Home » » Pengertian, Fungsi Dan Unsur Unsur Seni Musik

LIRIK LAGU : Pengertian, Fungsi Dan Unsur Unsur Seni Musik

Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik - Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian. Kesenian tersebut sanggup berupa seni rupa, seni teater, kerajinan tangan, seni tari dan seni musik. Setiap seni mempunyai pengertian, fungsi dan unsur unsur seni musik masing masing. Namun intinya semua hasil seni tersebut merupakan karya seni yang berupa ide masing masing orang. Kali ini bahan berguru akan membahas mengenai seni musik. Setiap orang niscaya menyukai musik, mulai dari musik jazz, pop, dangdut serta genre musik lainnya. Musik merupakan perpaduan bunyi dengan intrumen yang membentuk harmonisasi yang terdengar indah. Mungkin anda sudah mengenal beberapa jenis musik.
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Genre musik tersebut memilki ciri khas masing masing. Dengan ciri khas tersebut akan menghasilkan isi lagu yang berbeda pula. Namun tahukah ada pengertian seni musik sebenarnya? Apa saja fungsi musik? Unsur unsur apa saja yang terkandung didalamnya? Untuk lebih jelasnya pribadi saja kita simak mengenai pengertian seni musik, fungsi seni musik dan unsur unsur seni musik tersebut.

Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik

Seni musik sanggup kita pelajari ketika kita masih berada di sekolah dasar. Setelah masuk sekolah menengah pertama seni musik tersebut mulai berkembang. Hingga hingga sekolah menengah atas seni musik lebih dikembangkan lagi dengan unsur unsur yang lebih luas. Pengertian seni musik tersebut sanggup dijelaskan secara umun maupun menurut para ahli. Selain hal tersebut pada fungsi dan unsur seni musik terdapat beberapa point yang penting ibarat yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Pengertian Seni Musik

Kata musik berasal dari bahasa Yunani yang berarti mousikus. Istilah tersebut berasal dari nama tuhan yunani yaitu Mousikus yang mempunyai bunyi yang indah maupun menguasai seni musik beserta ilmunya. Pengertian seni musik sanggup dijelaskan menurut beberapa sumber. Adapun pengertian seni musik tersebut meliputi:
  • Berdasarkan wikipedia, Seni Musik ialah suatu seni yang membentuk sebuah bunyi yang terdiri dari lagu, irama serta membentuk harmonisasi pada bidang musik yang berasal dari alat alat musik sehingga terdapat sebuah irama.
  • Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Seni Musik ialah suatu ilmu yang tersusun oleh nada nada bunyi dengan susunan kekerabatan temporal, urutan serta kombinasi yang akan membuat sebuah bunyi  yang saling berhubungan.
  • Menurut Aristoteles, Seni Musik ialah hasil dari tumpahan perasaan dalam bentuk tenaga yang menggambarkan gerak rasa yang mempunyai sususan bunyi yang teratur. 
  • Menurut Jamalus, Seni Musik ialah suatu lagu yang dihasilkan oleh seni musik menurut curahan perasaan serta pikiran dari seorang pencipta yang melewati unsur unsur musik mencakup melodi, irama, bentuk lagu, harmoni lagu maupun ekspresi yang saling bersatu.
Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater
  • Menurut David Ewen, Seni Musik ialah adonan dari nada nada musik baik berupa instrumental maupun vokal yang menghasilkan seni musik serta ilmu pengetahuan sehingga terdapat harmonisasi dan melodi yang berasal dari seseorang untuk menggambarkan isi hati maupun segi emosional orang tersebut. 
  • Berdasarkan hebat perkamusan, Seni Musik ialah seni yang saling bergabung membentuk ritmik nada vokal dan nada instrumental dengan mengaitkan melodi serta harmonisasi dalam mencurahkan perasaan dalam segi emosional.
Bedasarkan pengertian pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa seni musik ialah suatu ilmu mengenai aspek seni yang berkaitan dengan bunyi, nada, dan bunyi yang berpusat pada unsur unsur seni ibarat melodi, irama, serta harmoni yang melukiskan curahan perasaan dari pencipta dalam segi emosional.

