Home » » Pintar Pelajaran Kala / Zaman Neozoikum : Pengertian, Kehidupan, Ciri-Ciri, Tersier, Kuarter, Plestosen, Holosen

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kala / Zaman Neozoikum : Pengertian, Kehidupan, Ciri-Ciri, Tersier, Kuarter, Plestosen, Holosen

Artikel dan Makalah perihal Masa / Zaman Neozoikum : Pengertian, Kehidupan, Ciri-ciri, Tersier, Kuarter, Plestosen, Holosen - Neozoikum atau kainozoikum artinya zaman baru. Zaman ini dibagi lagi menjadi dua era, yakni:

(1) Zaman Tersier

Setelah zaman reptil raksasa punah, terjadi perkembangan jenis kehidupan lain mirip munculnya primata dan burung tak bergigi berukuran besar yang mirip burung unta. Sementara itu, muncul pula fauna maritim mirip ikan dan moluska, sangat mirip dengan fauna maritim yang hidup sekarang. Sedangkan tanaman berbunga terus berevolusi menghasilkan banyak variasi mirip semak belukar, tanaman merambat, dan rumput.

(2) Zaman Kuarter

Pemunculan dan kepunahan binatang dan tanaman terjadi silih berganti, seiring dengan perubahan cuaca secara global. Zaman Kuarter terdiri dari dua kurun waktu, ialah kala Plestosen dan kala Holosen.

(a) Masa Plestosen: dimulai sekitar 600.000 tahun yang lalu. Pada masa Plestosen paling sedikit telah terjadi 5 kali zaman es (zaman glasial). Pada zaman glasial sebagian besar Eropa bab utara, Amerika bab utara, dan Asia bab utara ditutupi es, begitu pula Pegunungan Alpen dan Pegunungan Himalaya. Keadaan tanaman dan fauna yang hidup pada Kala Plestosen sangat mirip dengan tanaman dan fauna yang hidup sekarang. Dalam kehidupan insan purba, pada kala inilah muncul insan purba Pithecanthropus erectus.

(b) Masa Holosen: mulai muncul sekitar 200.000 tahun yang lalu. Manusia modern mirip insan sekarang, diperkirakan muncul pada kala Holosen ini.

Anda kini sudah mengetahui Zaman Neozoikum. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Hendrayana. 2009. Sejarah 1 : Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jilid 1 Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 202.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!