Home » » Pintar Pelajaran Tahap Zaman Logam Awal Di Jawa : Perkembangan, Alat-Alat, Penemuan, Ciri-Ciri

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Tahap Zaman Logam Awal Di Jawa : Perkembangan, Alat-Alat, Penemuan, Ciri-Ciri

Artikel dan Makalah wacana Tahap Zaman Logam Awal Di Jawa : Perkembangan, Alat-alat, Penemuan, Ciri-ciri - A.R. van der Hoop melaksanakan penelitian terhadap sejumlah kubur peti kerikil atau sarkofagus di kawasan Gunung Kidul akrab Wonosari, Jawa Tengah. Penelitiannya mengambarkan bahwa pada kubur peti kerikil tersebut terdapat bekal kubur berupa perkakas-perkakas dari besi menyerupai pisau bertangkai, belati, kapak, cincin perunggu, dan manik-manik kaca. Sementara itu, penelitian yang dilakukan Heekern pada tahun 1931 di Besuki, Jawa Timur, terhadap sarkofagus tidak berhasil menemukan benda-benda logam. (Baca juga : Zaman Logam Di Indonesia)

Situs-situs lainnya di Jawa terdapat di Leuwiliang akrab Bogor, Jawa Barat, dan di Pejaten, Jakarta bab selatan. Di Leuwiliang berhasil ditemukan sejumlah bekal kubur yang terdiri atas anting-anting perunggu dan topeng dari logam mulia, sedangkan di Pejaten ditemukan cetakan dari tanah liat yang dibakar sebagai tempat menciptakan beliung perunggu dan pisau. Cetakan tanah liat tersebut ditafsir dibentuk pada tahun 200 SM.

Anda kini sudah mengetahui Tahap Zaman Logam Awal Di Jawa. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Hendrayana. 2009. Sejarah 1 : Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jilid 1 Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 202.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!