Home » » Pintar Pelajaran Perkembangan Seni Rupa, Sastra, Dan Pertunjukan Pada Kurun Penjajahan Belanda

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Perkembangan Seni Rupa, Sastra, Dan Pertunjukan Pada Kurun Penjajahan Belanda

Artikel dan Makalah perihal Perkembangan Seni Rupa, Sastra, dan Pertunjukan Pada Masa Penjajahan Belanda - Pada masa pemerintah kolonial Belanda berkuasa di Indonesia segala seuatu yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat menerima pengawasan yang ketat dari pemerintah Belanda. Demikian halnya dengan perkembangan seni, pemerintah kolonial Belanda mengatakan kesempatan kepada masyarakat untuk mewujudkan apresiasi seni sepanjang menguntungkan bagi kelangsungan kekuasaan penjajah.

1) Perkembangan seni rupa pada masa penjajahan

Pada masa penjajahan Belanda perkembangan seni rupa, khususnya seni lukis memperoleh angin segar. Pada masa VOC, pemerintahan Heeren XVII mengeluarkan peraturan yang sangat menguntungkan bagi perkembangan seni lukis di Indonesia. Isi peraturan tersebut, yaitu setiap kapal yang melaksanakan ekspedisi pelayaran ke Indonesia harus menyertakan pelukis-pelukis atau juru gambar (teekenaars). Di samping memenuhi impian VOC, para juru gambar itu pun memakai kesempatan berkunjung ke Indonesia untuk menyebarkan kreativitasnya dalam melukis.

Di antara karya lukisan populer yang dihasilkan pada dikala itu, antara lain:

a) “Iringan Pengawal Seorang Pangeran Banten” yang dibuat pada tahun 1596.
b) “Delegasi Diplomatik Pembawa Surat untuk Sultan Ageng Tirtayasa” yang dibuat pada tahun 1673.

Lukisan-lukisan tersebut hingga kini masih tersimpan dengan baik di museum Belanda. Menjelang pecah Perang Dunia II, beberapa pelukis Belanda tiba ke Indonesia, antara lain Wolter Spies, Rudolf Bonnet, dan Niewenkamp.

Kedatangan mereka sangat besar lengan berkuasa terhadap perkembangan seni lukis Indonesia terutama dalam hal gaya-gaya lukisan yang dianut pelukis Eropa tersebut, contohnya aliran Kubisme, Ekspresionisme, Surialisme atau Simbolisme. Adapun pelukis-pelukis populer dari Indonesia pada masa penjajahan Belanda, antara lain Affandi, R. Saleh, dan Basuki Abdullah.

Terbukanya peluang bagi seniman lukis untuk berkarya pada masa VOC berkuasa, memunculkan semangat para seniman lukis muda untuk membentuk perkumpulan yang menampung kegiatan melukis.

Pada tahun 1935 di Bandung muncul kelompok pelukis yang dipimpin Affandi dengan nama “Kelompok Lima” dengan beranggotakan Hendra Gunawan, Wahdi, Soedarso dan Barli. Secara belajar sendiri (tanpa guru) mereka mencar ilmu melukis bersama dengan praktik menggambar pribadi tanpa berbekal pengetahuan perihal anatomi maupun teknik melukis. Dengan berbekal kemampuan talenta alam, mereka berlima mempraktikkan melukis banyak sekali objek tanpa sasaran tertentu. Mereka banyak melukis spanduk, menciptakan poster atau iklan bioskop, dan menciptakan reproduksi foto-foto. Hasil lukisan mereka sangat banyak peminatnya meskipun dengan otodidak. Hal itu menjadi awal perkembangan seni lukis modern di Indonesia.