Fungsi Seni Musik

Seni musik merupakan kesenian yang paling disukai oleh masyrakat luas. Dari jaman dahulu musik sudah mulai dipakai ibarat ketika aktivitas keagamaan, upacara penyambutan, dan masih banyak lagi fungsi fungsi lainnya. Musik juga dipakai dalam aktivitas acara tertentu sesuai dengan jenis musik yang digunakan. Musik memang sudah berkembang dikalangan masyarakat, untuk alasannya itu saya akan menjelaskan mengenai fungsi musik tersebut sesuai dengan kelompok kelompoknya. Langsung saja kita simak banyak sekali fungsi seni musik dibawah ini:

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Hiburan
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Fungsi seni musik yang pertama ialah elemen musik sanggup dipakai untuk sarana penghibur kita. Musik tersebut juga kuat terhadap mood atau ungkapan perasaan seseorang. Musik tersebut sanggup menghibur seseorang yang mengalami kebosanan, kepenatan terhadap sesuatu hal maupun ketika seseorang sedang patah hati. Selain hal tersebut musik juga sanggup membuat kita melupakan duduk kasus kasus yang terjadi setiap hari. Apabila mood anda sedang tidak baik maka anda sanggup mendengarkan musik biar mood lebih baik.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Ekspresi Diri
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Terlepas dari unsur unsur seni musik dan pengertian seni musik secara umum. Dalam dunia seniman, musik merupakan curahan perasaan serta ekspresi diri yang dituangkan kedalam sebuah lagu maupun musik. Hal tersebut dilakukan untuk membuatkan talenta serta lebih gampang dalam mencurahkan isi dari perasaan. Musik tersebut akan gampang diterima oleh masyarakat luas apabila diungkapkan dalam sebuah goresan pena lagu yang gampang dimengerti dan dinyanyikan dengan bunyi yang jelas. Suara tadi sanggup dipadukan dengan instrumen serta irama yang mewakilkan perasaan atau curahan hati dari seorang penciptanya. Contohnya pada lagu yang bersifat sedih sanggup memakai irama yang lebih lambat serta halus. Sedangkan untuk lagu yang mengekspresikan perasaan senang dan ceria maka sanggup memakai irama yang lebih cepat seakan akan menggebu gebu. 

