Home » » Pintar Pelajaran Pengertian Periode / Zaman Mesolitikum, Ciri-Ciri, Peninggalan, Kehidupan, Kebudayaan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pengertian Periode / Zaman Mesolitikum, Ciri-Ciri, Peninggalan, Kehidupan, Kebudayaan

Artikel dan Makalah perihal Pengertian Masa / Zaman Mesolitikum, Ciri-ciri, Peninggalan, Kehidupan, Kebudayaan - Zaman Mezolitikum artinya zaman kerikil madya (mezo) atau pertengahan. Zaman ini disebut pula zaman ”mengumpulkan masakan (food gathering) tingkat lanjut”, yang dimulai pada kiamat es, sekitar 10.000 tahun yang lampau. Para hebat memperkirakan insan yang hidup pada zaman ini yaitu bangsa Melanesoide yang merupakan nenek moyang orang Papua, Semang, Aeta, Sakai, dan Aborigin. Sama dengan zaman Palaeolitikum, insan zaman Mezolitikum mendapat masakan dengan cara berburu dan menangkap ikan. Mereka tinggal di gua-gua di bawah bukit karang (abris souche roche), tepi pantai, dan ceruk pegunungan. Gua abris souche roche ibarat ceruk untuk sanggup melindungi diri dari panas dan hujan.

Hasil peninggalan budaya insan pada masa itu yaitu berupa alat-alat kesenian yang ditemukan di gua-gua dan coretan (atau lukisan) pada dinding gua, mirip di gua Leang-leang, Sulawesi Selatan, yang ditemukan oleh Ny. Heeren Palm pada 1950. Van Stein Callenfels menemukan alat-alat tajam berupa mata panah, flakes, serta kerikil penggiling di Gua Lawa akrab Sampung, Ponorogo, dan Madiun.

Selain itu, hasil peninggalannya ditemukan di kawasan sampah berupa dapur kulit kerang dan siput setinggi 7 meter di sepanjang pantai timur Sumatera yang disebut kjokkenmoddinger. Peralatan yang ditemukan di kawasan itu yaitu kapak genggam Sumatera, pabble culture, dan alat berburu dari tulang hewan.

Anda kini sudah mengetahui Zaman Mesolitikum. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Hendrayana. 2009. Sejarah 1 : Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jilid 1 Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 202.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!