Pada tahun 1937 di Jakarta terbentuk kelompok pelukis yang diberi nama Peragi (Persatuan Ahli gambar Indonesia) dengan beranggotakan Otto Djaja, Agus Dhaha, Soedjojono, Mochtar Aoin, dan Emiria Sunarsa. Perkumpulan tersebut tetap dipertahankan keberadaannya hingga Jepang masuk dan menguasai Indonesia. Bahkan pemerintah kolonial Jepang memanfaatkan perkumpulan tersebut sebagai alat propagandanya. Hal itu mengakibatkan pangkal tolak kebangkitan para seniman khususnya pelukis Indonesia dalam hal berekspresi. Untuk menarik simpatik kalangan seniman Indonesia, pemerintah Jepang mendirikan Pusat Kebudayaan lengkap dengan sarana untuk menyebarkan seni lukis. Pada masa itu, kegiatan mencar ilmu melukis berlangsung dengan baik. Di sentra kebudayaan tersebut dibuat tiga kelompok latihan melukis. 

Masing-masing kelompok latihan tersebut dipimpin oleh Basuki Abdullah, Soebanto Soerjo Soebandrio, dan S. Soedjojono. Melalui organisasi Peragi inilah seni rupa Indonesia mengalami perkembangan.

Pada masa revolusi banyak pelukis Jakarta yang pindah ke Jogjakarta dan mendirikan sanggar-sanggar seni lukis di sana, antara lain Affandi. Pada awal kedatangan di Jogjakarta Affandi mendirikan perkumpulan “Seniman Masyarakat” kemudian berganti nama menjadi “Seniman Indonesia Muda”, dengan beranggotakan Dullah, Harjadi, S. Soedjojono, dan Abdul Salam.

Pada waktu berikutnya Affandi bersama Hendra Gunawan mendirikan sanggar “Pelukis Rakyat” dengan anggota Trubus Soedarsono, Soediardjo, Koesnadi, Setjojoso, dan Soedarso. Selanjutnya pada tahun 1947, para seniman muda, ibarat Juski Hakim, Sasongko, Abas Alibasjah, Chairul Bachri, Djono Trisno, Nasir Bondan, Ali Marsaban, Edhi Soenarso dan Sutopo serta beberapa seniman muda lainnya bergabung mendirikan sanggar lukis dengan tujuan mengatakan kesempatan kepada seniman-seniman muda untuk menyebarkan bakatnya. Pada waktu itu tema-tema yang diangkat dalam lukisannya berkaitan dengan semangat usaha serta bentuk-bentuk kebebasan berekspresi tanpa terikat pada kaidahkaidah tertentu.

Setelah periode revolusi, perkembangan seni lukis di Indonesia makin memperlihatkan jati dirinya sebagai belahan yang mempunyai kiprah besar dalam membentuk kebudayaan nasional. Sekitar tahun 1970-an dunia seni lukis Indonesia mengalami masa “boom lukisan” dan bisa mengantarkan para seniman lukis Indonesia pada pintu ujian gambaran berkesenian mereka. Mereka dituntut untuk bisa memenuhi undangan pasar sekaligus menguji kreativitas para seniman lukis dalam mempertahankan mutu karyanya.

Pada masa itu pula sejarah seni lukis Indonesia mencatat lahirnya sang maestro di dunia lukis Indonesia, yaitu Affandi dan Basuki Abdullah. Dengan gaya lukisannya bisa menempatkan diri pada posisinya sebagai seniman lukis yang profesional.

2) Perkembangan seni bangunan pada masa penjajahan

Pengaruh kebudayaan Eropa pada masa penjajahan terhadap kebudayaan Indonesia tidak terbatas pada seni lukis saja, pada bidang seni bangunan (arsitektur) banyak peninggalan seni bangunan bergaya Eropa bertebaran di Indonesia. Misalnya bangunan benteng, istana, rumah tempat kediaman orang-orang Belanda ataupun Portugis, dan bangunan gereja. Beberapa bangunan peninggalan masa kolonial tersebut kini banyak yang masih berfungsi sebagaimana asalnya, dan sebagian justru menjadi objek wisata budaya, misal Benteng Vredeburg, Vesting, Vestenburg, dan Verstrerking.
 dan Pertunjukan Pada Masa Penjajahan Belanda Pintar Pelajaran Perkembangan Seni Rupa, Sastra, dan Pertunjukan Pada Masa Penjajahan Belanda
Gambar 1. Istana Bogor, salah satu bangunan bergaya Eropa, dibangun pada masa penjajahan Belanda berkuasa di Indonesia. (Wikimedia Commons)
Pembangunan benteng-benteng tersebut semula diawali dengan pembangunan gudang-gudang (pakhuizen) tempat menyimpan barang-barang dagangan, yang kemudian menjelma tempat untuk melindungi diri dari serangan pihak penguasa dikala itu.