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Upacara
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Fungsi seni musik pada jaman dahulu umumnya sanggup dipakai untuk upacara upacara keagamaan ibarat upacara kelahiran, upacara perkawinan, upacara kematian, maupun upacara upacara keagamaan lainnya. Jaman kini pun musik tetap dipakai dalam aktivitas tersebut dengan lebih dikembangkan lagi. Pada kawasan tertentu musik tersebut dianggap magis atau mempunyai kekuatan dengan hal hal yang gaib.
Baca juga : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Terapi
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Pada jaman dahulu musik dipakai untuk mengobati korban korban perang yang terjadi ketika perang dunia II.  Penggunaan musik sebagai media terapi tentunya tidak terlepas dari unsur unsur seni musik yang sanggup membuat ketenangan. Penggunaan musik tersebut untuk menyembuhkan penyakit penyakit yang bersifat mental maupun pelumpukan organ tubuh. Namun jaman kini musik sanggup dipakai untuk terapi pada otak biar organ organ yang sudah tidak bekerja sanggup pulih kembali.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Komersial
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Untuk beberapa orang yang telah terjun dalam dunia seni maka musik sanggup dijadikan untuk mencari nafkah. Hasil karya tersebut direkam dengan kualitas yang elok dan dibentuk menjadi sebuah CD lagu. Lagu tadi kemudian dijual kepada masyarakat luas. Dengan karya seni yang mereka buat tadi sanggup menghasilkan uang untuk kebutuhan hidup sehari hari. Adapula yang melaksanakan pertunjukan musik dengan biaya masuk tertentu. Musik juga sanggup dipakai dalam dunia perfilman tentunya dengan memperhatikan unsur unsur seni musik itu sendiri. musik tersebut dipakai untuk mengiringi film tersebut yang biasa disebut soundtrack film maupun soundtrack soundtrack iklan pada aktivitas televisi dan radio.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Tari
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Selain fungsi fungsi diatas adapula fungsi lain yang sangat menunjang sebuah karya seni. Salah satunya ialah seni tari. Dengan perpaduan antara musik dengan sebuah tarian akan menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah. Kedua hal tersebut tidak sanggup dipisahkan satu sama lain. Unsur unsur seni musik dalam bidang ini sanggup dilihat ketika seorang penari tidak diiringi oleh musik maka penari tersebut akan sulit memperagakan sebuah tarian. Namun apabila terdapat sebuah musik tetapi tidak ada penari maka musik tersebut akan terasa kosong. Di negara Indonesia musik kawasan sering kali dipakai untuk mengiringi tarian tarian kawasan masing masing. Tidak hanya di Indonesia saja fungsi musik juga dipakai oleh negara negara lain dalam mengiringi tarian tersebut contohnya tarian balet, dansa dan lain lain.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Komunikasi
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Di sebagian kawasan Indonesia musik sanggup dipakai untuk media komunikasi. Musik tersebut menerangkan sebuah insiden yang sedang terjadi. Dengan referensi ritme tertentu maka insiden tersebut kemudian dipublikasikan kepada masyarakat luas melalui sebuah lantunan musik. Di Indonesia alat alat yang sering dipakai dalam sarana komunikasi ialah bedug di masjid, kentongan, serta lonceng gereja.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Kreatifitas
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Kreatifitas ialah talenta yang dimiliki oleh setiap orang untuk membuat sebuah karya seni. dengan adanya sifat kreatif maka seseorang sanggup memenuhi kebutuhannya menurut tingkah laris yang telah diiringi oleh musik.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Pendidikan
 Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik
Untuk fungsi seni yang terakhir yaitu sebagai sarana pendidikan. Musik tersebut sanggup dipakai untuk aktivitas berguru mengajar siswa. Siswa tersebut didengarkan lagu lagu usaha biar lebih menghargai dan menyayangi tanah air kita. Selai lagu usaha adapula lagu kawasan yang sanggup menumbuhkan sifat tolerasi terhadap perbedaan suku, agama, ras serta kebudayaan. Fungsi musik juga telah diungkapkan oleh Muhammd Hatta bahwa musik sanggup menumbuhkan akal perkerti serta jiwa yang halus dalam diri seseorang. Musik tersebut juga sanggup sebagai sarana pengembangan siswa dalam hal pengembangan jiwa yang mencakup tingkah laku. 

Unsur Unsur Seni Musik

Dibawah ini ialah unsur unsur seni musik yang harus diperhatikan dalam pembuatan hasil karya seni musik.

