ke bumi hanya untuk membantu orang orang yang tengah dilanda kesusahan. Setiap ibu tentunya ingin anak perempuannya menyerupai dewi bulan.

Sewaktu masih kecil, wajah wulan juga tidak kalah bagus dengan dewi bulan tutur ibunya.
"Aku ingin sekali meminta pada dewi bulan supaya wajah yang saya miliki sanggup secantik dulu lagi. hmmm tapi mustahil lantaran itu cuma dongen saja." wulan segera membuang harapannya jauh jauh. Setelah cukup puas menatap langit malam alhasil wulan menutup jendela kamar dan beranjak tidur dengan perasaan sedih.

Wulan yakni gadis baik berhati sangat lembut yang gemar menolong sesama. Pada suatu sore, wulan tengah bersiap siap untuk menjenguk seorang nenek renta yang sedang sakit dan sekaligus mengantarkan makanan padanya. Sepulan dari rumah nenek renta wulan merasa merasa kebingunan lantaran ia pulang kemalaman dan keadaan begitu gelap. Tiba datang munculah ratusan kunang kunang yang dari tuubuhnya memancarkan cahaya yang begitu terang.

"Terimakasih, kalian semua telah menerangi jalanku untuk pulan" ujar wulan dengan perasaan lega. Akhirnya wulan berjalan dan terus berjalan namun wulan menyadari bahwa ia telah cukup jauh berjalan namun tidak kunjungsampai kerumahnya.

"sepertinya saya tersesat masuk kedalam hutan" Gumam wulan dengan panik. ternyata ratusan kunang kunang tadi telah membawa wulan masuk jauh kedalam hutan.

"Jangan takut pada kami wulan, kami semua membawamu kesini supaya wajahmu yang kini sanggup disembuhkan menyerupai dulu lagi" ujar kunang kunang.

"hah? kamu?? kau sanggup bicara?" tanya wulan sembari menatan salah seekor kuang kunang.
"kami semua yakni utasan dewi bulan" Tegas kunang kunang yang paling besar dan paling bersinar.

Akhirnya wulan datang disebuah danau ditengah hutan. Para kunang kunang pun alhasil beterbangan ke langit. Perlahan bersamaan dengan hilangnya kunang kunang, awan yang ada dilangit alhasil juga ikut menyibab dan keluarlah cahaya bula purnama berwarna keemasan.

"Indah sekali sinar bulan malam ini" Sekali lagi wulan takjub melihat fenomena alam tersebut. Wulan mengamati pantulan bulan di permukaan air di tepi danau. Bayangan bulan tersebut sangat tepat dan memantulkan sinar keemasan. Tiba datang dari bayangan bulan tersebut munculah wanita berparas sangat cantik.

"Si....siapa kamu? tanya wulan dengan perasaan takut.

"Aku yakni dewi bulan. Aku ada disini untuk membantu menyembuhkanmu" ucap dewi bulan dengan sangat lembut.
"selama ini kau telah mendapatkan banyak sekali ujian. Karena kebaikan yang ada di hatimu. Kamu akan saya berikan air sakti yang sanggup menciptakan wajahmu bagus kembali. Terimalah air kecantikan ini dan basuhlah wajahmu!" lanjut dewi bulan.

Dengan gemetar wulan mendapatkan sebuah botol berisi air. Secara perlahan dewi bulan kembali masuk kedalam bayangan pantulan bulan di permukaan air di tepi danau dan menghilang. Akhirnya wulan segera membasuh wajahnya dengan air kecantikan derma dewi bulan. Tanpa disadari wulan tertidur di sana.

Sungguh asing air yang diberika dewi bulan. Ketika bangkit tidur wulan mendapati dirinya terbangun di ranjang tempat tidurnya dirumah. Dan ketika bercermin begitu kagetnya wulan melihat wajahnya bagus dan lembut menyerupai dulu lagi. Ibu wulan pun ikut bangga bercampur heran.

Akhirnya kecantikan wulan menyebar seiring berjalanya waktu hingga terdengar di pendengaran pangeran rangga. Karena ingin tau dengan rumor dan kisah yang beredar alhasil sang pangeran pergi untuk mencari tau kebenarannya. Akhirnya wulan dan pangeran rangga sanggup bertemu dan berkenalan.

Itulah artikel tentang Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi yang sanggup anda simak sebagai materi materi. Selalu ingat bahwa struktur kisah fantasi mempunyai persamaan dengan kisah narasi. Sedangkan pola kisah fantasi sanggup anda temukan dalam kehidupan dan keseharian anda. Terimakasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!