Banyaknya bangunan bergaya Eropa sebagai peninggalan masa penjajahan Belanda di Indonesia merupakan hasil karya para arsitek Belanda. Arsitek Belanda yang merancang bergaya Eropa, antara lain:

a) Herman Thomas Karsten, banyak menciptakan rancang bangun bergaya Eropa dipadukan dengan gaya tradisional. Salah satu hasil karyanya yaitu bangunan Pasar Johar di Semarang dan bangunan Museum Sonobudoyo – Jogjakarta;
b) W. Lemei, berhasil merancang bangunan kantor gubernuran di Surabaya yang populer dan megah;
c) Henri Mclaine Pont, mempunyai keunggulan memadukan arsitektur Eropa dengan arsitektur tradisional. Ia banyak menghasilkan bangunan-bangunan gereja di Jawa, kompleks Gereja Kristen Poh Sarang, Kediri, membangun kompleks permukiman di wilayah Darmo; Surabaya dan merekonstruksi kota kuno Majapahit;
d) C. Citroen, berhasil merancang bangunan gedung “randhuis” atau kantor Balai Kota di Surabaya pada tahun 1927, beberapa bangunan rumah kediaman yang tergolong perumahan elite, serta bangunan gereja;
e) CP Wolf Schoemaker, guru Bung Karno dalam ilmu Teknik. Salah satu karya monumentalnya yaitu bangunan Villa Isola yang berada di Jalan Lembang Bandung. Semula dipakai sebagai bangunan tempat tinggal, kemudian menjadi bangunan Hotel Homann dan gedung “Societeit Concordia” di Bandung.

Pengaruh seni bangunan model Eropa tetap menjadi belahan dari model arsitektur perumahan di Indonesia hingga kini. Di periode tahun 1990-an, seni bangunan Indonesia marak kembali dengan model bangunan ala Spanyol. Bangunan tempat tinggal, dibuat dengan pilar-pilar penyangga di belahan depan. Beberapa bangunan real estate di kota-kota besar banyak mengatakan model perumahan dengan gaya Eropa yang berkesan megah dan modern.

3) Perkembangan seni kerajinan pada masa penjajahan

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda bidang seni kriya atau kerajinan, memperoleh kesempatan untuk berkembang. Pada waktu pemerintah Hindia Belanda mengalami kesulitan dalam hal penyediaan alat perlengkapan bagi tentaranya sebab adanya konflik dengan Inggris, maka Gubernur Jenderal Daendels yang berkuasa di Indonesia mengeluarkan sebuah kebijakan. Kebijakan tersebut mengenai perlunya pengembangan kerajinan rakyat di bidang pengadaan pakaian, topi, sabuk, sepatu, pakaian berkuda, dan tempat peluru. Pengembangan kerajinan rakyat dipakai untuk memenuhi kebutuhan tentara Belanda.

Demikian pula pada tahun 1811, dikala Raffles berkuasa, ia membuka kesempatan banyak sekali jenis kerajinan rakyat, antara lain pengecoran logam, seni ukir, dan batik untuk dikembangkan sebagai komoditi ekspor.

Pada awal tahun 1888, pemerintah Hindia Belanda memulai langkah-langkah pelatihan terhadap kerajinan rakyat melalui forum swasta perhimpunan Hindia Belanda. Salah satunya pelatihan kerajinan dan pertanian yang dipimpin oleh Van Der Kemp dengan mengatakan penyuluhan dan proteksi modal serta peralatan.

Pada tahun 1909 pemerintah Hindia Belanda mendirikan sekolah-sekolah pertukangan di Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Pemerintah Hindia Belanda juga sekolah Kerajinan ukir tanduk, anyaman, dan keramik di Ngawi, Jawa Timur.