Unsur Seni  Musik : Melodi
Melodi merupakan unsur seni musik yang berkaitan dengan panjang pendek serta tinggi rendahnya sebuah irama musik. Unsur tersebut dipakai untuk menawarkan kesan bahwa irama tersebut hingga pada puncak lagu dan kemudian kembali ibarat irama sebelumnya. Di dalam unsur melodi terdapat beberapa bab yaitu durasi, pitch, serta tone. Durasi ialah not not dalam sebuah lagu yang mempunyai waktu tertentu. Pitch atau timbre ialah sekumpulan not yang membentuk sebuah lagu dan biasanya dilambangkan dalam karakter A hingga G. Sedangkan tone ialah penggunaan alat musik yang menghasilkan sebuah not not dan irama irama lagu yang berbeda beda.
Baca juga : 8 Puisi Ibu Sedih, Mengharukan, dan Ungkapan Sayang Untuk Ibu
Unsur Seni  Musik : Harmoni
Hamoni merupakan bab dari sebuah ilmu seni yng didalamnya terdapat hal hal mengenai keselarasan tata letak sebuah musik. unsur seni musik Harmoni berkaitan dengan beberapa kord atau kunci yang berjalan secara terus menerus. Dalam unsur ini sebuah harmoni musik akan terlihat ketika pelepasan serta pengutamaan pada lagu sanggup terjadi secara seimbang. Unsur harmoni terdiri dari kunci, skala maupun interval. Interval ialah unsur harmoni yang berkaitan dengan jarak antara dua buah lagu. Kunci ialah sekumpulan not yang mengontrol suatu melodi dalam interval tertentu. Sedangkan skala merupakan serangkaian not yang berfungsi dalam merangkai sebuah lagu serta sebagai pemikiran yang dipakai untuk memainkan sebuah musik dengan lantunan not not musik.

Unsur Seni  Musik : Ritme 
Ritme ialah unsur utama dalam sebuah musik yang berisi sekumpulan gerakan yang bersifat teratur. Ritme tersusun oleh sekumpulan bunyi yang mempunyai sifat panjang pendek dalam kurun waktu yang berbeda beda. Selain hal tersebut ritme juga tersusun oleh sekumpulan model irama yang membentuk sebuah gerakan yang teratur dalam setiap alunan irama. Ritme sanggup dipakai sebagai pengatur bunyi maupun keheningan. Di dalam ritme terdapat unsur seni musik turunan berupa ketukan, not maupun tempo. Dalam sebuah musik harus ada tempo yang mempunyai keteraturan dalam not not yang harus dimainkan dalam satu ketukan. Tempo tersebut sanggup dipakai sebagai pengatur kecepatan dalam musik biar tetap sesuai dan teratur.

Unsur Seni  Musik : Dinamik
Dinamik merupakan tahapan dalam memainkan sebuah musik yang berisi unsur keras lembutnya sebuah irama. Hal tersebut dipakai biar musik tidak terdengar monoton. Faktor keras lembutnya sebuah musik mempunyai istilah sendiri dalam seni musik. Misalnya dalam alat musik piano terdapat istilah Pianissimo (pp) yang berarti sangat lembut, Piano (p) yang berarti lembut, Mezzo piano (mp) yang berarti setengah lembut, Mezzo forte (mf) yang berarti setengah keras, Forte (f) yang berarti keras serta Fortissimo (ff) yang berarti sangat keras. Selain unsur tadi terdapat tanda lain yang dipakai dalam sebuah dinamik pada seni musik ibarat descrendo maupun crescendo. Crescendo merupakan tanda dalam sebuah musik yang dimainkan secara keras. Sedangkan descrendo merupakan tanda dalam sebuah musik yang dimainkan secara lembut.

Unsur Seni  Musik : Tangga Nada
Tangga nada merupakan unsur seni musik yang berisi sebuah urutan nada yang membentuk ibarat tangga. Tangga nada terdiri dari dua unsur ibarat tangga nada diatonik maupun tangga nada pentatonik. Tangga nada diatonik ialah tangga nada yang tersusun dari tujuh interval yang telah dibentuk sebelumnya. Tangga nada pentatonik ialah tangga nada yang tersusun dari lima nada nada pokok. Pada sebuah tangga nada terdapat satu nada yang kemudian dibelakangnya terdapat nada nada lain yang membentuk tinggi rendahnya referensi  interval yang membuat ciri khas dari sebuah musik.

Demkianlah mengenai pengertian seni musik, fungsi seni musik dan unsur unsur seni musik yang sanggup saya bagikan. Musik merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan musik anda sanggup mengekpresikan perasaan yang dialami sekarang. Jika anda menyukai musik maka jangan ragu untuk mengembangkannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!