Home » » Pintar Pelajaran Macam-Macam Mineral Makro Dan Mineral Mikro, Trace, Misalnya Serta Fungsinya Bagi Badan Insan Dan Hewan, Pengertian, Manfaat, Kegunaan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Macam-Macam Mineral Makro Dan Mineral Mikro, Trace, Misalnya Serta Fungsinya Bagi Badan Insan Dan Hewan, Pengertian, Manfaat, Kegunaan

Macam-macam Mineral Makro dan Mineral Mikro, Trace, Contohnya serta Fungsinya bagi Tubuh Manusia dan Hewan, Pengertian, Manfaat, Kegunaan - Pengelompokan mineral-mineral yang dianggap esensial bagi ternak dibagi menjadi tiga, yaitu mineral makro yang diharapkan dalam jumlah yang relatif banyak dan akhirnya sangat esensial, mineral mikro yang dibagi menjadi dua yaitu esensial dan kemungkinan esensial bagi ternak alasannya yaitu kebutuhannya hanya sedikit dan mineral trace yang dibagi menjadi dua yaitu kemungkinan esnsial dan yang fungsinya belum niscaya alasannya yaitu mungkin diharapkan dalam jumlah sedikit. Mineral yang diharapkan hanya dalam jumlah kecil, apabila tergoda dalam jumlah besar sanggup bersifat racun. Klasifikasi mineral esensial sanggup dilihat pada Tabel 1.

No.
Mineral makro
Mineral mikro
Mineral trace
1.
Kalsium (Ca)
Zink (Zn)
Silikon (Si)*
2.
Fosfor (P)
Kobalt (Co)
Vanadium (V)*
3.
Kalium (K)
Tembaga (Cu)
Aluminium (Al)*
4.
Natrium (Na)
Yodium (I)
Perak (Ag)**
5.
Klorida (Cl)
Besi (Fe)
Lithium (Li)**
6.
Magnesium (Mg)
Mangan (Mn)
Barium (Ba)**
7.
Sulfur (S)
Molibdenum Mo)

8.

Selenium (Se)

9.

Cadmium (Cd)*

10.

Sr*

11.

Fluorin (F)*

12.

Nikel (Ni)*

13.

Kromium (Cr)

Keterangan : * Mungkin esensial

** Fungsi belum niscaya


Secara umum peranan mineral yaitu memelihara kondisi ionik dalam tubuh, memelihara keseimbangan asam basa badan dalam hal ini tergantung pada ion Na+, K+, Ca2+Mg2+, Cl-, PO43- dan SO43-. Contoh prosedur kebasaannya yaitu :

Na laktat → Na+ + laktat-
H20 → H+ + OH
Laktat+ H+  → asam laktat
Asam laktat → CO2 + H2O
Na-laktat → Na+ + OH- + CO2

Sehingga terjadi akumulasi Na+ dan OH-, sementara CO2 terbuang lewat pernafasan. Contoh materi makanan yang bersifat alkali yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan air susu. Sementara teladan prosedur keasaman yaitu :

NH4Cl → NH4+ + Cl-

NH4+ membentuk urea. Urea keluar melalui urin sementara Cl terakumulasi. Contoh materi makanan yang berefek asam yaitu daging, telur dan serealia.

Peranan mineral lain yaitu memelihara tekanan osmotik cairan tubuh, menjaga kepekaan otot dan syaraf dengan cara berperan dalam tiga lokasi, yaitu syarafnya pada penghantaran stimuli (Na+ dan K-, padaa neuro muskuler (Mg+) dan pada otot dengan mempengaruhi kontraksinya (Ca2+). Selain itu mineral juga berperan mengatur transport zat makanan dalam sel, mengatur permeabilitas membran sel dan kofaktor enzim serta mengatur metabolisme.

Anda kini sudah mengetahui Mineral Makro dan Mineral Mikro. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

DAFTAR PUSTAKA PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK

Artikel ini merupakan materi yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Wahyu Widodo, Ms. (Fakultas Peternakan-perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Buku Ajar Berjudul "PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK" tahun 2006.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!