4) Perkembangan seni sastra pada masa penjajahan

Perkembangan seni sastra pada masa penjajahan di Indonesia berawal dikala pemerintah Hindia Belanda mengizinkan pendirian sekolah-sekolah dan mengizinkan penduduk pribumi (meski hanya kalangan terbatas) untuk mengenyam pendidikan (meski terbatas pada tingkat tertentu saja).

Kebijaksanaan pemerintah Hindia Belanda dalam menjalankan politik etis, khususnya dalam bidang pendidikan telah membuka kesadaran masyarakat dalam bidang membaca dan menulis. Hal itu ditandai dengan munculnya banyak sekali terbitan surat kabar berbahasa Melayu yang ada di Jakarta maupun kotakota besar lainnya. Surat kabar berbahasa Melayu, antara lain:

a) surat kabar Bintang Timoer, terbit di Surabaya, tahun 1862;
b) surat kabar Pelita Ketjil, terbit di Padang, tahun 1882;
c) surat kabar Bianglala di Jakarta dan surat kabar Medan Prijaji di Bandung yang terbit pada tahun 1867.

Melalui surat kabar inilah para cerdik cendekiawan pribumi menuangkan banyak sekali gagasan buah pikirannya. Beberapa dongeng bersambung maupun dongeng roman, baik yang ditulis dalam bahasa Melayu maupun bahasa Belanda terbit menghiasi surat kabar tersebut. Beberapa karya sastra dalam bentuk dongeng bersambung atau roman pada waktu itu, antara lain:
 dan Pertunjukan Pada Masa Penjajahan Belanda Pintar Pelajaran Perkembangan Seni Rupa, Sastra, dan Pertunjukan Pada Masa Penjajahan Belanda
Gambar 2. Sampul depan novel Max Havelaar cetakan ke-5 (1881) karya Multatuli. (WIkimedia Commons)
a) Hikayat Siti Mariah, karangan H. Mukti, merupakan dongeng bersambung yang melukiskan kehidupan sehari-hari;
b) Boesono dan Nyai Permana, karangan Raden Mas Tirto Adhisuryo, merupakan dongeng roman;
c) beberapa karangan mas Marco Martodikromo, berjudul: Mata Gelap (1914), Studen Hidjo (1919), Syair Rempah-Rempah (1919), dan Rasa Merdeka (1924). Karangan mas Marco Martodikromo ini oleh pemerintah Hindia Belanda dikategorikan sebagai “bacaan liar”, sebab berisi hasutanhasutan untuk memberontak;
d) Edward Douwes Dekker, seorang pengarang bangsa Belanda yang memakai nama samaran Multatuli menerbitkan karya sastranya yang berjudul “Max Havelaar”. Buku tersebut menggambarkan penderitaan masyarakat pribumi di bawah kekuasaan pemerintahan penjajah Belanda. Tulisan tersebut dibuat menurut pengalamannya dikala bertugas di Indonesia, sebagai ajun residen Lebak, Banten tahun 1856; e) Pada tahun 1908 pemerintah Hindia Belanda mendirikan “commissie voor de Inlandsche school de volkslectuur” atau Komisi Bacaan Rakyat atau Balai Pustaka yang bertugas mengusut dan mencetak naskah-naskah dongeng rakyat yang ditulis dalam bahasa daerah. Perkembangan berikutnya komisi tersebut juga menerbitkan kisah kepahlawanan orang-orang Belanda dan cerita-cerita kuno Eropa;
f) Pada tahun 1914, Balai Pustaka menerbitkan roman pertama dalam bahasa Sunda berjudul: “Beruang ka nu Ngarora” artinya Racun Bagi Kaum Muda pengarangnya D.K. Ardiwinata;
g) Pada tahun 1918, Balai Pustaka menerbitkan karya saduran Merari Siregar yang berjudul dongeng Si Jamin dan si Johan, disadur dari karya J. Van Maurik. Selain itu Merari Siregar juga mengarang buku roman “Azab dan Sengsara”, merupakan roman pertama berbahasa Indonesia yang diterbitkan Balai Pustaka pada tahun 1920. Roman tersebut mengkritisi moral kawin paksa yang berlangsung pada masa itu;
h) Pada tahun-tahun berikutnya muncul beberapa roman yang menyoroti tema kawin paksa, yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, antara lain:

• Siti Nurbaya, karangan Marah Rusli (1922);
• Muda Teruna, karangan Muhammad Kasim (1922);
• Karam Dalam Gelombang Percintaan, karya Kedjora (1926);
• Pertemuan, karya Abas Sutan Pamuntjak (1928);
• Tjinta Membawa Maut, karya Abdul Ager dan Nursiah Iskandar (1926);
• Darah Muda, karya Adi Negoro (1927);
• Asmara Djaja, karya Adi Negoro (1928);
• Salah Asuhan, karya Abdul Muis (1928).

5) Perkembangan seni pertunjukan pada Masa Penjajahan

Pada masa penjajahan Belanda perkembangan seni pertunjukan, khususnya seni drama modern diawali dengan adanya kelompok teater keliling “Teater Bangsawan” pada tahun 1870 yang berasal dari Penang, Malaysia. Saat mengadakan pentas di Jakarta rombongan tersebut bubar dan semua peralatannya dibeli oleh Jaafar yang kemudian membentuk rombongan gres yang dinamainya” Stamboel “. Di Deli, Sumatra utara telah berdiri teater Indera Ratoe Opera. Beberapa perkumpulan seni pertunjukan yang muncul di periode penjajahan Belanda, antara lain:

a) di Surabaya muncul perkumpulan teater berjulukan Komedi Stamboel yang didirikan oleh August Mehieu, seorang peranakan indo – Perancis, dan didukung dana oleh Yap Goam Tay dan Cassim, bekas pemain teater Indera Bangsawan;
b) di lingkungan masyarakat keturunan Cina pada tahun 1908 mendirikan “Opera Derma” atau “Tjoe Tee Hie”, kemudian tahun 1911 muncul perkumpulan teater “Tjia Im”, “Kim Ban Lian”, Tjin Ban Lian” yang kemudian muncul kelompok teater paling populer yaitu “Orion” atau “Miss Riboet’s Orion” dengan bintang panggungnya yang berjulukan Miss Riboet;
c) di Surabaya pada tanggal 21 Juni 1926, Willy Klimanoff, seorang Rusia kelahiran Surabaya mendirikan rombongan sandiwara keliling “Dardanella” yang sangat terkenal. Teater tersebut didukung bintang panggung Tan Tjeng Bok (kemudian menjadi pemain drama terkenal) dan berhasil mengadakan pertunjukan keliling ke Cina, Burma, dan Eropa, kemudian bubar;
d) Perdro dan Dja, bekas anggota Dardanella mendirikan kelompok “Bolero”;
e) Fifi Young dan Nyoo Cheong, juga bekas anggota Dardanella mendirikan rombongan gres yang dinamainya “Fifi Young’s Pagoda” pada tahun 1936;
f) pada masa penjajahan Jepang, tahun 1942 muncul teater Bintang Surabaya yang dipimpin oleh Fred Young dengan anggota para bekas bintang-bintang Dardanella, yakni Tan Tjeng Bok, Astaman, Dahlia, Ali Yogo, dan Fifi Young;
g) pada tahun 1943, bermunculan rombonganrombongan teater, ibarat Dewi Mada pimpinan Ferry Kok dan isterinya Dewi Mada, teater Warna Sari pimpinan Dasaad Muchsin, dan teater Irama Masa pimpinan Ali Yogo. Semua teater tersebut memakai bahasa Indonesia;
h) Berikutnya muncul teater-teater gres yang memakai bahasa daerah, antara lain Teater Miss Tjitjih pimpinan Abubakar Bafakih yang memakai bahasa Sunda, Sandiwara Wargo pimpinan Suripto memakai bahasa Jawa, dan seorang tokoh teater berjulukan Tio Jr membentuk teater Miss Riboet di Solo.

Anda kini sudah mengetahui Perkembangan Seni Rupa, Sastra, dan Pertunjukan Pada Masa Penjajahan Belanda. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Indriyawati, E. 2009. Antropologi 1 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 194.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!